Skip to main content

Cara Backup atau Restore iPhone Melalui iCloud dan iTunes

iOSpedia.net - Bagi pengguna Iphone, pastinya familiar dengan apa yang dinamakan iCloud dan juga iTunes. iCloud dan iTunes merupakan salah satu fitur khusus sistem operasi iOS dimana keduanya erat kaitanya dengan penyimpanan dan pencadangan data.

Untuk jenis data yang dapat dipulihkan mencakup kontak, gambar, audio, video serta aplikasi yang digunakan pada smartphone tersebut.

Menggunakan fitur iCloud ataupun Itunes merupakan cara backup atau restore iphone yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

iCloud merupakan fitur untuk mencadangkan (backup) dan  memulihkan data (restore) melalui Iphone dengan memanfaatkan jaringan wifi.

Kapasitas penyimpanan data pada icloud minimal 5GB free dan Anda dapat menambah kapasitas tersebut hingga 2TB dengan membeli di AppStore.

Sedangkan untuk itunes sendiri memiliki fungsi yang sama, hanya saja menggunakan iTunes untuk restore ataupun backup membutuhkan bantuan pihak ketiga seperti laptop ataupun pc.

Cara backup atau restore iphone selengkapnya dapat Anda simak pada ulasan dibawah ini.


cara backup data dan restore data iphone melalui icloud itunes
Cara backup dan restore data iPhone / image via Pixabay


Cara Backup dan Restore Data Melalui iCloud

Cara backup atau restore iphone melalui iCloud dan iTunes memiliki metode yang berbeda di setiap step by step nya. Jika Anda ingin mengetahui cara melakukan backup dan restore iphone dengan aman, berikut ini adalah ulasan selengkapnya.

Cara backup atau restore  iphone melalui icloud adalah sebagai berikut:

1. Sebelum melakukan backup data menggunakan icloud, Sambungkan perangkat iphone Anda dengan jaringan WIFI terlebih dahulu. Pastikan jaringan yang akan Anda gunakan stabil.
Untuk iOS versi 10.2 keatas, pilihlah menu < Pengaturan > < Nama Iphone Anda > < iCloud >,  lalu pilihlah < Cadangkan iCloud >

2. Untuk iOS versi 10.2 kebawah, pilihlah menu < Pengaturan> <iCloud>, lalu pilihlah <Cadangan>. Pastikan terlebih dahulu Cadangan iCloud telah Anda aktifkan.

3. Untuk melanjutkan proses Backup atau mencadangkan data, pilih menu <Cadangkan Sekarang>. Sebagai catatan pastikan smartphone Anda tersambung pada jaringan WIFI hingga menyeluruh

4. Untuk memastikan proses pencadangan data pada iCloud selesai secara keseluruhan lakukan pengecekan.

5. Bagi pengguna iOS 10.2 keatas, pilihlah menu < Pengaturan> < Nama Iphone Anda > < iCloud >,  < Kelola Penyimpanan >.

6.  Bagi pengguna iOS 10.2 kebawah, pilihlah menu < Pengaturan > < iCloud > < Penyimpanan > < Kelola Penyimpanan >.

7. Data apa saja yang telah di cadangkan pada iCloud akan muncul secara terperinci, mulai dari waktu pencadangan hingga kapasitas dari masing-masing data yang dicadangkan. Pencadangan data pada iCloud dapat Anda lakukan secara berkala ataupun setiap hari. Hanya saja Anda harus memperhatikan juga kapasitas dari iCloud Iphone Anda.



cara backup dan restore data iphone melalui icloud



Restore data melalui iCloud

Restore data merupakan suatu fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para pengguna Apple khususnya, untuk mengembalikan atau memulihkan seluruh data yang telah tersimpan pada media penyimpanan seperti iCloud.

Umumnya proses restore dilakukan pada Iphone yang baru reset untuk menghilangkan semua data dan content.

Nah, jika Anda sudah melakukan pencadangan data atau backup, Anda tidak perlu khawatir untuk kehilangan seluruh data Anda.

Dengan proses inilah semua data Anda didalam iCloud dapat Anda pulihkan.

Namun pastikan terdapat koneksi WIFI di tempat Anda.


Berikut adalah step-stepnya.

1. Nyalakan iphone Anda.

2. Pada layar akan tertera kata “HALLO”.

3. Setelah itu Anda akan diminta untuk memasukkan asal negara dan juga bahasa yang digunakan. Sebaiknya Anda menggunakan bahasa Indonesia agar tidak bingung.

4. Setelah proses setting selesai, Anda akan diarahkan pada menu < APP&Data >. < Pulihkan data dari iCloud > < iCloud ID > < Cadangkan > . Sebagai tambahan informasi, pastikan Anda menghafal akun iCloud Anda. Jika tidak maka pemulihan tidak dapat dilakukan.

5. Sebelum proses pemulihan berjalan, Anda akan diminta untuk mengkoneksikan iPhone pada WIFI.

6. Setelah proses komplit hingga 100%, semua content dan data dari iCloud akan terpulihkan seutuhnya pada perangkat tersebut.


Cara Backup dan Restore Data Melalui iTunes

Selain menggunakan iCloud cara backup dan restore iphone dapat pula dilakukan melalui iTunes.

Langkah-langkahnya pun juga cukup mudah.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas mencadangkan dan memulihkan data melalui iTunes dibutuhkan bantuan pihak ketiga.


Sebelum beranjak ke  cara backup dan restore iphone melalui iTunes, pastikan terlebih dahulu bahwa pada laptop ataupun PC sudah terinstal aplikasi iTunes.

Selain itu, untuk mengintegrasikan iTunes dengan Iphone membutuhkan kabel data yang mampu support iTunes. Pasalnya, tidak semua kabel data milik Iphone terutama non-original dapat terkoneksi dengan i-Tunes


 Berikut ini adalah step by step cara backup data melalui iTunes.

1. Buka iTunes pada perangkat laptop ataupun PC Anda.

2. Sambungkan iphone dengan iTunes menggunakan kabel data.

3. Setelah terkoneksi, Apabila iTunes meminta Anda untuk memasukkan kode sandi perangkat biasanya akan muncul menu taskbar yang tertulis “percayai komputer ini”, Anda dapat langsung memilihnya.

4. Pilihlah menu <cadangkan sekarang>

5. Tunggu hingga proses selesai, lalukan pengecekkan.

6. Bagi Anda pengguna MAC Book, Masuk ke menu < Preferensi iTunes >. Sedangkan untuk penggunaan Windows pilihlah < Edit > < Preferensi >. Semua repor dari proses backup atau pencadangan data akan terpapar dengan jelas.


Cara Restore Data Melalui iTunes

Memulihkan data pada perangkat Iphone juga dapat melalui iTunes.

Prosesnya pun juga hampir sama dengan backup data melalui iTunes.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana langkah-langkah untuk memulihkan berbagai data dan content melalui iTunes, simak step-stenya dibawah ini.

1. Buka iTunes pada perangkat laptop ataupun PC Anda.

2. Sambungkan iphone dengan iTunes menggunakan kabel data.

3. Pilihlah menu < Pulihkan Cadangan > < Pulihkan >. Tunggu hingga seluruh proses pemulihan data dan content selesai hingga 100%.

4. Perlu untuk diperhatikan, ketika proses pemulihan data berjalan pastikan koneksi antara perangkat dengan iTunes tetap terjaga. Sebab jika koneksi tersebut terputus maka proses pemulihan akan langsung terhenti. Jadi pastikan kabel data yang Anda gunakan tidak mengalami guncangan agar koneksi tetap terjaga.


cara backup dan restore data iphone melalui itunes


Apple sebagai salah satu produsen smartphone yang berbasis iOS memang dikenal memiliki security yang sangat tinggi, baik dalam pengamanan data ataupun perangkat itu sendiri (seperti cara backup dan restore iphone).

Selain melalui iCloud ataupun iTunes proses backup atau mencadangkan data tidak dapat dilakukan, begitu pula dengan proses pemulihan data.

Meskipun agak sedikit rumit jika dibandingkan dengan smartphone berbasis lainnya, namun di sinilah letak kelebihan Apple dengan sistem operasi iOS nya.


Selain itu, sistem penyimpanan data pada Iphone hanya bersifat internal saja.

Karena memang Iphone tidak dirancang dengan tambahan memory eksternal.

Untuk menambahkan memory penyimpanan, Anda dapat membeli memory untuk Icloud yang dijual hanya di AppStore.

Semoga ulasan cara backup dan restore iphone akan semakin mempermudah Anda pengguna Iphone khususnya yang ingin melakukan pencadangan dan pemulihan data dan content pada perangkat.

Semoga bermanfaat!



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]