Skip to main content

Perbedaan Cara Reset iPhone Soft Reset dan Hard Reset Serta Cara Melakukannya

iOSpedia.net - Apakah Anda berencana ingin menjual iPhone karena butuh uang? Atau saat menggunakan iPhone, iPhone terkunci dan ternyata Anda lupa password untuk melepaskan kunci pada iPhone tersebut?

Tidak perlu cemas, baik Anda akan menjual iPhone dan selanjutnya ingin menghapus semua data yang tersimpan dalam iPhone ataupun Anda lupa password untuk membuka hp tersebut, ada cara tersendiri yang bisa digunakan.

Salah satu cara yang paling banyak dipakai oleh pemilik iPhone adalah dengan cara reset iPhone itu sendiri.

Sesuai dengan namanya, reset iPhone ini akan menjadikan ponsel tersebut bisa kembali seperti pengaturan awal saat Anda membelinya.

Pada dasarnya, cara mereset iPhone ini sangat mudah dilakukan. Asalkan berbagai cara yang nantinya akan dibahas Anda lakukan dengan teliti dan benar.


bagaimana cara reset iphone soft reset dan hard reset
Cara reset iPhone / ilustrasi via Pixabay


Cara Reset iPhone yang Paling Mudah

Sudah disebutkan bahwa iPhone yang nantinya berhasil Anda reset akan masuk pada pengaturan awal. Atau bisa dikatakan kondisi tersebut akan sama saat Anda membelinya pertama kali.

Dengan melakukan cara reset iPhone tersebut, semua dokumen, data, file ataupun sebagainya yang sebelumnya sudah Anda simpan pada iPhone akan terhapus semua.

Nah, bagi Anda yang merasa dokumen dan berbagai data yang ada pada iPhone ini masih digunakan ataupun penting, sebaiknya Anda meng-back up terlebih dahulu semua dokumen dan data yang ada.

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan. Mengingat bahwa setelah Anda mereset iPhone kepada pengaturan awalnya, semua data yang ada dalam iPhone tersebut akan hilang dan tidak bisa dikembalikan lagi seperti semua.

Saat mereset iPhone, ada dua cara yang bisa Anda pilih, yaitu hard reset dan juga soft reset.

Keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan yang harus Anda ketahui sebelum mereset iPhone.

Bagi Anda yang ingin menghapus semua data dan dokumen yang ada pada iPhone dan juga ingin membuka password yang lupa saat membuka iPhone, hard reset adalah pilihannya.

Sebelum membahas mengenai cara reset dengan cara hard reset ini, berikut adalah beberapa perbedaan yang perlu diketahui antara soft reset dan hard reset.


Soft Reset

Pada dasarnya, soft reset adalah cara mereset iPhone yang mana semua data yang tersimpan dalam gadget ini tidak akan terhapus secara keseluruhan.

Pasalnya, cara reset iPhone ini merupakan kata lain dari reboot ataupun restart dari iPhone itu sendiri.

Cara mereset iPhone ini biasanya akan dipilih saat gadget tidak bisa bekerja atau berjalan pada aplikasi tertentu.

Selain itu, soft reset ini juga bisa digunakan saat gadget mengalami kondisi kinerja yang tidak berfungsi lagi atau istilahnya mengalami hang.

Untuk menjalankan perintah soft reset ini, pemilik iPhone tidak membutuhkan layanan iCloud ataupun iTunes yang memang memiliki peran penting dalam penyimpanan data reset ponsel pabrikan Apple tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk mereset iPhone dengan cara soft reset:

* Pertama, Anda bisa menekan tombol home dan juga Sleep pada iPhone dengan cara yang bersama-sama. Saat menekan tombol tersebut, tahan beberapa saat atau setidaknya selama 10 detik.

* Selanjutnya saat perintah ini sudah bekerja, layar pada iPhone biasanya akan berubah menjadi warna hitam dalam beberapa detik saja. Lepaskan tangan tersebut dari dua tombol apabila layar pada gadget sudah berubah menjadi warna hitam.

* Cara reset iPhone selanjutnya adalah dengan menunggu layar khas logo Apple yang selanjutnya akan tampil pada layar iPhone. Jika logo tersebut sudah muncul, itu berarti proses soft reset yang Anda lakukan sudah berjalan dengan baik. Tunggu proses ini hingga selesai.

* Jika proses reset iPhone ini sudah selesai, Anda sudah bisa menyentuh layar untuk langsung mencobanya.


Masalah hang pada saat membuka salah satu yang ada pada iPhone Anda adalah masalah yang sering kita temui.

Disarankan agar tidak melepaskan baterai terlebih dahulu. Hal tersebut karena bisa menyebabkan iPhone akan mudah rusak.

Jika masalah hang tersebut muncul pada iPhone Anda, selanjutnya Anda bisa mencoba dengan cara reset iPhone soft reset ini untuk mengembalikan kinerjanya seperti semula.


Hard Reset

Cara reset iPhone kedua dan terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan cara hard reset.

Cara ini bisa diartikan sebagai cara mereset iPhone beserta data dan dokumen secara keseluruhan.

Cara reset ini nantinya bisa menghilangkan berbagai data dan dokumen yang sudah tersimpan pada iPhone.

Setelah cara reset tersebut Anda lakukan, iPhone akan berada pada kondisi seperti sedia kala saat Anda baru saja membelinya pertama kali.

Awal mulanya, cara ini banyak digunakan bagi pemilik iPhone yang ingin menjual hp ini kepada orang lain.

Melakukan reset ini sangat penting, tujuannya agar pemilik baru dari iPhone tidak mengetahui apa saja data yang pernah Anda disimpan.


Selain itu, cara reset dengan hard reset pada iPhone ini juga efektif untuk membuka iPhone jika suatu saat Anda lupa password yang Anda terapkan pada hp ini.

Masalah ini memang sering muncul pada pemilik gadget, tidak terkecuali iPhone.

Salah satu resiko jika Anda menggunakan cara reset iPhone ini adalah siap-siaplah karena semua data yang sudah tersimpan pada iPhone nantinya akan terhapus secara keseluruhan tanpa ada sisa.

Karena itulah, melakukan back up pada data dan dokumen sebelum melakukan reset ini sangat diperlukan agar data penting tidak hilang karena proses reset.

Sebelum melakukan cara ini, pastikan bahwa Anda memanfaatkan fitur iTunes dan iCloud.

Hal tersebut disebabkan karena proses reset ini hanya bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang sudah disebutkan tadi.


Image via Pixabay


Nah, jika data yang dimiliki sudah tersimpan dengan baik pada perangkat lunak tersebut, selanjutnya Anda bisa langsung mereset iPhone. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Masuk pada menu “settings” yang ada pada ponsel Anda

2. Selanjutnya, pilih general dan selanjutnya pilih menu reset

3. Nantinya Anda akan dibawa kedalam halaman baru. Pada halaman baru tersebut pilih “ Erase All Content and Settings”.

4. Selanjutnya, pada tampilan layar nantinya muncul sebuah kotak yang berisi peringatan tertentu yang memperingatkan bahwa semua daya akan hilang jika melakukan reset iPhone.

5. Jika sudah selesai, masukkan ID Apple yang dijadikan sebagai media untuk mengkonfirmasi langkah reset tersebut

6. Tunggu hingga proses selesai. Setelah proses tersebut selesai, bisa dipastikan bahwa pengaturan yang ada didalam iPhone dan juga data yang ada didalamnya akan langsung terhapus semua.


Semua data yang sudah disimpan bisa dikembalikan melalui fitur restorasi pada iTunes dan juga iCloud.

Namun, pengaturan sebelumnya pada iPhone tidak bisa kembali lagi.

Dengan demikian, Anda harus mengatur ulang pengaturan setelah cara reset iPhone Anda selesaikan.



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]