Skip to main content

Tips / Cara Agar Kabel Charger Non Original iPhone (Apple) Bisa Awet


iOSpedia.net - Tidak dapat dipungkiri, aksesoris original (ori) dari iPhone (Apple) adalah aksesoris terbaik untuk menunjang perangkat iPhone anda, tak terkecuali kabel charger.

Permasalahannya, kabel charger original Apple dibanderol dengan harga yang sangat mahal, dan biasanya dijual terpisah dengan adapternya. Kalau ditotal, maka harga kabel charger + adapter original iPhone bisa mencapai 400-600 ribu rupiah (sumber iBox).

Tentu harga di atas sangat tidak bersahabat.


Alternatif pun jatuh pada kabel charger non-ori namun memiliki kualitas yang cukup bagus, seperti kabel charger merk DAP, kabel charger merk Vivan, kabel charger merek Hollow, dan lain sebagainya.

Patut diperhatikan, apabila anda memilih untuk membeli kabel charger iPhone non ori, maka perawatannya pun harus ekstra hati-hati agar kabel charger tersebut tidak cepat rusak.


Lantas, adakah tips / cara agar kabel charger iPhone non ori bisa awet dipakai (alias tidak cepat rusak)?

Jawabannya tentu saja ada.


tips cara agar kabel charger non original iphone apple awet dan tidak cepat rusak
Tips agar kabel charger iPhone awet


3 Tips / cara agar kabel charger iPhone non ori tidak cepat rusak



1. Jangan pernah cabut kabel charger dari adapternya

Tips pertama adalah, jangan cabut kabel charger dari adapternya.

Kabel charger dan adapter itu ibarat 'satu pasang'. Apabila anda menggunakan adapter untuk kabel yang berbeda-beda, maka itu akan mempercepat kerusakan kabel charger anda, apalagi kabel chargernya digunakan untuk iPhone (yang agak 'sensitif').

Maka dari itu, gunakan kabel charger iPhone sepasang dengan adapternya. Apabila anda memiliki banyak kabel charger, maka perbanyak juga adapternya, misalnya 1 adapter hanya untuk 1 kabel charger, kalau punya 3 kabel charger, maka sediakan juga 3 adapternya.


2. Cabut dari colokan listrik ketika tidak dipakai

Biasanya kalau kita malas sehabis mencharge baterai iPhone, maka chargernya kita biarkan tercolok ke listrik.

Padahal hal itu sangat tidak bagus untuk keawetan kabel charger dan adapter iPhone anda.

Usahakan dan biasakan agar sehabis men-charge iPhone anda, segera cabut charger anda dari stop kontak listrik, agar kabel charger tidak cepat rusak.


3. Jangan di bawa ke mana-mana, lebih baik memiliki lebih dari 1 kabel charger (khusus untuk di rumah dan khusus untuk di luar rumah)

Masalah umum yang sering menjadi penyebab kerusakan kabel charger iPhone adalah karena kabel charger tersebut sering dibawa kemana-mana.

Bahkan sering juga kabel charger dicolokkan ke powerbank (kalau sudah di luar rumah), sementara kabel yang sama juga sering dicolokkan ke adapter (kalau di dalam rumah). Hal itu sangatlah tidak bagus untuk kabel charger iPhone anda.

Disarankan agar anda memiliki lebih dari 1 kabel charger -- apabila ingin menggunakannya di luar rumah. Jadi ada kabel charger khusus untuk di rumah, dan ada juga kabel charger untuk di luar rumah.





Baca juga:



Itulah dia penjelasan tentang tips dan cara agar kabel charger iPhone non original Apple bisa awet dipakai dan tidak cepat rusak.

Seperti yang kita tahu, mahalnya harga kabel charger iPhone original menjadi salah satu kendala untuk memiliki kabel charger yang awet dan berkualitas. Namun, kabel non ori pun sudah cukup bagus asalkan dipakai dengan hati-hati, dan dirawat dengan baik. (af)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]