Skip to main content

Review Mikrofon Mini Untuk iPhone, Cocok Untuk Bermain Smule dan Ngevlog

iOSpedia.net - Anda pengguna iPhone yang hobi main smule dan ngevlog?

Apakah anda masih kebingungan dalam memilih microfon yang tepat untuk iPhone anda?


Apabila jawaban dari kedua pertanyaan di atas adalah YA, maka tulisan saya kali ini mungkin berguna untuk anda.

Kali ini saya akan memberikan review berdasarkan pengalaman saya menggunakan microfon mini seharga Rp 23 ribu yang cocok digunakan bersama iPhone saya.

Seperti apakah kualitas mic tersebut?


review microfon mini 3,5mm iPhone untuk vlogg dan main smule
Microphone mini yang cocok untuk iPhone



Harga microfon mini

Alasan saya membeli microfon mini tersebut adalah, selain cocok untuk semua gadget (termasuk iPhone), mic berukuran 3,5mm tersebut juga memiliki harga yang sangat murah, yakni hanya Rp 23.000,- saja.

Saya pun tak perlu merogoh kocek yang dalam untuk memiliki mic yang bisa digunakan untuk saya ngevlog ataupun bermain Smule.


Harus dibeli bersama splitter

Meskipun dibanderol dengan harga yang sangat murah, mic mini 3,5mm tersebut tidak bisa digunakan pada iPhone (dan gadget lainnya) jika tidak dikombinasikan dengan alat bernama splitter.

Seperti yang kita tahu, colokan pada smartphone hanya untuk headset / earphone, dan untuk mic biasanya tak ada slot / colokannya.



Splitter, 'membagi 2' slot untuk mic dan earphone


Kegunaan splitter adalah untuk 'membagi 2' fungsi dari colokan earphone menjadi earphone + mic eksternal.

Alhasil microfon mini yang saya beli hanya bisa berfungsi apabila dicolok ke splitter, dan ujung splitter dicolok ke iPhone saya.

Apabila mic tersebut langsung dicolok ke slot untuk earphone (tanpa perantara splitter), maka mic mini tersebut tak akan berfungsi sama sekali.


Perlu anda ketahui, harga splitter yang saya beli lebih mahal sedikit dari harga micnya, yakni Rp 25.000,-.



Microfon mini dicolok ke slot / colokan mic pada splitter



Tempat beli

Seperti pembelian sebelumnya, saya selalu menyurvei beberapa situs online sebelum membeli produk, tak terkecuali dalam pembelian mic mini tersebut.

Pilihan pun jatuh pada salah satu seller yang ada di Shopee, karena harganya yang paling murah ketimbang produk yang sama yang dijual seller di Tokopedia.

Selain itu, Shopee memberikan promo gratis ongkir dengan minimum belanja Rp 120 ribu, jadi sekalian saja saya membeli produk lainnya, agar bisa mendapatkan gratis ongkos kirim.

Waktu itu, selain membeli microfon mini dan splitter, saya juga membeli monopod untuk iPhone saya, serta kabel charger iPhone merk DAP Original.

Alhasil, saya pun bisa membeli semuanya tanpa harus mengeluarkan budget ongkos kirim (total pembelian lebih dari Rp 120.000,-).


Kualitas mic mini digunakan bersama iPhone

Setelah berbicara panjang lebar mengenai harga, tempat membeli, dan lainnya, tiba saatnya saya untuk memberikan review mengenai kualitas microfon mini yang saya gunakan bersama iPhone milik saya.


Overall, mengenai kualitas microfon mini tersebut, bisa saya kasih nilai 7,5.

Kualitas microfon mini tersebut bergantung pada kualitas microfon bawaan gadget. Apabila microfon gadget anda bagus, maka hasilnya pun juga bagus.


Intinya fungsi microfon mini dan splitter yang saya beli hanya sebagai 'alat bantu' saja.

Ketika jarak handphone dengan mulut anda (dalam merekam suara) jauh, maka anda bisa dibantu dengan menggunakan microfon mini tersebut dan hasilnya sama dengan rekaman suara anda menggunakan microfon bawaan HP anda dari jarak dekat.


Jelasnya seperti ini:

Merekam suara dengan mic bawaan HP dengan jarak dekat mulut SAMA KUALITASNYA dengan merekam suara menggunakan mic mini, tapi HP nya bisa dijauhkan dari mulut anda (biar micnya saja yang dekat dengan mulut anda).

Intinya begitu.


Jadi anda bisa merekam suara atau video dengan jarak yang jauh, asalkan posisi microfon dekat dengan mulut anda -- maka suara anda akan terdengar lebih jelas.


Foto persiapan saya ngevlog menggunakan iPhone 5 + microfon mini + splitter + monopod + earphone


Baca juga:



Itulah dia ulasan dan review saya mengenai microfon mini 3,5mm yang saya gunakan bersama iPhone 5 milik saya.

Sebagai tambahan, apabila anda merekam kaver lagu sambil bermain alat musik, usahakan agar menempatkan microfon mini dengan jarak yang sama jauhnya antara mulut anda dengan alat musik anda.

Apabila posisi mic lebih dekat ke mulut, maka suara alat musik tidak terlalu terdengar.

Sebaliknya, apabila posisi mic lebih dekat ke alat musik, maka suara anda yang akan 'tenggelam'.

Semoga bermanfaat!


(Artikel di atas ditulis oleh Fahrurraji, kontributor tetap di iOSpedia.net)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]