Skip to main content

Cara Mengembalikan Chat WhatsApp (WA) yang Terhapus di iPhone dengan Mudah

iOSpedia.net - WhatsApp menjadi salah satu aplikasi pesan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain mudah untuk digunakan, WhatsApp juga menawarkan berbagai macam kemudahan untuk pengguna. Sayangnya, pesan di aplikasi ini kadang terhapus secara tidak sengaja. Ditambah lagi WhatsApp tidak menyimpan data pesan para pengguna.

Bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus di iPhone?

Jika Anda mempunyai permasalahan yang sama, simak pembahasan berikut ini tentang cara mengembalikan chat yang terhapus.

cara mengembalikan chat wa yang terhapus di iphone dengan mudah
Cara mengembalikan chat WA yang terhapus di iPhone


Cara Mengembalikan Chat WhatsApp (WA) yang Terhapus di iPhone Secara Instan

Jika sebelumnya Anda hanya bisa pasrah ketika mendapati chat WA terhapus secara tidak sengaja, kini Anda bisa mengembalikan chat tersebut dengan mudah. Tanpa perlu proses panjang, di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengembalikan pesan yang telah terhapus di iPhone.


1. Gunakan iTunes

iTunes sangat bermanfaat untuk menyimpan data-data pada ponsel iPhone. Demikian juga cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus di iPhone bisa juga dilakukan melalui iTunes. Ini adalah cara yang cukup mudah dan efektif untuk Anda coba. Ikuti beberapa langkah berikut ini:

- Hubungkan iPhone dengan iTunes, pilih Summary.

- Klik pilihan Restore Backup kemudian pilih nama file backup yang Anda inginkan.

- Klik Restore dan tunggu hingga selesai.

Agar proses restore berjalan dengan lancar, pastikan perangkat selalu terhubung. Anda bisa memutuskan perangkat apabila proses sinkronisasi sudah selesai.


2. Gunakan iClouds

Anda juga bisa menggunakan iClouds untuk mengembalikan chat WA yang terhapus. Untuk melakukan dengan cara ini, lakukan beberapa langkah berikut:

- Hapus aplikasi WA di iPhone Anda kemudian install ulang dari AppStore.

- Buka aplikasi dan masukkan nomor Anda

- Setelah verifikasi, akan muncul konfirmasi apakah Anda ingin mengembalikan chat yang telah disimpan sebelumnya menggunakan iClouds.

- Pilih Restore pada pojok kanan atas.

Cara ini cukup efektif untuk mengembalikan history chat WA yang telah tersimpan. Sayangnya cara ini akan membuat chat WA yang masih baru terhapus. Hal ini dikarenakan chat baru tersebut belum sempat tersimpan di dalam file backup.


3 Email chat

Selain menggunakan iTunes dan iCloud, cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus di iPhone bisa juga dilakukan dengan email chat. Caranya adalah dengan mengirimkan riwayat chat melalui email. Namun hal ini hanya bisa dilakukan apabila Anda telah menyimpan percakapan. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

- Buka aplikasi kemudian pilih percakapan yang ingin Anda kirimkan melalui email.

- Ketuk nama kontak kemudian pilih Ekspor Chat.

- Akan muncul pilihan untuk melampirkan media atau tanpa media yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

- Pilih aplikasi Mail untuk mengirim.

- Masukkan alamat email kemudian pilih Kirim.

- Riwayat percakapan Anda akan tersimpan dalam email.

Cara ini terbukti efektif untuk mencadangkan percakapan Anda. Meskipun pesan telah terhapus dari aplikasi, chat yang Anda kirim melalui email masih tetap bisa diakses.


Baca juga:

Review LCD iPhone 5 jenis OEM, Murah tapi kualitas setara original


Demikian beberapa cara mengembalikan chat WhatsApp (WA) yang terhapus di iPhone. Untuk mengantisipasi hilangnya chat WA secara total, pastikan Anda selalu melakukan backup secara rutin.

Meskipun chat terhapus dari aplikasi, Anda bisa mengembalikan pesan yang telah dicadangkan secara cepat dan mudah. Anda bisa mengatur jadwal pencadangan atau backup melalui pengaturan percakapan di aplikasi WhatsApp. (gk)


Baca Juga