Skip to main content

[Review] Pengalaman Saya Menggunakan Kabel Charger iPhone Merk DAP Original


iOSpedia.net - Problem utama dari pengguna iPhone adalah harga aksesorisnya yang cukup mahal, tak terkecuali kabel chargernya. Apabila anda membeli charger original buatan Apple, maka anda harus merogoh kocek lumayan dalam untuk memilikinya. Bahkan, untuk kabel charger original Apple biasanya dijual terpisah dengan adapternya, alhasil uang yang dikeluarkan akan semakin banyak.

Sebagai pengguna iPhone 5, saya pun mengalami hal tersebut. Ketika saya cek di iBox, harga kabel charger iPhone original berkisar antara 200-400 ribu rupiah. Lumayan mahal untuk sekedar iPhone 5 yang harga jualnya (sekarang) hanya 1 juta lebih.

Saya pun memutar otak dan mencoba mencari alternatif kabel charger iPhone non ori, alias merk lain. Dan pilihan pun jatuh pada kabel charger iPhone merk DAP original, yang memiliki review cukup bagus di beberapa situs marketplace.

Saya pun membeli kabel charger iPhone merk DAP Original, dan sudah sebulan saya memakainya (per Maret 2018). Kali ini saya akan membagikan review / pengalaman saya mempergunakan kabel iPhone non ori ini.

Seperti apakah reviewnya?


review pengalaman menggunakan kabel charger iphone 5 merk DAP original
Review pengalaman saya menggunakan kabel charger iPhone 5 merk DAP


Berikut ini beberapa fakta mengenai kabel charger iPhone merk DAP original tersebut berdasarkan pengalaman saya menggunakannya dalam sebulan ini:



1. Harga yang sangat murah

Inilah alasan utama saya membeli kabel charger iPhone merk DAP, yakni harganya yang sangat murah -- yakni Rp 25.000 saja. Dibandingkan dengan membeli kabel asli / original iPhone yang di atas 200 ribu, tentu harga kabel charger DAP ini jauh lebih murah.

Sebelum membeli kabel merek DAP, ada banyak merek lain yang 'mengaku' original Apple, namun saya lihat ada beberapa review negatif dari pembeli. Padahal harganya lebih mahal yakni Rp 100.000, tapi sellernya mengakui kalau kabel tersebut adalah Original Apple.

Saya pun lebih memilih merk yang 'lebih jujur' dan mengakui merk aslinya bukan merk original Apple, yakni DAP. Biasanya mereka yang menonjolkan brand sendiri akan lebih bagus dalam menciptakan produk, agar brand mereka semakin dikenal di kemudian hari.

Dan buktinya, meskipun bukan merk asli Apple, kabel charger iPhone merk DAP lumayan bagus, proses charge lumayan cepat, dan ketahanan baterai jadi lebih lama (untuk detailnya akan saya jelaskan pada poin ketiga).

By the way, saya membeli kabel charger ini pada salah satu toko yang ada di Shopee. Lumayan, ada subsidi ongkirnya.


2. Kabel berbentuk pipih

Selain tidak 'mengaku-ngaku ORI', kabel charger iPhone merk DAP juga memiliki desain yang jauh berbeda dari kabel original Apple. Kalau kabel charger asli Apple berbentuk silinder, maka kabel charger DAP justru berbentuk pipih (seperti kwetiau).

Saya berasumsi bahwa kabel dengan bentuk pipih memiliki daya tahan (keawetan) yang lebih lama. Semoga asumsi saya ini benar, dan hal itu bisa dibuktikan (nanti) ketika pemakaian kabel charger sudah di atas 2 tahun.


3. Kualitas listrik lebih bagus dari kabel charger biasa yang sebelumnya saya beli

Sebelumnya saya membeli kabel charger di ponsel dekat rumah saya. Awal-awal pemakaian masih bagus, namun setelah 6 bulan pemakaian -- banyak sekali permasalahan yang muncul, seperti tulisan 'aksesori tidak didukung' yang tertulis pada layar iPhone, charger yang sering tak konek, proses pengisian yang lebih lama, dan baterai yang meskipun sudah full charge -- tetap cepat habis.

Meskipun tidak etis untuk membandingkan sekarang (pemakaian 6 bulan vs pemakaian 1 bulan), namun kabel charger iPhone milik DAP memiliki 'kualitas listrik' yang jauh lebih baik, sehingga daya baterai lebih bagus. Ketika baterai diisi hingga full, daya tahan baterai jadi tahan lebih lama ketimbang menggunakan kabel charger biasa.

Saya pun sadar bahwa selama ini kesalahan bukan pada 'kualitas baterai iPhone' yang membuat baterai cepat habis, melainkan pada 'kualitas listrik' dari kabel charger yang saya beli.

Lagi-lagi, semoga asumsi saya ini tidak salah.


4. Saya hanya membeli kabel charger, adapternya masih menggunakan yang lama

Sebenarnya saya membeli kabel charger iPhone merek DAP original hanya sekedar mengetes, apakah kabel tersebut bisa 'disandingkan' dengan adapter yang sudah saya punya. Istilahnya, saya tak harus membeli adapter merek DAP juga -- jadi bisa lebih hemat biaya dan adapter yang sudah saya miliki tidak mubazir (saya hanya berniat mengganti kabel yang sudah saya punya lantaran tidak berfungsi dengan baik).

Hasilnya?

Ternyata tak masalah menggunakan kabel charger merek DAP dengan adapter yang sudah ada. Charger bekerja dengan baik, kualitas listriknya bagus, dan selebihnya sangat memuaskan.


Kabel charger DAP (baru beli) dan adapter masih yang lama


5. Pemakaian tetap hati-hati agar awet lebih lama dari kabel charger sebelumnya

Meskipun kabel charger yang saya beli adalah baru, namun saya tetap 'sadar' kalau kabel tersebut bukan original buatan Apple. Alhasil, saya pun menggunakannya dengan hati-hati dan merawatnya dengan baik, supaya kabel charger tersebut awet dan tidak cepat rusak.

Beberapa hal yang saya lakukan selama pemakaian kabel charger merk DAP, antara lain:

- Kabel charger tidak pernah dilepas dari adapter, tujuannya agar tidak sering terjadi 'gesekan' (yang berpotensi mempercepat kerusakan kabel) antara slot USB di adapter dengan kabel charger (apabila sering lepas-pasang)

- Tidak pernah dibawa kemana-mana (khusus untuk charger di rumah saja), apabila memerlukan kabel charger untuk di luar rumah (outdoor), lebih baik membeli kabel yang baru saja.

- Sehabis mencharge iPhone, adapter dan kabel charger selalu saya cabut dari stop kontak. Tujuannya untuk mengikuti 'insting' saya yang mengatakan kalau charger dibiarkan tetap terhubung listrik (setiap saat), justru akan cepat rusak. (Semoga 'insting' saya benar, hhe..)

- Tidak pernah digulung, dan dibiarkan tergerai, tujuannya agar tidak menciptakan lipatan-lipatan pada ujung kabel yang bisa mempercepat kerusakan.


Baca juga:



Itulah ulasan / review tentang penggunaan kabel charger iPhone 5 merk DAP original. Ulasan di atas berdasarkan pengalaman saya pribadi menggunakan kabel charger tersebut selama sebulan terakhir, jadi (mungkin) belum bisa dijadikan patokan utama lantaran masa pakai yang masih seumur jagung.

By the way, artikel ini akan saya update apabila terjadi 'sesuatu' pada kabel charger tersebut. So, silahkan bookmark halaman ini bagi anda yang ingin mengetahui kondisi terbaru dari kabel charger merek DAP tersebut, siapa tahu bisa menjadi alternatif dalam memilih kabel charger untuk iPhone anda. (fa)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]