Skip to main content

Penyebab Memory Internal iPhone Penuh, Padahal Aplikasinya Tak Banyak

iOSpedia.net - iPhone diketahui memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan Android. Meski begitu, ada juga beberapa kekurangan iPhone -- misalnya tidak adanya slot memory eksternal -- sehingga jika memory hampir penuh -- harus ada file yang 'dikorbankan' untuk dihapus.

Sering pula terjadi ketika tidak banyak aplikasi terinstal di iPhone, namun kapasitas memory iPhone sering berkurang. Ini salah satu hal yang membingungkan dan perlu 'ditelaah' lebih dalam.

Lantas, apa penyebab memory iPhone penuh padahal aplikasinya sedikit?

Berikut ini jawabannya!


penyebab memory iphone penuh padahal tak ada aplikasi, cara mengatasi
Penyebab penuhnya memory internal iPhone selain karena banyaknya aplikasi


Ada suatu ketika memory iPhone anda penuh, kemudian anda menghapus berbagai file seperti foto dan video, serta aplikasi -- guna memberi ruang lebih banyak pada memory iPhone anda.

Namun setelah semua file dan data tersebut dihapus, rupanya memory penyimpanan anda masih banyak terpakai. Anda pun bingung kenapa memory iPhone anda penuh, padahal tak banyak aplikasi diinstal, dan beberapa file sudah dihapus.

Apakah anda pernah mengalami keadaan seperti ini?

Jika YA, maka kami akan membahas penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.


Sebelum membahas tentang cara menghapus data yang memenuhi memory iPhone, anda sebaiknya memahami dulu tentang kapasitas memory iPhone. Jika iPhone atau iPad memiliki kapasitas memory 16GB, maka yang bisa digunakan untuk install apps dan menyimpan data hanya di kisaran 12GB saja.

Di mana sisa 4GB-nya?

'Jatah' memory sebesar 4GB biasanya digunakan Apple untuk menyimpan data lain seperti data untuk Operating System, Messages, Calendar, Mail, Maps, photo meta-data atau cache.

Jadi jangan heran kalau memory yang tersedia hanya 12GB dari iPhone yang 'tertulis' memiliki kapasitas memory 16GB.


Apabila anda sudah memahami mengenai 'aturan' penyimpanan di iPhone, sekarang mari kita lihat data apa saja yang biasanya tersimpan di iPhone, meskipun aplikasi yang terinstal tidaklah banyak.


Berbagai data yang tersimpan di dalam memori iPhone


1. Foto

Sudah sangat jelas, kalau file berupa foto memberikan kontribusi besar dalam berkurangnya memory iPhone. Apalagi bagi anda yang hobi swafoto dan memotret keadaan sekitar, maka tanpa disadari hal itu akan membuat memory iPhone anda semakin penuh.

Perlu anda ketahui, ukuran satu foto yang diambil menggunakan iphone biasanya cukup besar, terlebih jika seri iPhone anda semakin tinggi dengan kualitas kamera yang semakin bagus.


Tips agar memori iPhone anda tidak dipenuhi oleh banyak file foto, ada baiknya agar anda memindahkan file-file tersebut ke PC / laptop anda. Selanjutnya, silahkan hapus foto-foto tersebut dari iPhone anda.


2. Video

Sama halnya dengan file foto, file video biasanya juga memakan banyak memory iPhone. Bahkan ukuran satu video jauh lebih besar ketimbang file foto, apalagi jika durasi video tersebut lama.

File video sendiri tersimpan pada aplikasi yang sama dengan foto yaitu di app 'Photo', hanya saja letaknya tersendiri yaitu di folder Video.

Sama halnya dengan file foto, ada baiknya agar anda memindahkan file video dari iPhone ke PC / laptop anda. Selanjutnya hapus video-video tersebut dari iPhone anda.


3. File audio

Selain file berupa visual, file berupa audio juga menjadi file favorit yang tersimpan di dalam iPhone.

Jika iPhone anda memorynya tak terlalu besar, sebaiknya anda tak menyimpan terlalu banyak file musik. Ada perangkat Apple lain yang lebih cocok untuk menyimpan file musik, yakni iPod.


4. Cache dari browser

Jika anda sering melakukan browsing internet melalui browser bawaan iPhone yakni Safari, maka iPhone akan menyimpan berbagai data browsing anda.

Hal ini tentu akan membebani memory iPhone anda, dan anda perlu menghapus cache browser tersebut secara rutin.


5. Pesan teks

Meskipun cuma tulisan, data pesan teks atau iMessage juga akan tersimpan dalam memory iPhone, meskipun ukurannya tak sebesar file foto, video, dan musik.

Namun jika hal ini diabaikan, data pada message bisa menjadi besar jika tidak pernah dihapus -- terlebih jika pesan yang tersimpan mengandung foto atau video.

Jadi untuk mengurangi beban memory iPhone, silahkan hapus pesan-pesan yang sudah lama atau tak penting lagi.


6. Documents and data

Terakhir, alasan memory iPhone penuh padahal tak banyak aplikasi yang terinstal adalah karena adanya data 'tersembunyi' yang cukup 'memakan' memory iPhone anda.

Bahkan untuk menghapus data ini tak semudah pada Android -- yang bisa dilakukan melalui menu Manajer Aplikasi. Kalau pada iPhone cara menghapus data dan document ini harus dilakukan secara manual, yakni dengan menghapus aplikasi yang menyimpan data tersebut kemudian install kembali aplikasi tersebut.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data dan dokumen, silahkan masuk ke menu Settings >> General >> Manage Storage, Lalu lihat satu persatu aplikasi yang 'memakan' banyak memory iPhone anda.


Berdasarkan pengalaman admin, biasanya aplikasi yang banyak menghabiskan memory iPhone untuk penyimpanan data dan dokumen adalah yang berbasis media sosial dan media chatting. Sebut saja WhatsApp, Facebook, Instagram, Facebook Messenger, dan lain-lain. Ukuran data dan dokumen yang dihabiskan per aplikasi bisa lebih dari 1GB, padahal ukuran aplikasinya tak lebih dari 100MB.

Semakin lama aplikasi terinstal dan semakin sering aplikasi tersebut digunakan, maka semakin besar data dan dokumen yang tersimpan dan tentunya menguras memory iPhone anda.


Cara menghapus 'Documents and Data' yang tersembunyi pada iPhone

Sebelumnya sudah diterangkan cara menghapus data dan dokumen pada aplikasi -- bisa dilakukan dengan cara manual, yakni dengan menghapus aplikasi tersebut -- kemudian install ulang.

Sebenarnya ada 2 cara lagi untuk menghapus data dan dokumen apps pada iPhone, tanpa harus menghapus aplikasi tersebut, yakni melalui:

- Aplikasi Cydia -- dimana iPhone anda harus di-jailbreak terlebih dahulu

- Aplikasi pihak ketiga, yakni PhoneClean (tanpa jailbreak).

Sangat mudah, bukan?


Baca juga:



Sesuatu yang menyebalkan memang, ketika memory iPhone kita semakin penuh -- sementara aplikasi yang diinstall tak terlalu banyak.

Apalagi iPhone tak didukung memory eksternal, alhasil agar memory tak penuh -- anda harus menghapus beberapa file seperti foto, video, musik, dan lain sebagainya.

Yang lebih menyebalkan lagi, ketika memory iPhone penuh karena disebabkan oleh 'documents and data' pada aplikasi medsos dan medchat yang sulit terdeteksi.

Namun, anda bisa menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan di atas, agar memory iPhone anda tak penuh lagi.

Semoga bermanfaat! (fa)


Baca Juga