Skip to main content

Cara Menghapus / Mereset / Menonaktifkan iCloud iPhone


iOSpedia.net - Bagaimana cara menghapus iCloud iPhone?

Pertanyaan ini sering muncul di benak para pengguna iPhone yang ingin mereset iCloud miliknya, atau bisa juga bagi mereka yang membeli iPhone bekas dan ingin mereset iCloud pemilik yang lama -- di mana ia tidak tahu email dan passwordnya.

Lantas, bagaimana cara menghapus / mereset iCloud pada iPhone tersebut?


cara menghapus mereset menonaktifkan icloud iphone ipad
Cara menghapus iCloud pada iPhone / image via Pixabay


Jika anda termasuk salah satu orang yang sedang tidak bisa masuk ke menu iPhone / iPad karena lupa  / tidak tahu iCloud Login, maka anda harus membaca artikel ini sampai habis.


Seperti yang kita ketahui, iCloud adalah bentuk komputasi awan / cloud computing milik Apple yang digunakan untuk menyimpan semua informasi pengguna iPhone / iPad aktif yang menggunakan layanan iCloud Apple. Jadi iCloud adalah tempat penyimpan data-data penting pemilik iPhone / iPad -- yang disimpan secara online di server Apple.


Lantas, bagaimana cara menghapus / mereset iCloud pada iPhone / iPad

Ada beberapa cara untuk menghapus / mereset iCloud login anda sesuai dengan kondisi berikut ini:

1. Apabila anda mengetahui email icloud login dan kebetulan anda adalah pemiliknya, maka anda bisa mereset iCloud login anda dengan mudah di situs iforgot.apple.com.

2. Apabila anda telah lupa dengan email dan password iCloud, tapi perangkat iPhone / iPad adalah milik anda sendiri, maka anda bisa meminta pihak Apple Store untuk mereset iCloud anda. Jangan lupa membawa Nota pembelian asli dari Apple Store, agar anda bisa mengajukan penghapusan iCloud tersebut.


Kasus berbeda:

Bagaimana seandainya anda telah membeli iPhone / iPad bekas dari orang lain namun mereka lupa / tidak tahu Apple ID / Password mereka?


Cara mengatasinya bisa anda lihat pada tutorial cara menonaktifkan / menghapus iCloud pada iPhone / iPad berikut ini:


1. Anda harus mengganti firmware bawaan pada iPhone / iPad anda. Caranya yakni dengan mendownload Firmware IOS di ipsw.me sesuai ios iPhone anda.

2. Selanjutnya file ipsw yang sudah didownload ekstensinya bisa anda ubah dari .ipsw menjadi .zip (sehingga bisa dibuka dengan winrar). Di sana nanti ada juga file .dmg yang merupakan file damage.

3. Silahkan buka file .dmg dan anda bisa lihat ada folder iCloud.app yang merupakan source code dari iCloud. File tersebut harus anda edit ulang agar bisa menonaktifkan sistem iCloud pada iPhone / iPad anda.

Sebelum mengedit ulang, anda harus mendecrypt filenya terlebih dahulu dengan iDecrypt. Akan tampak folder dari salah satu .dmg yang akan dikeluarkan dari ipsw (anda bisa menggunakan Transmac untuk melihat disk img pada file ipsw). Untuk melakukan proses pengubahan source code pada iCloud.app, bisa dilakukan dengan menggunakan (cywgin) —> Unix untuk windows.

4. Selanjutnya, file yang sudah diubah harus dikompres ulang ke file .dmg lagi. Tujuannya agar file ini bisa dimasukan ke dalam file ipsw (.zip) supaya anda bisa restore ulang iPhone / iPad anda.

5. Selanjutnya lakukan proses restore secara OFFLINE (Shift + Klik restore) menggunakan file .ipsw (iPhone harus dalam keadaan DFU mode).

6. Selamat, iPhone / iPad anda sudah bisa diakses menu tanpa menggunakan iCloud Login.


Ketika anda mengaktifkan iPhone / iPad anda, perangkat otomatis akan terhubung ke Server Apple lewat Wifi atau koneksi data simcard. Maka dari itu, perangkat anda tak akan aktif jika tak ada Wifi atau simcard.

Server Apple akan terus menanyakan Status iCloud dari iPhone anda melalui IMEI (kode unik semua smartphone). Dengan memodifikasi Ipsw, maka anda telah 'mengelabui' server Apple dan memberikan identifikasi palsu bahwa iPhone / iPad anda berstatus OFF pada iCloud. Proses ini dinamakan false certificate identification.


Adapun cara di atas tergolong metode yang cukup rumit terutama saat anda harus mendecrypt file ipsw yang membutuhkan waktu untuk mencari sebuah encription file dari ios terbaru. Dan semua itu di awali dengan mendownload firmware untuk iPhone / iPad anda.

(Note: Contoh firmware key bisa anda lihat di https://www.theiphonewiki.com/wiki/Firmware_Keys/11.x)


Demikian informasi mengenai cara menghapus / mereset / menonaktifkan iCloud pada perangkat iPhone / iPad anda.

Semoga bermanfaat! (fa)





Baca Juga