Skip to main content

Cara Agar iPhone Bisa Dijadikan Kamera CCTV Menggunakan Aplikasi Gratis

iOSpedia.net - Pernahkah anda terpikir untuk menjadikan iPhone anda sebagai kamera CCTV?

Apakah hal itu terdengar mustahil?

Di era teknologi yang semakin maju seperti sekarang, apapun bisa dilakukan. Hal itu juga berlaku jika anda ingin menjadikan kamera iPhone anda sebagai kamera CCTV.

Nantinya, hasil kamera tersebut bisa dipantau oleh smartphone lain -- atau bahkan bisa dipantau via PC / laptop.

Lalu, bagaimana cara menjadikan iPhone sebagai kamera CCTV, dan hanya bermodalkan aplikasi gratis (alias tak berbayar)?


cara agar iphone bisa dijadikan kamera cctv dengan aplikasi gratis alfred
Aplikasi gratis untuk membuat iPhone menjadi kamera CCTV


Cara membuat iPhone menjadi kamera CCTV

Daripada membeli kamera CCTV dan tentunya harus membeli sepaket bersama perangkat dvrnya, kenapa anda tidak memanfaatkan smartphone yang anda miliki untuk dijadikan kamera pengawas / CCTV?

Caranya pun cukup simpel, anda hanya tinggal menginstall aplikasi gratis di 2 smartphone, yang mana 1 smartphone untuk kamera pengawas, dan smartphone yang satunya untuk memonitor kamera tersebut.

Namun, patut anda perhatikan jika anda ingin menjadikan HP anda sebagai kamera CCTV, usahakan gunakan handphone yang lama atau jarang dipakai -- ketimbang HP yang sering anda gunakan. Hal itu dikarenakan, hp tersebut harus stand by di ruangan sebagai kamera -- dan tak bisa anda pergunakan untuk keperluan sehari-hari.

Adapun cara untuk merubah handphone anda menjadi kamera CCTV adalah, pertama-tama silahkan install aplikasi bernama Home Security Camera - Alfred. Anda bisa menemukannya di Play Store (bagi pengguna Android) ataupun di App Store (bagi pengguna iPhone dan iPad).

Jangan lupa, install aplikasi kamera CCTV gratis tersebut di 2 HP, 1 untuk dijadikan kamera CCTV, dan satunya lagi untuk melihat hasil kamera CCTV tersebut.

Nantinya jika aplikasi sudah terinstall, buka aplikasi tersebut di 2 smartphone anda. Di smartphone yang pertama silahkan pilih tulisan "camera", dan di smartphone kedua silahkan pilih tulisan "viewer".


Cara kerja aplikasi "Home Security Camera - Alfred"




Lantas, bagaimana cara kerja aplikasi kamera CCTV gratis untuk iPhone ini?

1. Pertama-tama, silahkan sign up menggunakan akun gmail yang anda miliki dan masih aktif. Nantinya akun gmail ini akan dijadikan user anda -- baik di HP yang pertama maupun di HP yang kedua.

2. Silahkan login menggunakan akun gmail yang tadi anda daftarkan, dan login di kedua HP yang sudah terinstall aplikasi CCTV tersebut.

3. Silahkan jadikan HP pertama sebagai "camera" dan taruh di suatu tempat, kemudian jadikan HP kedua sebagai "viewer" untuk melihat tampilan yang ditangkap oleh HP yang pertama.

4. Pada HP kedua, pilih gambar yang ada nama HP anda yang pertama, kemudian lihat tampilan yang dihasilkan pada HP pertama tersebut.

5. Done! Sekarang handphone anda sudah menjadi kamera CCTV, cukup dengan aplikasi gratisan.


Baca juga:

Penyebab baterai iPhone cepat habis, dan cara untuk mengatasinya


Itulah dia tutorial cara menjadikan kamera iPhone (dan smarthone lainnya) sebagai kamera CCTV, yakni menggunakan aplikasi gratis bernama Home Security Camera - Alfred.

Sebagai tambahan, untuk menggunakan aplikasi ini -- diperlukan koneksi internet yang cukup bagus -- agar hasil kamera CCTV bisa dimonitor dengan baik.

Jika koneksi internet anda lelet, maka tampilan kamera di HP kedua (viewer) akan tersendat-sendat.

Semoga bermanfaat! (af)


Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]