Skip to main content

[WAJIB BACA!] Berikut ini Keuntungan dan Kerugian Jailbreak iPhone

iOSpedia.net - Jailbreak merupakan salah satu aktifitas yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian pengguna iPhone.

Namun bagi yang belum tahu apa itu jailbreak iPhone -- akan kami jelaskan di sini.

Jailbreak adalah suatu proses yang tujuannya agar bisa mendapatkan akses penuh ke dalam semua sistem iPhone. Cara yang dilakukan yakni dengan memasukan patch etc / fstab supaya semua bagian dalam iPhone menjadi bisa diakses dan dibaca.


Apabila anda ingin melakukan jailbreak terhadap iPhone anda, sebelumnya anda harus tahu apa saja keuntungan dan kerugian dari proses tersebut. Tujuannya agar anda tidak menyesal, apabila ada beberapa hal yang terjadi di luar perkiraan anda.

Lantas, apa sajakah keuntungan dan kerugian dari jailbreak iPhone?


keuntungan dan kerugian proses jailbreak iphone
Keuntungan dan kerugian jailbreak / image via Pixabay


Sebelum membahas tentang keuntungan dan kerugian dalam jailbreak iPhone, ada satu pertanyaan yang cukup krusial -- 'apakah boleh kita melakukan jailbreak?'

Perlu anda ketahui, mereka yang melakukan jailbreak memiliki tujuan agar iPhone bisa menginstal aplikasi pihak ketiga yang tidak tersedia di App store.

Biasanya kita sering mencoba download aplikasi di situs-situs yang ada di internet, namun tak bisa dilakukan karena 'sifat iOS' yang hanya membolehkan proses download via App Store. Alhasil, ada banyak aplikasi yang ingin kita download -- namun tak bisa dilakukan lantaran aplikasi-aplikasi tersebut belum tersedia di App Store (mungkin saja aplikasi-aplikasi tersebut tidak memenuhi standar Apple, dan lain sebagainya). 

Kemudian pengguna juga tidak bisa memodifikasi iPhone atau mengubah ikon-ikon dan tampilan aplikasinya, dan hal semacam itu bisa dilakukan apabila iPhone sudah di jailbreak.

Itulah salah satu alasan kenapa banyak pengguna yang ingin melakukan jailbreak, karena memodifikasi tampilan iPhone merupakan hal yang paling diinginkan pengguna, sebab tampilan iPhone akan terlihat lebih menarik dan keren (tidak monoton).


Keuntungan dan kerugian Jailbreak iPhone

Lantas, apa saja keuntungan dan kerugian melakukan jailbreak terhadap iPhone?

Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan keuntungan dan kerugiannya, antara lain:


Keuntungan jailbreak iPhone

1. Dapat menginstal beberapa aplikasi yang tidak tersedia di App Store, atau yang berbayar di App Store (ilegal download / not recommended).

2. Bisa menginstal game-game berbayar di App Store secara gratis (ilegal download / not recommended).

3. Menyempurnakan kekurangan yang ada di dalam iPhone anda.

4. Anda bisa mengganti font default iPhone dengan mudah.

5. Anda bisa memodifikasi tema iPhone dengan leluasa, seperti mengubah tampilan unlock dalam iPhone -- sehingga membuat tampilan iPhone menjadi tidak membosankan.


Kerugian jailbreak iPhone

Selain memiliki beberapa keuntungan, jailbreak iPhone juga memiliki beberapa kerugian, diantaranya:

1. Garansi yang ada di iPhone anda akan hangus.

2. Proses jailbreak cukup rumit, apabila salah dalam menjalankannya -- maka iPhone anda bisa mati total.

3. Setelah di jailbreak, maka iPhone anda menjadi rentan terkena virus.

4. Setelah di jailbreak, kemungkinan iPhone anda tidak bisa upgrade iOS lagi.

5. Bisa saja performa iPhone anda menjadi kurang responsif, lemot, dan tidak stabil.


Informasi di atas masih terbatas, karena sesungguhnya masih banyak keuntungan dan kerugian Jailbreak iPhone yang belum sepenuhnya bisa kami paparkan.

Berdasarkan keuntungan dan kerugian jailbreak iPhone di atas, bisa jadi tindakan jailbreak sangat beresiko dan bisa berbahaya bagi iPhone anda.

Namun, semua terserah anda -- apakah siap untuk menanggung segala resikonya atau tidak. Yang pasti kegiatan jailbreak iPhone tergolong kegiatan yang ilegal di mata Apple.


(Sumber: isooper.com)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]