Skip to main content

Cara Memasukkan / Transfer Lagu ke iPhone Tanpa iTunes

iOSpedia.net - Tak seperti di Android, proses transfer lagu ke iPhone bisa dibilang agak ribet.

Meski terkesan agak ribet, rupa-rupanya kita bisa mentransfer / memasukkan lagu ke iPhone tanpa harus menggunakan iTunes.

Cara ini tentu lebih simpel ketimbang memasukkan lagu melalui iTunes yang lebih kompleks.


Lantas, bagaimana cara memasukkan lagu ke iPhone tanpa iTunes?

Simak tutorialnya berikut ini!


cara memasukkan transfer lagu dari pc ke iphone tanpa itunes
Cara transfer lagu ke iPhone tanpa melalui iTunes


Cara memasukkan lagu ke iPhone tanpa iTunes

Selama ini untuk mendapatkan konten musik di iPhone, kita harus membelinya di iTunes menggunakan kartu kredit atau iTunes gift card.

Anda tinggal memilih lagu yang ingin anda simpan di iPhone, dengan membayar sesuai harga lagu tersebut di iTunes.


Permasalahan terjadi jika anda ingin memindahkan koleksi lagu-lagu anda dari laptop ke iPhone, tak semudah di Android.

Kalau di smartphone Android, anda cukup memindahkan lagu dari PC ke smartphone dengan mudah menggunakan kabel USB. Kalau di smartphone berbasis iOS iPhone), anda harus menggunakan iTunes untuk melalui proses sync lagu dari laptop ke iPhone.


Beruntungnya, ada info terbaru yang memaparkan bahwa iTunes bukan satu-satunya sarana untuk memindahkan lagu dari PC / laptop ke iPhone. Ada opsi lain untuk memindahkan lagu ke iPhone tanpa iTunes, yakni menggunakan software bernama CopyTrans Manager.

Software ini gratis dan bisa digunakan oleh semua pengguna PC Windows.


Cara memindahkan lagu ke iPhone menggunakan CopyTrans Manager




Bagi anda yang ingin memasukkan lagu ke iPhone menggunakan CopyTrans Manager, silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Pastikan kalau di komputer / laptop anda sudah ter ter-install iTunes versi terbaru. Kenapa harus ada iTunes? Jawabannya karena PC anda memerlukan driver yang tepat agar proses pemindahan file dari PC ke iPhone bisa dilakukan dengan lancar. Dalam hal ini iTunes hanya berfungsi sebagai 'driver pengenal' iPhone anda.

2. Selanjutnya, silahkan buka iTunes dan biarkan PC / laptop mengenali iPhone anda. Kemudian tap tulisan "Trust” di iPhone jika muncul sebuah pop-up yang menanyakan "Apakah anda memang sengaja ingin mengakses data iPhone dari komputer tersebut?"

3. Sesudah ini, anda tak memerlukan iTunes lagi karena fungsinya hanya sebagai 'driver pengenal' iPhone anda. Silahkan download aplikasi CopyTrans Manager dengan mengunjungi situs resmi CopyTrans, selanjutnya cari CopyTrans Manager, lalu Download zip. Tidak perlu yang installer, karena Anda hanya butuh CopyTrans Manager saja untuk memindahkan lagu ke iPhone dari komputer anda.

4. Sesudah mendownload CopyTrans Manager, silahkan extract dari file zip tersebut dan jalankan CopyTransManager.exe.

5. Saat iPhone anda masih tersambung ke PC / laptop, CopyTrans Manager akan langsung mengenali iPhone anda sekaligus menampilkan semua lagu yang tersimpan di dalamnya (kalau ada).

6. Untuk memasukkan lagu dari komputer ke iPhone, silahkan pilih tombol "Add" yang ada di bagian kanan atas, atau bisa dengan "drag and drop" tapi harus buka File Explorer terlebih dahulu.

7. Sesudah anda memilih lagu yang hendak ditransfer ke iPhone, jangan lupa untuk menekan tombol "Update" di bagian kiri atas, tepat di sebelah simbol "eject". Ini merupakan langkah yang krusial, karena kalau lupa, lagu yang anda pilih tadi tak akan masuk ke penyimpanan iPhone anda.

8. Silahkan tunggu proses transfer lagu hingga selesai, jika selesai akan muncul tulisan “update complete”.


Baca juga:



Itulah dia tutorial cara memasukkan / transfer lagu dari PC / laptop ke iPhone tanpa iTunes.

Meski sekilas 'tanpa iTunes', cara ini masih memerlukan iTunes sebagai 'pengenal' iPhone anda ketika disambungkan ke komputer.

Sebagai tambahan, cara ini hanya berlaku pada PC / laptop berbasis Windows saja. Jadi komputer non-Windows sepertinya tak bisa dilakukan.

Semoga bermanfaat. (fa)


(Sumber: Dailysocial.id)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]