Skip to main content

[Review] Pengalaman saya menggunakan VR Riem Ritech 3, Bisa Untuk iPhone


iOSpedia.net - [Review] Pengalaman saya menggunakan VR Riem Ritech 3 + iPhone


Teknologi VR (Virtual Reality) berkembang semakin pesat.

Banyak sekali kegunaan dari teknologi tersebut yang bisa diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam dunia periklanan (iklan dalam bentuk video 360), pendidikan / edukasi (belajar lewat video 360), dan yang paling utama adalah dalam dunia entertainment (games dan film 360).


Saya termasuk orang yang penasaran dan suka mencoba hal-hal baru, termasuk teknologi VR yang ingin saya nikmati secara langsung.

Sebagai pengguna iPhone (tepatnya iPhone 5), saya berharap pihak Apple memproduksi VR console resmi dari mereka.

Sayangnya, hingga saat ini Apple tak kunjung membuat console tersebut, alhasil saya pun mencari alternatif VR lain yang cocok untuk perangkat iOS saya.


Pilihan pun jatuh pada VR Riem Ritech 3 -- karena selain bisa dipakai (cocok) untuk iPhone, harganya juga sangat terjangkau.


Tanpa berbasa-basi lagi, berikut ini review VR Riem Ritech 3 berdasarkan pengalaman saya menggunakan VR tersebut bersama dengan iPhone 5 milik saya.


review unboxing vr riem ritech 3 bisa digunakan untuk iphone 5 pengalaman
VR Riem Ritech 3, sangat cocok untuk iPhone


Harga VR Ritech Riem 3

Seperti yang sudah saya utarakan sebelumnya, salah satu alasan saya membeli VR Riem Ritech 3 adalah karena harganya yang sangat murah / terjangkau.

Dibandingkan dengan harga VR lain seperti Oculus Rift yang harganya di atas 5 juta, harga VR Riem Ritech 3 sangatlah murah, yakni hanya Rp 95.000,-.


Tapi jelas, kualitas Oculus Rift versus Riem Ritech 3 bagaikan bumi dan langit.

Selain itu, mahalnya harga VR Oculus Rift dikarenakan pihak produsen menjual sepaket (VR + beberapa aplikasi premium + console pendukung, dll), sedangkan produsen VR Riem Ritech 3 hanya menjual VR nya saja (seharga Rp 95.000,-).


Tempat saya membeli VR Riem Ritech 3

Setelah 'berkeliling' di berbagai online shop, dan melihat harga yang paling murah, saya pun memilih Tokopedia sebagai tempat membeli VR tersebut.

Saya lupa nama seller (penjual)-nya, yang pasti penjualan VR tersebut dari si seller sudah lumayan banyak.

Bahkan review dari pembeli-pembeli sebelumnya juga lumayan banyak, dan komentarnya bagus semua.


Kelebihan dan kekurangan VR Riem Ritech 3 (versi saya)

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan VR Riem Ritech 3 berdasarkan pengalaman saya memakai VR tersebut.

Review ini saya tulis setelah saya menggunakan VR tersebut untuk bermain game khusus VR yang saya download di App Store, dan video 360 yang saya dapat di Youtube.


KELEBIHAN:

1. Harga yang sangat murah, kualitasnya di atas ekspektasi saya.

2. Tombol pada VR lengkap, seperti tombol 'penyentuh layar', dan 2 tombol pengatur fokus lensa (kiri dan kanan) yang bisa diatur berdasakan ukuran layar smartphone yang dipakai.

3. Bisa dipakai bersama kacamata (bagi anda yang menggunakan kacamata).

4. Awet pemakaian, karena saya membelinya sejak Januari 2016, dan sekarang (Maret 2018) masih bagus.

5. Kualitas lensa yang bagus, alias tidak mengecewakan.


KEKURANGAN:

1. Tombol 'penyentuh layar' kadang tak berfungsi di iPhone saya, alhasil ketika saya mau mem-pause game kadang harus buka VR nya dulu, kemudian sentuh layar iPhone dengan tangan sendiri.

2. Tampilan / view gambar seperti kita menonton bioskop dari jarak 15 meter (ada 'bingkai' di sekitar video), alhasil video yang dilihat tidak fullscreen.

3. Pemasangan iPhone ke VR menggunakan semacam tentakel, alhasil ketika iPhone dilepas bisa menimbulkan bekas tentakel di bagian belakang iPhone (tapi tidak terlalu parah).


Kesimpulan saya

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan kekurangan pada VR Riem Ritech 3, overall saya cukup puas karena kekurangannya yang 'tak seberapa' jika dibandingkan dengan berbagai kelebihannya.

Apalagi kalau saya menikmati video 360 bergenre horror, maka nuansanya benar-benar mencekam layaknya suasana yang sesungguhnya. Kemudian ketika saya memainkan game 'Roller Coaster', maka saya benar-benar merasa mual layaknya naik Roller Coaster sungguhan.


Gallery foto VR Riem Ritech 3


Tampak depan

Tombol penyentuh layar smartphone

Lensa

Tutup kepala

"Tentakel" perekat ke smartphone

Buku manual petunjuk penggunaan


Baca juga:



Itulah dia review / ulasan berdasarkan pengalaman saya menggunakan VR Riem Ritech 3 yang digunakan bersama dengan iPhone 5 saya.

Saya pribadi merasa cukup puas, dan kualitas VR tersebut berada jauh di atas ekspektasi saya.

By the way, artikel ini akan terus saya update apabila ada 'sesuatu yang baru' yang saya temukan di VR tersebut.

Semoga bermanfaat!


(Artikel ditulis oleh Fahrurraji, salah satu kontributor di situs iOSpedia.net)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]