Skip to main content

Tutorial Cara Kalibrasi Baterai iPhone yang Baik dan Benar

iOSpedia.net - Salah satu cara membuat baterai smartphone agar awet (tidak cepat rusak) adalah dengan melakukan kalibrasi secara rutin. Hal itu juga berlaku dengan smartphone besutan Apple, yaitu iPhone.

iPhone sendiri dibekali dengan baterai jenis Litihium-ion yang kadang memerlukan proses kalibrasi. Untuk itu anda perlu tahu cara kalibrasi baterai iPhone yang baik dan benar, agar baterai iPhone anda tidak cepat drop.

Lantas, bagaimana caranya?

Simak tutorialnya berikut ini.


bagaimana cara kalibrasi baterai iphone agar awet dan tak cepat rusak
Tutorial cara kalibrasi baterai iPhone yang baik dan benar



Pengertian kalibrasi baterai

Apa itu kalibrasi baterai?

Sebelum membahas tentang cara kalibrasi baterai iPhone, ada baiknya agar memahami apa itu kalibrasi baterai.

Kalibrasi baterai adalah sebuah proses me'reborn' baterai agar menjadi seperti masih baru. Tujuannya, agar sistem operasi iPhone dapat membaca kapasitas baterai menjadi seperti seharusnya.

Proses kalibrasi biasanya dilakukan secara rutin, namun jaraknya tidak usah terlalu dekat. Bisa 3 atau 6 bulan sekali, atau setalah upgrade iOS, atau apabila ada sesuatu yang tidak beres dengan baterai anda (mengalami penurunan performa).


Tutorial kalibrasi baterai iPhone

Bagi anda yang ingin melakukan kalibrasi baterai iPhone anda, berikut ini langkah-langkah yang harus anda ikuti, yaitu:

1. Pertama-tama silahkan gunakan iPhone anda sampai baterainya habis dan mati secara otomatis.

2. Saat baterai iPhone sudah habis dan iPhone mati, jangan langsung dicolok ke charger. Biarkan baterai iPhone kosong selama minimal 2 jam. Tujuannya apa? Tujuannya agar memastikan bahwa semua energi listrik di baterai iPhone sudah habis dan baterai menjadi dingin.

3. Selanjutnya, hubungkan iPhone anda ke charger, isi baterai anda hingga 100%.

4. Selama proses pengisian, biarkan saja iPhone anda dan jangan dipergunakan. Satu jam setelah baterai full 100% baru anda boleh menggunakan iPhone anda.


Lantas, bagaimana cara mengecek sukses tidaknya proses kalibrasi baterai iPhone?

Secara default, iPhone tidak memiliki menu atau keterangan yang menunjukkan sukses tidaknya proses kalibrasi baterai yang sudah dilakukan. Untuk melakukan pengecekan, anda bisa mendownload aplikasi pihak ketiga di App Store, misalnya aplikasi Baterry Life atau aplikasi Coconut Battery.

Nantinya anda bisa cek sendiri tingkat keausan baterai anda apakah berkurang atau justru tidak berubah dari sebelum melakukan proses kalibrasi.

Jika setelah proses kalibrasi baterai iPhone di atas anda lakukan, namun ada hal aneh yang anda rasakan pada baterai anda, silahkan bawa iPhone anda ke Apple Store atau Apple Authorized Service terdekat di kota anda.


Baca juga:

20+ Cara menghemat baterai iPhone agar awet dipakai


Itulah dia pemaparan tentang tutorial cara kalibrasi baterai iPhone yang baik dan benar, agar baterai iPhone anda awet dan tidak cepat rusak.

Selamat mencoba! (fa)


(Sumber: Makemac.grid.id)


Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]