Skip to main content

Cara Mengunci iPhone yang Hilang (Lost Mode), Mau Coba?

iOSpedia.net - Kehilangan iPhone tentu merupakan hal yang sangat menyesakkan.

Selain karena harganya yang mahal, data-data di dalamnya juga sangat penting -- dan berbahaya jika disalahgunakan.


Beruntungnya, iPhone dan gadget buatan Apple lainnya memiliki fitur 'lost mode' -- yang berfungsi untuk mengunci iPhone agar tak bisa digunakan.

Apabila iPhone dalam keadaan terkunci, selain data di dalamnya tak bisa diakses, iPhone tersebut juga sulit untuk dijual kembali -- lantaran tak bisa diapa-apakah lagi (kecuali dijual sangat murah untuk kanibalan).

Lantas, bagaimana cara mengunci iPhone yang hilang agar masuk ke 'lost mode'?

Simak tutorialnya berikut ini!


cara mengunci iPhone yang hilang atau dicuri dengan lost mode
Cara mengunci iPhone yang hilang / dicuri


Pentingnya data yang ada di dalam iPhone tentu membuat anda panik apabila iPhone tersebut hilang atau dicuri.

Apalagi kalau anda berprofesi sebagai pejabat, detektif, atau petinggi perusahaan, maka ada banyak data penting yang wajib dilindungi agar tidak bocor.


Maka dari itu, apabila iPhone anda hilang -- anda wajib mengunci iPhone anda agar iPhone tersebut tidak bisa digunakan oleh penemu / pencuri iPhone tersebut.


Tutorial cara mengunci iPhone yang hilang

Cara mengunci iPhone yang hilang atau dicuri bisa dilakukan dengan menggunakan fitur 'lost mode'.

Perlu anda ketahui, 'lost mode' atau mode hilang adalah fitur pada perangkat iOS yang memungkinkan kamu untuk mengunci iPhone yang hilang. IPhone menjadi terkunci dan data yang ada di dalam iPhone menjadi aman (hanya anda yang bisa membukanya).


Agar bisa menggunakan 'lost mode' ini, anda harus mengaktifkan fitur 'Find My iPhone' terlebih dahulu.

Sebenarnya secara default fitur ini sudah aktif, dan anda tak perlu mengaktifkannya secara manual. Namun, siapa tahu iPhone yang anda beli adalah iPhone bekas -- dan pemilik sebelumnya sudah menonaktifkan fitur tersebut, sehingga anda perlu mengaktifkannya secara manual.


Dengan fitur 'Find My iPhone', anda bisa menggunakannya di web atau aplikasi -- untuk mengunci iPhone anda yang hilang.

Adapun tutorialnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama-tama buka fitur 'Find My iPhone'. Anda bisa menggunakan 'Find My iPhone' di web browser ataupun di aplikasi iOS.

2. Kemudian anda bisa melihat semua perangkat yang terhubung dengan akun iCloud anda (apabila anda memiliki lebih dari 1 perangkat dengan akun iCloud yang sama).

3. Selanjutnya anda bisa melacak lokasi iPhone (atau iPad) milik anda yang hilang atau dicuri. Inilah fungsi utama dari fitur 'Find My iPhone'.

4. Tap iPhone yang hilang, tap sekali untuk mendapatkan informasi serta pilihan untuk mengaktifkan fitur 'lost mode'.

5. Selain fungsi 'lost mode' atau 'mode hilang', di sana juga ada fitur lain seperti putar bunyi dan juga menghapus iPhone (atau iPad) tersebut.

6. Untuk mengunci iPhone anda yang hilang, silahkan tap pilihan 'lost mode'. Setelah 'lost mode' aktif, maka iPhone anda akan terkunci dan tak bisa diakses siapapun (kecuali oleh anda).



Screen shoot "Find My iPhone"



Selain membuat iPhone anda tak bisa diakses oleh orang lain, fitur 'lost mode' juga memiliki fungsi lainnya seperti:

- Menampilkan pesan khusus di layar iPhone anda, misalnya pesan untuk penemu / pencuri iPhone tersebut agar segera mengembalikannya kepada anda

- Menonaktifkan Apple Pay atau fitur pembayaran di iPhone anda

Dan lain sebagainya.


Disarankan agar anda menggunakan fitur 'lost mode' hanya pada saat iPhone (atau iPad) anda hilang. Jangan gunakan fitur ini hanya untuk sekedar coba-coba atau main-main saja.

Jangan lupa agar fitur Find My iPhone selalu anda aktifkan, agar saat iPhone tersebut hilang -- anda bisa langsung mengaktifkan fitur 'lost mode' via PC / laptop.


Baca juga:



Itulah dia tutorial cara mengunci iPhone anda yang hilang, tercecer, atau dicuri.

Penting untuk mengaktifkan fitur ini, agar data-data di dalam iPhone anda aman dari penyalahgunaan pihak lain -- jika iPhone anda benar-benar hilang atau dicuri. (fa)


(Sumber: Macpoin.com)


Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]