Skip to main content

Tutorial Cara iPhone Masuk ke Recovery Mode, Berguna Saat Mengatasi Error

iOSpedia.net - iPhone dan perangkat besutan Apple lainnya sangat jarang mengalami hang atau error. Hal itu dikarenakan sistem iOS yang mumpuni, serta closed OS (bukan sistem operasi terbuka seperti Android) -- memungkinkan iPhone, iPad, dan iPod Touch jauh dari error software dikarenakan virus atau sebab lainnya.

Meskipun jarang mengalami error, bukan berarti iPhone tidak bisa rusak. Perangkat ciptaan Steve Jobs itu juga berpotensi mengalami kerusakan sistem, meski potensi kerusakannya tak besar.

Namun jika hal itu benar-benar terjadi, maka iPhone harus segera diperbaiki.

Adapun salah satu cara mengatasi iPhone yang error adalah dengan masuk ke recovery mode.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara agar iPhone bisa masuk ke recovery mode?

Sekiranya artikel kali ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan di atas!


bagaimana cara setting iphone agar bisa masuk ke recovery mode
Cara agar iPhone bisa masuk recovery mode


Apa itu recovery mode?

Recovery mode adalah semacam mode "penyembuhan" tatkala iPhone mengalami suatu masalah yang serius. Masalah yang dimaksud adalah ketika iPhone mengalami bootloop atau tidak bisa menyala atau malah iPhone stuck di logo Apple saja.

Jika hal di atas benar-benar terjadi pada iPhone anda, maka permasalahannya ada pada software -- dan ada satu cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaikinya.

Adapun cara yang dimaksud adalah dengan recovery mode iPhone, yang mana anda bisa menyalakan iPhone untuk kemudian melakukan restore ke iTunes di Mac atau PC Windows.


Cara agar iPhone bisa masuk ke recovery mode

Apabila ada saat di mana iPhone anda mengalami error yang cukup serius, anda bisa coba mengatasinya dengan masuk ke recovery mode. Caranya sangat mudah, dan anda tak perlu mendownload software tambahan untuk melakukan proses ini.

1. Pertama-tama, matikan dulu iPhone anda, caranya dengan menahan tombol power selama 3 detik, kemudian swipe dari kiri ke kanan dan iPhone pun mati.

2. Selanjutnya, tahan tombol Home iPhone untuk menyalakan iPhone tersebut.

3. Tekan dan tahan terus tombol Home iPhone tersebut, sambil terus melakukannya -- silahkan buka aplikasi iTunes yang sudah diinstal di komputer, lalu sambungkan iPhone ke komputer tersebut. Komputer yang digunakan bisa PC, laptop, ataupun Mac.

4. Tunggu saja hingga tampilan logo iTunes muncul di iPhone anda, artinya iPhone anda sudah berada dalam recovery mode

5. Selanjutnya, aplikasi iTunes yang ada di komputer akan mendeteksi bahwa iPhone anda sudah tersambung dan dalam posisi recovery mode.

6. Lakukan restore iPhone melalui iTunes yang ada di komputer, dan pastikan kalau PC / laptop / Mac anda sudah terhubung dengan koneksi internet yang stabil, tunggulah hingga proses restore selesai dilakukan.

7. Jika berhasil, maka iPhone anda akan kembali seperti semula alias tidak error lagi.


Baca juga:

Berapa harga LCD iPhone asli (original) keluaran Apple? Ini daftar harganya!


Meskipun jarang terjadi, namun ada masa di mana iPhone mengalami rusak yang cukup parah, sehingga sistem operasinya tak berfungsi. Maka recovery mode adalah metode yang paling lazim digunakan untuk mengatasi error tersebut.

Maka dari itu, tak ada salahnya jika tutorial cara iPhone masuk ke recovery mode di atas bisa anda pahami, agar suatu saat anda sudah siap jika iPhone anda mengalami masalah serius.

Semoga bermanfaat! (fa)


Baca Juga