Skip to main content

Tutorial Cara Menjadikan iPhone Sebagai Remote AC di Rumah Ataupun Kantor Anda

iOSpedia.net - Setelah sebelumnya mengulas tentang cara menjadikan iPhone sebagai remote TV, kali ini akan kami paparkan "fungsi" lainnya dari iPhone, yakni sebagai remote AC.

Lantas, bagaimana cara menjadikan iPhone sebagai remote control AC di rumah anda?

Berikut ini tutorialnya!


tutorial cara menggunakan iphone sebagai remote ac di rumah
Tampilan website iRule



Apakah iPhone bisa dijadikan remote AC?

Sulit sekali menjawab pertanyaan tersebut, bahkan di Google pun kami belum menemukan jawaban "berbahasa Indonesia" yang memuaskan untuk menjawab pertanyaan di atas.

Beruntungnya, ada beberapa situs berbahasa Inggris berupa forum diskusi yang mengulas tentang cara menjadikan iPhone sebagai remote AC.

Berikut ini akan kami coba uraikan kembali informasi berbahasa Inggris yang kami dapatkan dalam bahasa Indonesia.


"Bagaimana cara menjadikan iPhone sebagai remote AC?"

Salah satu user forum pun menjawab pertanyaan di atas:

"Anda bisa menggunakan aplikasi, misalnya iRule -- atau aplikasi dengan fungsi sejenis. Sayangnya anda harus membeli perangkat keras (hardware) tambahan -- semacam "plugin" yang disematkan ke iPhone anda. Adapun fungsi perangkat tersebut adalah sebagai output infra merah / IR (infra red), lantaran iPhone tidak memiliki output infra merah. Hardware yang dimaksud bisa anda temukan di situs-situs seperti Amazon, eBay, ataupun situs lainnya."


Jawaban lainnya:

"Seandainya anda menggunakan iRule, anda perlu membeli perangkat lain yang membuatnya berfungsi untuk AC anda. Saat ini saya menggunakan menggunakan iRule untuk home theater, lampu, A / C (Ecobee 3), dan TV."

"Jika AC anda tidak memiliki saluran wifi untuk terhubung ke internet, mungkin anda memerlukan sesuatu seperti Weaselboy -- yang bisa digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal IR."

"Dengan gadget ini, iPhone Anda (atau ponsel Android) akan menjadi pengendali jarak jauh IR universal. Jadi Anda dapat menggunakannya untuk mengontrol tidak hanya AC, tetapi juga TV, pemutar DVD, dan peralatan lain yang menggunakan remote IR."

"Anda bisa menggunakan pengendali jarak jauh Infra Red, yang dikombinasikan dengan aplikasi universal remote gratis. Dengan aplikasi tersebut, anda bisa mengontrol berbagai macam peralatan rumah tangga, seperti pendingin ruangan, TV, dll. Beberapa orang mungkin mengeluhkan pengontrol yang tidak berfungsi, tetapi dengan aksesori tambahan yang mungil dan berbiaya rendah ini, pasti tak ada masalah:




Kesimpulan

Dari berbagai info yang kami dapat di atas, dapat disimpulkan bahwa cara menjadikan iPhone sebagai remote AC -- bisa anda wujudkan dengan menggunakan iRule.

Kami pun mencari info lebih lanjut mengenai iRule melalui website resminya.

Untuk bisa menggunakan iRule, berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan.


1. Desain "remote digital" anda di iRule builder

iRule Builder bukanlah aplikasi, melainkan sebuah situs berbasis web yang bisa anda gunakan untuk membuat dan mengedit antarmuka "remote digital" anda. Yang anda perlukan adalah pc / laptop dengan browser web, dan anda tidak memerlukan software untuk diinstal.

Anda akan dituntun untuk melakukan proses perancangan remote anda, seperti penempatan tombol navigasi beserta fungsinya. Kemudian beritahu iRule Builder mengenai handset apa yang anda gunakan, peralatan apa yang dikendalikan oleh remote anda, perangkat apa ang diperlukan untuk aktivitas itu, serta perangkat mana yang akan mengontrol volume dan input. Selanjutnya wizard akan melakukan sebagian pekerjaan tersebut untuk anda.

Proses perancangan antarmuka remote tersebut menggunakan metode drag-and-drop, sehingga mudah sekali untuk menyesuaikan tombol-tombol dan fungsi remote tersebut.

Sebagai tambahan, iRule Builder berbasis cloud, jadinya anda bisa mengonfigurasi "remote digital" tersebut dari manapun, seperti dari rumah, kantor, atau tempat lainnya.


2. Sinkronkan "remote digital" anda ke perangkat anda

Setelah "remote digital" anda buat, selanjutnya sinkronkan remote tersebut ke perangkat anda -- yang dalam hal ini adalah iPhone. Silahkan instal aplikasi iRule ke iPhone anda, yang bisa anda temukan di App Store.

Setelah App iRule terinstal di iPhone anda, silahkan masukan username dan password anda -- kemudian sinkronkan untuk mengunduh antarmuka "remote digital" yang sudah anda rancang di iRule Builder.

Selanjutnya, anda akan membuat gateway dan menetapkan perangkat ke mereka -- sehingga aplikasi iRule tahu cara menghubungkan ke perangkat Anda. Gateway Configurator akan secara otomatis menemukan dan membuat beberapa gateway, dan akan membantu Anda membuat sisanya.


3. Gunakan iRule untuk mengontrol semua peralatan rumah tangga anda

Setelah sinkronisasi sukses dilakukan, kini anda sudah bisa menggunakan "remote digital" melalui iPhone anda.

Sifat remote ini universal, yakni bisa digunakan untuk mengontrol berbagai peralatan di rumah anda, seperti TV, sound system, lampu, perapian, bahkan pendingin ruangan.

Untuk tampilan antarmuka remote, sudah anda rancang sesuai keinginan anda sendiri -- yang menurut anda paling mudah digunakan.


Jika anda tertarik menggunakan iRule, maka anda perlu merogoh kocek -- karena layanan ini sifatnya berbayar. Untuk melihat daftar biayanya, silahkan lihat >> http://getirule.com/features/builder-software/.

Jika anda sudah memahami dan setuju dengan biaya tersebut, silahkan untuk mulai merancang "remote digital" anda di >> http://builder.iruleathome.com/intro.html.


Baca juga:

Trik agar iPhone bisa dijadikan kamera pengawas CCTV menggunakan aplikasi gratisan


Itulah dia pemaparan tentang tutorial cara menjadikan iPhone sebagai remote AC -- yang ternyata bukanlah sesuatu yang mustahil.

Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba! (fa)


Baca Juga