Skip to main content

Review Flexible Dock Charger (Lubang Charger) iPhone 5 Seharga Rp 28.000

iOSpedia.net - Yang namanya komponen elektronik, tak terkecuali komponen iPhone tentu memiliki masa pakai. Hal itu juga berlaku pada salah satu bagian iPhone, yakni lubang charger (flexible dock charger) yang sewaktu-waktu akan mengalami kerusakan.

Beberapa waktu yang lalu saya mengalami hal tersebut, di mana lubang charger iPhone 5 saya tidak berfungsi sama sekali.

Awalnya saya mengira kerusakan ada pada kabel charger, namun setelah dicoba dengan kabel charger lain -- hasilnya tetap sama. Alhasil, disimpulkan kerusakan terjadi pada lubang charger iPhone 5 tersebut.


Seiring waktu berjalan, saya pun memutuskan untuk membeli flexible dock charger di salah satu marketplace terbesar di Indonesia, dan harganya sangat murah -- yakni cuma Rp 28.000,-.

Lantas, seperti apakah review kualitas dari flexible dock charger "murah-meriah" tersebut?


review kualitas fleksibel dock charger lubang charger iphone 5 shopee
Review flexible dock charger (lubang charger) iPhone 5 yang saya beli di Shopee

Tempat beli

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, tempat saya membeli flexible dock charger iPhone 5 tersebut adalah di salah satu situs marketplace terbesar di Indonesia. Dan situs yang dimaksud adalah Shopee. Adapun nama seller yang menjual spare part iPhone tersebut adalah qwertypart.

Saya memutuskan membeli flexible dock charger iPhone 5 di seller tersebut disebabkan karena 3 pertimbangan, yakni:

1. Harganya yang sangat murah
2. Penjualan yang terjadi pada produk tersebut sudah cukup banyak
3. Penilaian (review bintang) pada produk tersebut cukup bagus, yakni: 4,7/5.


Harga dan biaya pemasangan

Sebelum browsing di situs marketplace, saya sempat mencoba mencari jasa perbaikan dock charger iPhone (sparepart disediakan si penyedia jasa) di kota saya. Setelah saya temukan, ternyata harga produk + jasa pemasangannya sangat mahal, yakni Rp 225.000.


Maka dari itu, saya pun memutuskan untuk membeli sparepartnya saja di Shopee, dan saya memutukan membeli di qwertypart. Untuk pemasangannya, saya mencari di dekat rumah saya -- dan ternyata biaya pemasangannya cuma Rp 50.000.

Kalau ditotal, biaya yang saya keluarkan adalah: Rp 28.000 (harga produk) + Rp 33.000 (ongkir) + Rp 50.000 (jasa pemasangan) = Rp 111.000.

Tentunya biaya di atas jauh lebih murah dari biaya di tempat servis yang sebelumnya saya tanyakan Rp 225.000 (produk + jasa pemasangan).

Dan saya bisa menghemat sebesar: Rp 225.000 - Rp 111.000 = Rp 114.000. Hemat lebih dari separunya, hehehe...


Fungsi

Setelah slot dock charger sampai di rumah saya, malamnya saya pun menuju ke tempat pemasangan sparepart tersebut. iPhone 5 saya pun harus "bermalam" selama 2 hari untuk menjalani proses perbaikan di tempat servis tersebut.

Setelah dengan sabar menunggu 2 x 24 jam, saya pun segera "menjemput" iPhone 5 saya yang sudah memiliki lubang charger baru. Saya tanya ke tukang service mengenai flexible dock charger tersebut apakah berfungsi dengan baik atau tidak, beliau menjawab berfungsi dengan baik.

Sepulangnya ke rumah, saya pun mencoba nge-charge iPhone tersebut menggunakan charger milik saya, dan ternyata tidak berfungsi. Tanpa berfikir panjang, saya pun bergegas ke tempat servis tersebut.

Saya mencoba komplain ke tukang servis -- namun setelah dicoba ke charger milik beliau, charger berfungsi dengan baik.

Saya pun menyimpulkan kalau kabel charger milik saya-lah yang rusak, soalnya di tempat tukang servis iPhone tersebut bisa di-charge.


Kekurangan

Saya pun memutuskan untuk pergi ke tempat penjualan aksesoris iPhone di dekat tempat tinggal saya untuk membeli kabel charger yang baru.


Dan ternyata, setelah dicoba berbagai merek kabel charger -- iPhone saya tetap tidak bisa dicharge. Saya pun bingung bukan kepalang, charger di rumah saya tak berfungsi, charger di toko tak berfungsi, hanya charger di tempat servis yang berfungsi.

"Haruskah saya membeli kabel charger ori (asli) yang harganya cukup mahal?" Pikir saya kala itu.

Saya pun memutuskan untuk pergi ke toko aksesoris yang lain, yang letaknya lebih jauh dari rumah saya. Kemudian saya coba satu-persatu merk kabel charger yang ada di sana untuk di-charge-kan ke iPhone 5 saya.

Dan ternyata...........

Ada 1 merk kabel charger yang cocok dengan lubang charger iPhone 5 saya.

Dan kabel charger yang dimaksud adalah kabel charger iPhone 5 dengan merk Wellcom.





Saya pun bersyukur tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli kabel charger iPhone 5 yang asli (yang harganya berkisar antara 150.000 hingga 200.000).

Dan harga kabel charger iPhone 5 merk Wellcom tersebut dijual Rp 30.000 di toko tersebut.

Mungkin kalau saya membelinya di situs marketplace bisa jauh lebih murah lagi.

Namun, karena saya dalam kondisi "kepepet" saya pun membeli di toko offline saja biar kabel tersebut bisa langsung dipakai tanpa harus menunggu proses pengiriman.


Baca juga:

Review LCD iPhone 5 grade OEM yang saya beli di Tokopedia, murah tapi memuaskan


Ada harga ada kualitas. Begitulah kira-kira kesimpulan yang bisa saya ambil dari review flexible dock charger (lubang charger) iPhone 5 yang saya beli seharga Rp 28.000 di Shopee.

Namun secara keseluruhan, menurut saya kekurangan tersebut sudah teratasi -- dalam artian saya bisa menggunakan kabel charger murah dengan merk Wellcom yang bisa "dipasangkan" dengan dock charger tersebut.

Jadinya saya tak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk membeli kabel charger original.

Ingat, jika anda membeli flexible dock charger di seller yang sama dengan saya, jangan kaget kalau dock tersebut tak berfungsi pada kabel charger milik anda. Cobalah dengan kabel charger merk Wellcom, saya jamin pasti berfungsi.


Demikian tulisan saya mengenai review flexible dock charger iPhone 5 yang saya beli dengan harga Rp 28.000. Semoga pengalaman yang saya alami di atas bermanfaat untuk anda!


(Ditulis oleh Fahrurraji, kontributor tetap di situs iOSpedia.net)


Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]