Skip to main content

Info tentang Cara Melihat dan Mengetahui Berapa Lama Pemakaian iPhone dan Fitur yang Tersedia

iOSpedia.net - Bagi para pengguna iPhone, terkadang memang perlu untuk mengecek Cara Melihat dan Mengetahui Berapa Lama Pemakaian iPhone. Tak hanya bagi para pengguna iPhone dan perangkat dari Apple lainnya, para pengguna gawai berbasis Android pun barangkali juga perlu untuk melihat informasi durasi penggunaan ini.

Terkait dengan ini, sebenarnya ini bukanlah suatu hal yang terlalu sulit untuk dilakukan. Apple telah menyediakan fitur untuk ini dan beberapa fitur lainnya untuk mengamati dan bahkan mengelola durasi penggunaan iPhone.


berapa lama pemakaian iphone second sebelum dibeli harus mengetahui
Cara mengetahui lama pemakaian iPhone


Informasi tentang Cara Melihat dan Mengetahui Berapa Lama Pemakaian iPhone

Terkadang orang memang merasa perlu untuk mengetahui dan melihat durasi penggunaan suatu gawai. Hal ini diperlukan untuk melihat efektivitas penggunaan waktu. Beberapa orang terkadang menghabiskan waktu terlalu banyak pada gawai mereka tanpa memperhatikan hal lainnya dan bahkan ini membuat orang menjadi tidak produktif. Untuk itu memang perlu suatu cara untuk melihat lama pemakaian iPhone tersebut.


1. Masuk ke pengaturan

Cara Melihat dan Mengetahui Berapa Lama Pemakaian iPhone yang pertama adalah masuk ke Pengaturan. Ini adalah bagian dari iPhone yang menjadi pusat pengaturan berbagai macam hal yang ada di dalam gawai. Selain itu, di dalam Pengaturan, seorang pengguna bisa mengamati dan memantau berbagai aktivitas yang ada, mulai dari kapasitas perangkat, aplikasi, dan hal lainnya.

Terkait dengan cara mengamati dan melihat durasi penggunaan iPhone, telah ada fitur Durasi Layar. Di dalam fitur inilah nantinya informasi yang diperlukan bisa didapatkan.

Pada awalnya, fitur ini masih dalam keadaan tidak aktif. Untuk itu, fitur ini perlu diaktifkan atau dinyalakan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah data durasi penggunaan gawai bisa diperoleh.


2. Melihat info dalam Durasi Layar

Begitu sudah diaktifkan, maka pengguna nantinya akan bisa memantau info penggunaan gawai tersebut. Untuk melihat durasi penggunaan secara umum, telah tersedia data serta neraca yang menunjukkan durasi penggunaan dalam hitungan jam dan menit.

Tak hanya itu saja, bahkan tersedia juga data lengkap terkait dengan kategori penggunaan gawai tersebut. Misalkan saja, ada pembagian seperti Jejaring Sosial, Hiburan, serta Produktivitas. Ini adalah tiga kategori utama dan info tentang prosentasenya sudah ada di sana.

Selain itu, tersedia juga akses untuk melihat jangkauan penggunaan dengan rentang yang lebih lama. Secara otomatis, memang layar akan menampilkan durasi penggunaan dalam sehari dan ini terhitung dari tengah lama. Pengguna gawai juga ternyata bisa mengecek durasi penggunaan selama satu minggu. Info ini tentu akan sangat berguna untuk melihat kecenderungan penggunaan gawai iPhone tersebut.

Secara spesifik, data penggunaan aplikasi pun bisa dilihat. Ini akan sangat berguna bagi yang memang ingin melihat laporan penggunaan secara rinci. Bahkan, Apple juga memungkinkan penggunanya untuk mengecek gawai yang dimiliki anggota keluarganya, misalkan anak. Dengan demikian, memonitor penggunaan gawai anak akan lebih mudah.


3. Mengatur batasan

Selain untuk melihat durasi tersebut, ada juga fitur untuk mengatur batasan penggunaan aplikasi atau kategori aplikasi tertentu. Ini akan sangat berguna bagi pengguna yang memang sudah dirasa terlalu lama membuang waktu dengan gawainya.

Salah satu yang bisa diatur adalah tentang Waktu Henti. Ini adalah pengaturan untuk semacam istirahat. Ketika fitur ini diaktifkan pada durasi tertentu, hanya beberapa aplikasi yang diijinkan saja yang bisa berjalan dan digunakan, sehingga terkadang orang lebih bisa fokus atau beristirahat.

Ada juga batas App. Untuk ini, fitur secara khusus menerapkan batasan pada aplikasi tertentu dan hitungan batasannya adalah dalam satuan hari. Dengan demikian, batasan akan berakhir di tengah malam saat pergantian hari.


Baca juga:

Berapa lama daya tahan pemakaian baterai iPhone?



Itulah beberapa informasi tentang cara mengecek durasi penggunaan gawai pada iPhone.

Ternyata gawai ini tidak sekedar menyediakan data yang lengkap, tapi beberapa fitur tambahan untuk mengelola aplikasi dan mengefektifkan penggunaan waktu.

Hal ini tentunya sangat berguna bagi mereka yang ingin mencari tahu Cara Melihat dan Mengetahui Berapa Lama Pemakaian iPhone agar lebih bisa produktif dengan gawainya. (gk)


Baca Juga