Skip to main content

Berbagai Macam Fungsi iCloud pada iPhone yang Harus Anda Ketahui

iOSpedia.net - Bagi Anda yang menggunakan perangkat berbasis iOS semisal iPhone atau iPad pasti sudah sangat familiar dengan iCloud. Perangkat besutan Apple ini memang mempunyai sistem khusus untuk proses sinkronisasi sehingga memudahkan Anda untuk mengakses konten digital.

Meskipun telah kerap mampir ke telinga, apakah Anda sudah tahu pasti apa yang dimaksud dengan iOS dan fungsinya?

Simak berbagai macam fungsi iCloud pada iPhone berikut ini.


berbagai macam fungsi pada icloud iphone
Berbagai fungsi dari iCloud iPhone


Berbagai Macam Fungsi iCloud pada iPhone untuk Anda Nikmati

iCloud sendiri adalah sebuah sistem yang memungkinkan berbagai perangkat iOS untuk melakukan sinkronisasi tanpa perlu menggunakan iTunes. Sebagai contoh, jika Anda membeli aplikasi di ponsel iPhone, aplikasi tersebut juga akan di unduh pada perangkat iPad dan Mac yang Anda miliki. Tentunya Anda harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu.

Canggih, bukan?

Berikut ini adalah berbagai macam fungsi iCloud pada iPhone lainnya:


Menikmati musik di cloud

Anda yang mempunyai akun iTunes bisa menikmati fungsi canggih yang satu ini. Hanya dengan menggunakan iCloud, Anda dapat mengunduh lagu yang sudah dibeli menggunakan iTunes pada iPhone. Tidak perlu repot-repot browsing iTunes Music Store karena lagu-lagu tersebut sudah tersedia pada semua perangkat Apple Anda.

Singkatnya, iCloud menawarkan solusi praktis bagi Anda yang gemar mendengarkan lagu melalui iTunes.


Sinkroninasi foto

Jika Anda gemar berfoto dan menyimpannya sebagai koleksi, tentunya Anda ingin bisa mengakses foto tersebut dari perangkat manapun. Sebelum iCloud hadir, Anda harus memindah foto dari iPhone ke Mac kemudian melakukan sinkroninasi ke iPhoto. Jika ingin membuka lewat iPad, Anda harus menghubungkan iPad dengan Mac kemudian mengakses iTunes.

Sangat tidak praktis, bukan?

Dengan hadirnya iCloud, Anda bisa mengambil foto sebanyak apapun kemudian melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat Apple yang Anda miliki. Tidak perlu lagi repot-repot mencolokkan satu perangkat dengan yang lainnya. Seluruh foto yang Anda sinkronisasi akan tersimpan dalam Photo Stream.

Sayangnya foto tersebut hanya bertahan selama 30 hari dan akan dihapus setelahnya. Sebagai solusi, segera unduh dan pindahkan foto ke iPhoto.


Find My Friends

Dari berbagai macam fungsi iCloud pada iPhone yang bisa Anda nikmati, Find My Friend merupakan fitur favorit. Dengan ini, Anda bisa berbagi lokasi dengan teman-teman.

Fitur ini tentunya sangat berguna apabila Anda ingin mencari lokasi seseorang. Find My Friends memungkinkan Anda untuk mencari jalan serta mengetahui seberapa jauh Anda terpaut dari lokasi teman. Fitur ini sangat cocok digunakan jika Anda sedang ingin mengetahui lokasi seseorang secara diam-diam.


Find My iPhone

Fungsi yang satu ini telah mendapatkan banyak apresiasi dari para pengguna iPhone. Pasalnya, mereka yang kehilangan iPhone bisa menemukannya kembali dengan Find My iPhone. Fitur ini sebenarnya sudah lama disuguhkan oleh Apple, kemudian dilanjutkan oleh iCloud.

Untuk menggunakan fitur Find My Phone, kini Anda harus masuk ke laman iCloud.com, bukan Me.com.


Baca juga:

Cara menghapus / menonaktifkan iCloud pada iPhone


Demikian berbagai macam fungsi iCloud pada iPhone yang bisa Anda nikmati. Anda mungkin bertanya-tanya tentang harga yang harus dibayar untuk memanfaatkan semua fitur tersebut.

Kabar gembira, iCloud bisa Anda pakai secara cuma-cuma. Ketika membeli iPhone dengan iOS 5, iCloud sudah termasuk di dalamnya. Kapasitas standar yang ditawarkan adalah 5GB.

Jika dirasa kurang cukup, Anda bisa melakukan upgrade dengan membayar antara $20 hingga $100 per tahun. Kapasitas yang bisa Anda dapatkan berkisar antara 10GB hingga 50GB. (gk)



Baca Juga