Skip to main content

Berbagai Penyebab Baterai iPhone Jadi Boros/Jebol Dan Cepat Habis Serta Cara Mengatasinya

iOSpedia.net - Seperti yang sudah banyak orang ketahui, iPhone merupakan salah satu merk ponsel yang paling populer di Indonesia.

Dengan harganya yang relatif mahal, tak jarang banyak orang yang menggunakannya untuk menaikkan pamor atau prestis. Namun, seperti kebanyakan gadget, ponsel inipun tak lepas dari masalah, salah satunya yakni baterai yang cepat habis.

Berkaitan dengan hal tersebut, ada berbagai penyebab baterai iPhone jadi boros/jebol dan cepat habis yang harus diketahui.


penyebab baterai iphone jadi boros jebol cepat habis dan solusinya
Penyebab baterai iPhone jadi boros / jebol


Beberapa Penyebab Baterai iPhone Boros dan Bagaimana Mengatasinya


1. Udara dingin

Udara dingin merupakan musuh utama sebuah baterai. Baterai yang sedang dicas dalam udara yang dingin maupun ketika Anda menggunakan ponsel iPhone dalam udara yang dingin berpotensi untuk menurunkan kinerja baterai sekaligus membuatnya cepat sekali habis.

Meskipun udara yang panas bisa juga menyebabkan kerusakan pada kinerja dan masa pakai baterai, tidak ada yang mampu merusak baterai seperti udara dingin. Suhu kamar antara 20°C merupakan suhu yang paling tepat untuk mengecas peralatan elektronik.

Bagaimanapun juga kita tinggal di daerah yang berbeda-beda suhu udaranya, maka suhu yang tepat digunakan untuk menjaga kualitas baterai ialah sekitar 40°C. Hindari mengecas baterai ketika suhu udara mencapai 0°C karena hal ini akan merusak baterai secara permanen.


2. Kecerahan layar

Ada berbagai penyebab baterai iPhone jadi boros/jebol dan cepat habis salah satu hal yang mungkin belum ada ketahui bahwa kecerahan layar yang juga ikut mempengaruhi daya tahan baterai. Jika layar iPhone sangat terang dan apabila Anda juga mengaktifkaan lampu latar, hal ini akan menguras habis baterai. Apalagi jika Anda menggunakan iPhone secara terus menerus.

Untuk mengantisipasinya, Anda bisa mengurangi tingkat kecerahan layar Anda secara manual atau otomatis. Selain untuk menjaga kesehatan mata Anda, paparan cahaya layar yang tidak terlalu terang juga bisa menghemat daya baterai iPhone Anda.


3. Cakupan sinyal yang buruk

Cakupan sinyal yang buruk ternyata juga mempengaruhi daya baterai ponsel. Sinyal yang buruk akan memaksa ponsel sekaligus baterai untuk bekerja lebih keras untuk mencari sinyal yang bagus.

Untuk mengatasi hal ini, usahakan untuk selalu menggunakan ponsel di tempat dimana sinyal dapat terjangkau dengan baik. Atau, Anda bisa mengaktifkan mode pesawat ketika Anda sedang berada di tempat yang tidak terjangkau oleh sinyal telepon. Mode pesawat juga sangat berguna untuk menghemat daya baterai ketika tidak sedang digunakan.


4. Aplikasi jahat

Dalam AppleStore ada berbagai jenis aplikasi yang dapat diunduh. Akan tetapi Anda juga harus waspada jikalau ada aplikasi jahat yang mengintai.

Aplikasi dikatakan jahat apabila dalam aplikasi tersebut ada banyak sekali bugs yang bisa mengakibatkan borosnya baterai ponsel iPhone Anda. Bugs memaksa ponsel Anda untuk terus menerus berada dalam aplikasi.


5. Banyaknya pemberitahuan yang muncul dalam layar

Banyaknya aplikasi yang Anda buka bahkan aplikasi yang disertai dengan pemberitahuan tentu akan menguras habis baterai ponsel bahkan ketika ponsel sedang terkunci. Pemberitahuan yang muncul membuat ponsel untuk hidup kembali yang tentu saja akan mengurangi daya baterai.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mematikan fitur notifikasi atau pemberitahuan pada aplikasi yang telah Anda buka. Anda juga harus memastikan untuk menutup aplikasi yang sudah tidak diperlukan untuk menghemat daya baterai.


Baca juga:

20++ Cara menghemat baterai iPhone agar awet dan tak cepat habis



Dengan mengetahui berbagai penyebab baterai iPhone jadi boros/jebol dan cepat habis, mulai dari sekarang Anda bisa menghemat baterai dengan menggunakan cara-cara diatas agar baterai bisa tahan lama. (gk)


Baca Juga