Skip to main content

Cara Menghapus iCloud di iPhone dan Perangkat iOS Lainnya


iOSpedia.net - Bagi anda pemilik iPhone, iPad, dan perangkat iOS lainnya -- pasti kenal dengan iCloud. Ya, fasilitas penyimpanan virtual ini secara default ada di perangkat-perangkat besutan Apple.

Bicara tentang iCloud, ada masa di mana anda harus menghapus akun iCloud, yakni jika anda ingin menjual perangkat iOS milik anda. Hal ini penting, karena data-data pribadi kita bisa disalahgunakan pemilik baru, apabila kita lupa sign out iCloud saat menjual iDevice kita.

Lantas, bagaimana cara menghapus iCloud di iPhone dan perangkat iOS lainnya tersebut?


cara menghapus icloud dari iphone dan perangkat apple lainnya
Cara menghapus akun iCloud / image via Pixabay


Cara menghapus iCloud dan perangkat Apple lainnya

Smartphone besutan Apple memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan smartphone berbasis Android. Utamanya dalam hal keamanan, di mana pihak Apple sangat serius dalam hal tersebut.

Salah satu yang patut diperhatikan adalah iCloud. Ketika anda ingin memindah tangankan iPhone anda (dijual atau dihibahkan), maka jangan lupa untuk sign out akun iCloud anda. Apabila anda lupa melakukannya, kemungkinan besar akan terjadi masalah karena di sana tersimpan data-data pribadi yang sangat privat.


Seperti yang kita tahu, iCloud memiliki layanan komputasi awan (Cloud Computing) dan penyimpanan awan (Cloud Storage) dari Apple. iCloud biasanya selalu terintegrasi dengan perangkat dengan system operasi iOS atau dan OS X.

Pada penerapannya, iCloud memiliki berbagai fungsi, seperti:

1. Sebagai storage untuk menyimpan konten-konten pada perangkat iDevice (iPhone, iPad, iPod dan Mac).

2. Bisa digunakan untuk back up pencadangan data-data iPhone seperti note, isi chat, kalender, kontak, foto, video, dan lain-lain.

3. iCloud juga bisa difungsikan untuk melakukan remot dari jarak jauh melalui jaringan internet terhadap perangkat iDevice seseorang, misalnya:

- Mengunci iPhone dari jarak jauh saat iPhone di curi atau hilang

- Menghapus data-data pribadi yang ada di iPhone, dan lain sebagainya.


Lantas, bagaimana cara menghapus akun iCloud tersebut?

Berikut ini akan kami paparkan caranya, baik dengan back up maupun tanpa back up.


Cara Mengapus iCloud iPhone dengan back up

Sebelum menjual perangkat iPhone dan iDevice anda, alangkah baiknya agar anda hanya menghapus informasi pribadi anda saja. Disarankan agar anda jangan menghapus kontak, kalender, pengingat, dokumen, stream foto, atau data iCloud lainnya secara manual saat anda masuk ke iCloud dengan ID Apple anda.

Mengapa demikian?

Jawabannya, karena hal itu akan menghapus semua konten dari server iCloud dan semua perangkat anda yang log in dengan akun iCloud tersebut. Jika anda melakukan hal itu, sama saja dengan menghapus konten dari perangat anda sekaligus juga back up-an yang ada di akun iCloud anda.

Maka dari itu, apabila anda masih ingin mem-back up konten anda, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Apabila perangkat iPhone anda terintegrasi dengan Apple Watch, segera lepaskan integrasinya.

2. Kemudian pilih menu 'Pengaturan' > 'iCloud', lalu gulir ke bawah, dan tap 'Keluar'. Di iOS 7 atau versi lebih baru, tap 'Hapus Akun'.

3. Selanjutnya, tap 'Keluar' lagi, tap 'Hapus dari iPhone Saya', lalu masukkan kata sandi Anda.

4. Kembali ke menu 'Pengaturan', tap 'Umum' > 'Atur Ulang' > 'Hapus Semua Konten dan Pengaturan'. Jika anda mengaktifkan 'Cari iPhone saya', maka anda harus memasukkan ID Apple dan passwordnya.

5. Masukkan password jika dimintai kode sandi perangkat atau kode sandi pembatasan, kemudian tap 'Hapus'.


Image via Pixabay


Cara mengapus iCloud iPhone tanpa back up

Apabila anda ingin menghapus iCloud iPhone tanpa melakukan back up, silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Hapus semua konten dan pengaturan, caranya masuk ke menu 'Pengaturan', tap 'Umum' > 'Atur Ulang' > 'Hapus Semua Konten dan Pengaturan'. Jika anda mengaktifkan 'Cari iPhone saya', anda mungkin harus memasukkan ID Apple dan password.

2. Anda juga bisa menghapus dari jarak jauh, jika anda menggunakan iCloud dan 'Cari iPhone Saya' pada perangkat anda. Silahkan login ke iCloud.com/find, pilih perangkat, kemudian klik 'Hapus'. Setelah perangkat dihapus, selanjutnya klik 'Hapus dari Akun'.

3. Seandainya anda tak bisa mengikuti langkah-langkah di atas, silahkan ubah password ID Apple anda. Langkah ini tak akan menghapus informasi pribadi yang tersimpan di perangkat lama anda, tapi bisa mencegah pengguna baru
menghapus informasi dari akun iCloud anda.

4. Jika anda ingin menggunakan smartphone baru selain Apple, silahkan batalkan pendaftaran iMessage.

5. Apabila anda menggunakan fitur pembayaran Apple Pay, silahkan hapus kartu kredit atau kartu debit anda di iCloud.com (demi keamanan). Caranya:

- Pilih Pengaturan untuk melihat perangkat yang menggunakan Apple Pay, kemudian klik 'perangkat'.

- Di sebelah tulisan 'Apple Pay', klik 'Hapus'.

- Selesai.


Baca juga:



Itulah dia tutorial cara menghapus iCloud pada iPhone dan iDevice lainnya, sebelum anda memindahtangankan perangkat iDevice anda.

Terkadang kita sering mengabaikan hal ini ketika ingin menjual atau menghibahkan iDevice kita kepada orang lain. Apabila kita lupa atau mungkin enggan untuk sign out iCloud, imbasnya kemungkinan besar data-data pribadi kita bisa disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung-jawab.

So, jangan pernah sekalipun mengabaikan hal ini!


(Sumber: Teknoped.com)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]