Skip to main content

Berbagai Cara Mereset iPhone yang Lupa Password

iOSpedia.net - Mengamankan data atau file yang bersifat pribadi yang ada di dalam perangkat ponsel pintar adalah sebuah hal wajib dilakukan oleh setiap pengguna smartphone.

Salah satu cara pengamanan yang paling umum digunakan adalah dengan memasang password atau kode pengaman pada ponsel pintar. Dengan adanya kode keamanan ini, maka tidak semua orang akan bisa membuka dan memiliki akses untuk melihat ponsel Anda.

Lalu, bagaimana jika Anda lupa kata sandi atau kode keamanan yang digunakan pada perangkat smartphone, misalnya iPhone?

Berikut adalah cara mereset iPhone yang lupa password.


bagaimana cara mereset iphone yang lupa passwordnya
Trik reset iPhone yang lupa password


Cara Mereset iPhone yang Lupa Password dengan Soft dan Hard Reset

Cara mereset iPhone yang lupa password sebenarnya bisa Anda lakukan dengan berbagai cara. Secara umum, ada dua cara yang bisa digunakan, yaitu soft reset dan hard reset. Soft reset adalah cara termudah yang bisa Anda coba untuk memulihkan iPhone Anda. Namun, apabila cara ini tidak bekerja, Anda bisa menggunakan hard reset.

Kedua cara ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika menggunakan cara soft reset, maka Anda tidak perlu kehilangan data yang ada di dalam perangkat. Sedangkan hard reset akan membuat Anda kehilangan semua data di dalam perangkat, kecuali jika sebelumnya Anda sudah melakukan back up data tersebut ke perangkat lain.

Soft reset adalah cara mereset iPhone yang lupa password paling sederhana. Cara ini juga dinilai paling aman karena tidak membuat Anda kehilangan data di dalam ponsel.

Langkah-langkahnya yang pertama, tekan tombol power atau tombol sleep dan timbol home bersamaan dan tahan selama 10 detik. Setelah itu, layar ponsel Anda akan menjadi hitam. Jika sudah hitam, lepaskan kedua tombol tersebut.

Setelah itu, Anda akan melihat logo Apple muncul di layar sebagai tanda jika ponsel Anda akan direstart ulang. Tunggu hingga proses selesai dan coba nyalakan lagi iPhone Anda. Untuk cara hard reset, berikut adalah langkah-langkahnya.


Sambungkan iPhone ke Komputer yang Memiliki iTunes

Langkah pertama adalah menyambungkan perangkat iPhone Anda ke PC atau komputer yang memiliki aplikasi iTunes. Jika tidak punya, unduh dulu aplikasi ini di layanan penyedia resmi Apple.


Restart Secara Paksa

Jika sudah tersambung, lakukan proses restart secara paksa. Berbeda jenis iPhone, maka berbeda pula cara restart paksanya. Untuk versi iPhone sebelum versi 6S, seperti iPhone 6 dan seri ke bawahnya, cara restartnya adalah dengan menekan tombol home/ tombol utama bersamaan dengan tombol power/ tombol atas. Tahan hingga mode pemulihan muncul di layar ponsel Anda.


Pilih Menu Pulihkan

Setelah melakukan restart secara paksa, Anda akan melihat dua pilihan yang muncul di layar, yaitu menu perbarui atau pulihkan. Pilih menu puilihkan dan iTunes akan secara otomatis mengunduh software atau perangkat lunak untuk iPhone Anda. Jika proses memakan waktu lebih dari 15 menit, maka Anda harus mengulang dari proses sebelumnya. Tunggu hingga proses selesai.


Baca juga:

Cara mengganti iCloud iPhone dengan mudah



Masalah lupa password bisa terjadi pada siapa saja dan pada pengguna perangkat apa saja, tak terkecuali ponsel pintar. Jika Anda merupakan pengguna perangkat iPhone, cara mereset iPhone yang lupa password di atas bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengenali masalah yang dialami oleh ponsel Anda terlebih dahulu akan membuat Anda bisa mengambil keputusan terbaik dalam memilih solusi mana yang akan digunakan. Hal tersebut karena kedua cara yang dijelaskan di atas tentu saja memiliki resiko yang harus Anda hadapi sebagai pemilik ponsel. (gk)


Baca Juga