Skip to main content

Review Game Sepakbola Terbaik di iPhone (iOS): Dream League Soccer

iOSpedia.net - Sudah lama sekali saya tidak menulis review di situs ini, baik review produk, maupun review game dan apps.

Hal itu dikarenakan kesibukan di dunia nyata yang cukup menguras waktu dan energi, dan tentunya tak bisa ditinggalkan.


Pada kesempatan kali ini, saya akan menuliskan review mengenai sebuah game dengan genre sepakbola yang menurut saya terbaik untuk dimainkan di gadget mobile (smartphone dan tablet) -- khususnya yang berbasis iOS.

Tulisan kali ini ditujukan guna menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan, yakni 'apa game sepakbola terbaik di iOS / iPhone?'

Berdasarkan pengalaman dan penilaian saya pribadi, game sepakbola terbaik di iOS / iPhone adalah game dengan nama 'Dream League Soccer'.

Tidak hanya untuk iOS, game sepakbola tersebut juga terbaik untuk versi Androidnya (menurut saya).


Lantas, seperti apakah review 'Dream League Soccer' yang merupakan game sepakbola terbaik (versi saya) di iOS / iPhone tersebut?

Simak ulasannya berikut ini!


review game sepakbola dream league soccer for ios iphone terbaik
Game sepakbola terbaik iPhone versi saya / Dream League Soccer


Tampilan

Tampilan dari suatu game menjadi daya tarik tersendiri. Semakin bagus interface suatu game, maka semakin memberikan nilai tambah di mata pemainnya.

Khusus untuk game sepakbola iPhone terbaik versi saya -- yakni Dream League Soccer, saya memberikan poin / nilai 8,5 dalam hal tampilan.




Menurut saya, tampilan Dream League Soccer sangat-sangat bagus dan memanjakan mata -- terlebih untuk ukuran game mobile.

Namun jika dibandingkan dengan tampilan game kelas console seperti Play Station, maka tampilan Dream League Soccer hampir setara dengan tampilan game sepakbola di Play Station (PS) 2.


Gameplay

Gameplay merupakan faktor penentu 'betah'nya seorang pemain dalam memainkan sebuah game.

Menurut saya, gameplay Dream League Soccer jauh lebih baik -- jika dibandingkan game sepakbola mobile lainnya.

Pengalaman saya memainkan game tersebut sangat nyaman, serasa memainkan game sepakbola Play Station.

Untuk gameplay Dream League Soccer, saya memberikan nilai 9.




Tombol navigasi game

Masih berhubungan dengan gameplay, tepatnya tombol navigasi dalam memainkan game Dream League Soccer tersebut.

Menurut saya navigasi game ini cukup simpel, namun memadai (dalam artian sesuai kebutuhan) untuk game dengan genre sepakbola.

Tombol yang dimiliki hanya 4 saja, 1 di sebelah kiri dan 3 di sebelah kanan.


Untuk yang di sebelah kiri adalah tombol arah, sedangkan di sebelah kanan ada 3 tombol yang memiliki beragam fungsi, seperti short pass, long pass, dan shoot.

Fungsi di atas apabila player sedang memegang bola, apabila sedang merebut bola maka fungsi 3 tombol di sebelah kanan jadi berubah -- ada yang untuk tackling, pressing, dan ganti kursor pemain.





Sistem kompetisi

Untuk bagian ini, saya merasa Dream League Soccer memiliki beberapa kekurangan jika dibandingkan game serupa.

Untuk lawan yang dihadapi 'hanyalah' computer saja, alias tidak bisa melawan sesama gamer dalam sistem pertandingan online. Alhasil semua pertandingan bersifat offline.

Kemudian untuk pertandingannya tak bisa diatur sesuka kita, dalam artian tak bisa memainkan pertandingan persahabatan dan tak bisa mengatur kompetisi sendiri.

Sistem kompetisi yang dimainkan secara default (dan tak bisa diubah) adalah sistem liga berjenjang, mulai dari divisi 2, divisi 1, hingga divisi utama. Kemudian ada juga diselingi piala liga di setiap jenjang divisi.

Apabila berhasil menjuarai divisi 2, maka tim anda berhak promosi ke divisi 1. Kemudian apabila juara divisi 1, maka tim anda akan promosi ke divisi utama.

Apabila sukses menjadi juara divisi utama, maka tim anda akan diikutsertakan di international cup, yang mana lawan-lawannya adalah tim nasional (negara-negara). Kemudian jika tim anda menjuarai international cup, maka anda akan mengikuti kompetisi yang lawan-lawannya adalah tim-tim legenda era 70'-an sampai 90'-an.

Apabila berhasil menjuarai piala tersebut, maka akan ada pertandingan duel satu lawan satu melawan tim terkuat komputer (Dream League FC), yang mana level setiap pemainnya berada di atas rata-rata (level 90 ke atas). Tim ini adalah lawan paling tangguh menurut saya.


Apabila anda sukses mengalahkan 'tim terkuat' tersebut, maka akan ada lawan terakhir anda -- yakni tim anda sendiri. Jadi 2 tim milik anda akan bertanding, yang satu dimainkan oleh anda -- satunya dikendalikan oleh computer.

Pertandingan versus tim anda sendiri merupakan akhir / puncak dari game ini, yang mana apabila anda memenangkan laga tersebut, maka tim anda akan kembali berkompetisi di liga divisi utama pekan ke-1.


Rincian game sepakbola Dream League Soccer for iOS

Pengembang: First Touch Games Ltd.

Kategori: Game

Diperbarui: 30 Mei 2018 (dan akan selalu update)

Versi: 5.057 (dan akan selalu update)

Ukuran: 419 MB

Penilaian: Berperingkat 4+

Keluarga berbagi: Ya

Kompabilitas: Memerlukan iOS 8.0 atau versi yang lebih baru. Kompatibel dengan iPhone, iPad, dan iPoud touch

Bahasa: Inggris, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Jepang, Belanda, Italia, Jerman, Korea, Portugal, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Turki.


Baca juga:



Itulah dia review dari saya tentang game sepakbola terbaik di iPhone / iOS, yakni Dream League Soccer yang menurut saya sangat unggul dalam hal gameplay dan tampilannya ketimbang game sejenis. Selain itu, review user lainnya mengenai game ini juga lumayan bagus -- yakni hampir mendekati 5 bintang.

Nah bagi anda yang ingin memainkan game sepakbola keren ini, silahkan search di App Store iPhone / iPad / iPod touch anda dengan kata kunci "Dream League Soccer", maka game ini akan muncul pada pencarian paling atas.

Selanjutnya, silahkan pilih tulisan 'INSTAL' dan masukkan Apple ID serta password anda, maka anda sudah bisa memainkan game Dream League Soccer di iPhone / iPad / iPod touch anda.


(Artikel ini ditulis oleh Fahrurraji, kontributor tetap di iOSpedia.net)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]