Skip to main content

Cara Melacak iPhone yang Hilang / Dicuri Menggunakan Kode IMEI


iOSpedia.net - Kehilangan iPhone kesayangan tentunya sangat menyebalkan. Apalagi mengingat harganya yang mahal, dan data-data penting yang ada di dalamnya -- membuat hati terasa hancur apabila hal itu benar-benar terjadi.

Beruntungnya, smartphone besutan Apple tersebut memiliki fitur yang bisa melacak iPhone yang hilang / dicuri. Bahkan melacaknya pun bisa menggunakan kode IMEI.

Gak percaya?

Simak ulasannya berikut ini!


cara melacak iphone yang hilang dicuri menggunakan kode imei
Cara melacak iPhone yang hilang menggunakan IMEI


Apa itu IMEI?

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity. Jadi IMEI adalah semacam kode identitas bagi setiap ponsel (layaknya STNK pada sepeda motor).

Setiap handphone memiliki kode IMEI yang berbeda-beda. Tujuannya adalah untuk membedakan satu ponsel dengan ponsel lainnya.


Biasanya ketika anda membeli sebuah ponsel baru, pasti ada serial number IMEI yang terdapat dalam kotak tempat handphone tersebut. Kode ini juga bisa digunakan untuk mengajukan klaim garansi dan untuk keperluan identifikasi lainnya saat handphone diperbaiki.


Kode IMEI yang ada di setiap ponsel akan terkunci dan tetap melekat pada ponsel tersebut (tidak berkaitan sama sekali dengan SIM card). Jadi apabila anda mereset atau mengganti SIM card pada HP tersebut, maka kode IMEI akan tetap sama alias tak berubah.

Melihat fakta tersebut, maka anda bisa memanfaatkan kode IMEI untuk memblokir HP anda (termasuk iPhone) apabila hilang atau dicuri orang.




Cara melacak iPhone menggunakan IMEI

Sebenarnya ada 2 cara melacak iPhone yang hilang menggunakan IMEI, yaitu 'tanpa menggunakan aplikasi' dan 'menggunakan aplikasi'. Langkah-langkahnya akan dipapakan dibawah ini:


1. Tanpa menggunakan aplikasi

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika iPhone anda hilang / dicuri:

- Menghubungi provider SIM card anda untuk segera memblokir nomor.

- Segera cek buku panduan model iPhone anda untuk melihat nomor IMEI-nya.

- Selanjutnya datangi kantor polisi terdekat untuk melaporkan iPhone yang hilang, jangan lupa sertakan nomor IMEI-nya.

- Surat laporan dari polisi bisa digunakan sebagai syarat untuk menghubungi provider iPhone dan mereka akan memblokir iPhone yang hilang agar tak bisa digunakan oleh orang yang menemukan atau mencuri iPhone tersebut.

- Terakhir, pihak provider iPhone akan membantu anda untuk melacak iPhone yang hilang menggunakan nomor IMEI tadi.


2. Menggunakan Aplikasi pelacakan

Mungkin apabila melacak iPhone via IMEI tanpa aplikasi agak sedikit rumit karena harus berurusan dengan pihak berwajib dan provider iPhone. Maka dari itu, langkah kedua ini sangat cocok bagi anda yang tak ingin ribet.

Berikut ini beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk melacak iPhone yang hilang / dicuri menggunakan kode IMEI, antara lain:


a). Find My iPhone

Cara ini ditujukan bagi pengguna iPhone iOS 5 (atau diatasnya), punya  Apple ID dan sudah menginstal aplikasi Find My iPhone. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan:

- Pilih menu Settings > iCloud > Find My iPhone.

- Kunjungi website https://www.icloud.com/#find, kemudian login menggunakan Apple ID anda.

- Langkah selanjutnya, pilih tombol 'Find My iPhone', dan aplikasi secara otomatis akan melacak iPhone anda ke lokasi yang tepat pada peta jika saat itu terhubung ke internet.

- Apabila iPhone tidak terhubung ke internet, anda bisa mengaktifkan pilihan yang ada pada aplikasi Find My iPhone. Pilihan yang dimaksud adalah 'untuk mengirimkan Anda email tentang lokasi iPhone pada peta dengan segera' setelah iPhone terhubung ke internet.

- Jika anda pilih pada bagian titik lokasi iPhone di peta, aplikasi Find My iPhone akan memberikan 3 pilihan yaitu anda bisa memutar suara pada iPhone atau mengirim pesan teks, atau anda dapat menghapus semua data pribadi dan bisa mengunci iPhone.

- Untuk pilihan pertama dan kedua anda bisa mengirimkan pesan pada iPhone (dalam bentuk suara atau teks), dan meminta kepada orang yang memegang iPhone agar segera mengembalikan gadget tersebut kepada anda. Anda bisa memberikan iming-iming imbalan apabila ia bersedia melakukan hal tersebut.

- Apabila tak ada respon sama sekali setelah cukup lama menunggu, anda bisa menggunakan opsi kedua yaitu mengapus semua data penting yang ada di dalam iPhone. Selanjutnya anda bisa melacak secara manual melalui lokasi GPS yang ada pada peta, dan segera mendatangi lokasi iPhone tersebut.


b). iHound

Jika sebelum iPhone hilang anda sudah menginstal aplikasi iHound pada iPhone anda, maka aplikasi tersebut akan mengirimkan peringatan secara otomatis melalui email yang menyatakan bahwa iPhone anda sedang berada di suatu tempat, setiap kali pencuri / penemunya menghubungkan iPhone ke komputer mereka.

Anda akan menerima laporan tersebut ketika anda login ke website iHound.


Sangat praktis, bukan?




Baca juga:



Itulah dia tutorial singkat tentang cara melacak iPhone yang hilang menggunakan kode IMEI. Ternyata caranya pun cukup variatif, bisa dengan aplikasi atau tanpa aplikasi, semua terserah anda!

Meskipun cara melacak iPhone yang hilang / dicuri menggunakan IMEI sudah anda ketahui, tetap saja anda harus tetap berhati-hati agar iPhone anda jangan sampai hilang ya, guys ;). (fa)


(Sumber: Futureloka.com)



Baca Juga