Skip to main content

Tata Cara Mengganti iCloud iPhone yang Lengkap dan Jelas

iOSpedia.net - Pengguna ponsel pintar iPhone pastilah mengenal iCloud. ID pengguna Apple secara otomatis digunakan sebagai ID iCloud Anda. Akan tetapi ada kemungkinan jika Anda perlu mengganti ID dengan yang baru karena beberapa alasan. Oleh karena itu, pengetahuan tentang cara mengganti iCloud iPhone sangatlah penting.

Aplikasi iCloud merupakan aplikasi bawaan produksi Apple, Inc. yang berfungsi untuk menyimpan berbagai macam data penggunanya. Daftar kontak, data multimedia, dan bahkan sejarah browser Anda dapat disimpan oleh aplikasi ini. Layanan tersebut membantu aktivitas sehari-hari Anda, baik yang personal maupun berkaitan dengan pekerjaan.


trik dan cara mengganti icloud iphone yang sudah ada
Cara mengganti iCloud iPhone


Tahapan Cara Mengganti iCloud iPhone yang Lengkap

Perhatikanlah tahapan cara mengganti iCloud iPhone di bawah ini. Tahap-tahapan yang akan dijelaskan juga dapat dilaksanakan di perangkat iPad Anda.

∙ Buka halaman muka ponsel Anda.

∙ Carilah aplikasi bernama “Setting” dengan ikon berwarna abu-abu. Akses aplikasi tersebut dengan menekan ikon.

∙ Pada layar bagian atas halaman, Anda akan menemukan nama pengguna ponsel dan foto (apabila sudah ditambahkan). Pilih bagian tersebut.

∙ Geser layar Anda hingga ke bagian bawah lalu pilihlah menu bernama “Sign Out” pada bagian terbawah.

∙ Sebuah kotak dialog akan muncul untuk meminta Anda mengetik sandi dari Apple ID Anda.

∙ Isilah sandi pada tempat yang tersedia dengan tepat, lalu tekan pilihan “Turn Off”. Tahap ini membuat fungsi “Find My Device” dari akun iCloud yang berada di ponsel menjadi non-aktif.

∙ Pilihlah data yang ingin tetap Anda simpan dalam iCloud dengan memastikan bahwa tanda di sebelah nama data yang ingin Anda pertahankan berwarna hijau atau aktif.

∙ Pada bagian atas kanan layar, tekanlah tombol “Sign Out” untuk keluar dari akun iCloud Anda yang sekarang.

∙ Akan muncul kota dialog yang mengonfirmasi pilihan Anda, tekanlah tombol “Sign Out” sekali lagi.


Setelah mengikuti tahapan di atas, perangkat iPhone Anda tidak lagi terikat pada suatu ID pengguna tertentu. Untuk mengakses akun pengguna yang baru ikutilah tahap-tahap berikut.

∙ Bukalah halaman muka ponsel Anda.

∙ Akseslah menu “Setting” dari halaman muka.

∙ Pada bagian teratas dari menu tersebut, Anda akan menemukan tombol “Sign in to your (device)”. Tekan tombol tersebut jika Anda sudah memiliki ID pengguna. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat ID pengguna baru, maka ketik tombol “Don’t have an Apple ID or forgot it?” di bawah tempat password.

∙ Isilah ID pengguna dan sandi Anda pada tempat yang disediakan.

∙ Tekan tombol “Sign In”.

∙ Akan muncul kotak dialog yang meminta Anda untuk memasukkan kode perangkat. Kode ini sudah ditentukan sejak Anda menerima ponsel.

∙ Anda akan melihat kotak dialog baru yang mengonfirmasi apakah data yang ada di dalam ponsel akan digabungkan dengan data yang ada dalam akun iCloud baru Anda. Jika Anda menginginkannya, maka pilih tulisan “Merge”. Jika tidak, silahkan tekan tombol “Don’t Merge”.

∙ Tahapan panjang dari cara mengganti iCloud iPhone telah selesai.


Proses penggantian ID pengguna pada akun iCloud Anda telah selesai. Setelah proses tersebut dilakukan maka akun Anda sudah dapat digunakan seperti biasa. Berikut inilah cara untuk melakukan pengaturan tipe data yang ingin Anda simpan.

∙ Bukalah menu “Setting” pada halaman muka ponsel Anda.

∙ Pilihlah menu “iCloud” pada halaman depan “Setting”.

∙ Pilihlah data yang ingin Anda simpan dalam akun iCloud dengan memastikan bahwa tombol di sebelah nama data aktif atau berwarna hijau.


Baca juga:

Cara menghapus "data tersembunyi" yang menyebabkan memory iPhone penuh



Seperti Anda lihat, meskipun Anda perlu melalui proses panjang untuk mengganti ID pengguna pada perangkat ponsel, cara yang dilakukan tidaklah susah. Cara mengganti iCloud iPhone tersebut membuat Anda tidak perlu menghapus aplikasi yang telah ada. (gk)



Baca Juga