Skip to main content

Tips Cara Mengganti ID Apple yang Sudah Ada

iOSpedia.net - Apabila Anda menggunakan iPhone bekas yang telah dimiliki seseorang sebelumnya, maka Anda perlu mengganti ID Apple yang sudah ada disana.

Apa itu ID Apple?

ID Apple adalah alamat surel yang berguna untuk masuk ke App Store maupun layanan dari Apple yang lain. ID ini biasanya diminta saat pertama kali Anda memasukkan pengaturan awal.

Dengan memberikan ID Apple maka iOS akan terus mengingatnya walaupun kata sandinya harus diulang demi mendukung tingkat keamanannya.

Hal tersebut tentunya sedikit memusingkan bagi Anda yang memiliki smartphone tersebut tidak dari awal. Tetapi mulai saat ini Anda bisa mengakalinya dengan tips cara mengganti ID Apple yang sudah ada yang akan dibagikan di bawah ini.


tips cara mengganti ID apple yang lama dengan id apple baru
Trik mengganti ID Apple yang ada dengan yang baru



Cara Mengganti ID Apple yang Sudah Ada Dengan Gampang

Cara mengganti ID Apple yang sudah ada dapat dilakukan dengan menghapus ID Apple yang ada. Kenapa harus dihapus? Karena ID Apple milik orang lain yang ada di smatphone Anda akan otomatis menjadi default ID Apple ponsel itu. Mau tahu apa saja tahapannya? Simak ulasannya berikut ini.


1. Sign Out

Tahap pertama dalam tips cara mengganti ID Apple yang sudah ada adalah dengan sign out akun tersebut. Masuklah ke App Store di smatphone Anda dan pilih menu Featured. Setelah memilih menu tersebut, pilihlah ID Apple yang ada di bagian bawah kiri. Klik pilihan Sign Out.


2. Sign In

Setelah berhasil keluar, pilih saja Sign In dan masukkan ID Apple Anda beserta passwordnya dan klik OK. Selesai. ID Apple berhasil dirubah. Dengan perubahan ini maka sistem akan merekam password Anda jika akan mengunduh dan memperbarui aplikasinya.

Sebagai pengingat jika aplikasi yang sudah dipasang di akun Apple lain akan tetap ada di smartphone iPhone Anda. Hal ini akan menjadi masalah karena sistem akan merekam secara otomatis jika aplikasi yang dimaksud diunduh dari akun lainnya. Jika sudah seperti itu maka Anda harus memasukkan ID Apple dan password yang tadi baru saja di Sign Out. Cara mengatasi hal itu adalah dengan menghapus aplikasinya.


3. Menghapus Akun Melalui Find My Friends atau iCloud

Tahap menghapus akun melalui Find My Friends ataupun iCloud akan lebih sulit dari dua tahap sebelumya.

Kenapa lebih sulit?

Karena Apple akan mengharuskan Anda untuk mengisi password sejak tahap pertama kali Anda akan delete akun tersebut. Hal itu wajib dilakukan untuk mengurangi tingkat kejahatan dalam penjualan smatphone hasil curian ke pasar.

Apabila Anda sudah tahu siapa pemilik smatphone tersebut sebelumnya, maka Anda tinggal meminta saja apa passwordnya. Jika tidak maka Anda bisa saja mengajukan klaim refund karena tak bisa mengakses kata sandinya. Setelah mengetahui password yang akan digunakan, maka lanjutkan tutorialnya ke tahap selanjutnya.

Buka pengaturan atau settings dan pilih bagian atas dimana ada foto dan nama Anda. Untuk iOS versi lama, gunakan saja pilihan iCloud. Klik Sign Out dan pilih Detele from My iPhone. Setelah itu Anda bisa memasukkan ID Apple dan password lama tadi dan pilih Sign Out.

Sebelumnya Anda bisa memutuskan untuk menyimpan copian data iCloud seperti kontak, safari, pengingat, ataupun kalender. Jika sudah maka klik Sign In dan masukanlah password dan ID Apple Anda. Selesai.


Baca juga:

Cara mengganti iCloud iPhone dengan mudah


Itulah tadi sekilas tips cara mengganti ID Apple yang sudah ada. Semoga bisa berguna dalam membantu Anda. (gk)


Baca Juga