Skip to main content

Cara Mengatasi iPhone Lupa Kata Sandi

iOSpedia.net - Adalah hal yang sangat menyebalkan ketika iPhone yang anda miliki lupa password / kata sandinya.

Tentunya hal ini membuat anda kesulitan untuk bisa mengakses akun Apple anda, tidak bisa mendownload di App Store, tidak bisa reset iCloud anda (ketika mau menjual iPhone), dan kesulitan-kesulitan lainnya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi iPhone yang lupa kata sandinya?

Jawabannya bisa anda temukan di sini!


bagaimana cara mengatasi iphone yang lupa kata sandi passwordnya
iPhone anda lupa kata sandi / passwordnya?


Apa yang harus dilakukan ketika lupa kata sandi ID Apple?

Apabila anda sedang mengalami hal ini, dan anda kesulitan mengakses ID Apple anda, ikuti beberapa langkah di bawah ini guna mengatur ulang dan mendapatkan kembali akses ke akun anda.

Berikut ini langkah-langkahnya:


Mengatur ulang kata sandi

Untuk mengatur ulang kata sandi mungkin akan berbeda-beda, tergantung pada jenis keamanan yang anda gunakan untuk ID Apple anda.

Sebagai contoh, apabila anda diminta untuk konfirmasi nomor telepon, maka pilih langkah-langkah untuk autentikasi 2 faktor.


Akun dengan autentikasi dua faktor

Jika telah mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk ID Apple, Anda dapat mengatur ulang kata sandi dari iPhone, iPad, iPod touch, atau Mac tepercaya dengan kata sandi yang telah diaktifkan sebelumnya.

Pada iPhone, iPad, atau iPod touch
- Pastikan perangkat Anda menjalankan iOS 10 atau versi lebih baru.
- Buka Pengaturan.
- Ketuk [nama Anda] > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi, lalu ikuti langkah-langkah di layar untuk memperbarui kata sandi. Untuk iOS 10.2 atau versi lebih lama, ketuk iCloud > [nama Anda] > Kata Sandi & Keamanan > Ubah Kata Sandi, lalu ikuti langkah-langkah pada layar.
- Layar Kata Sandi & Keamanan iPhone menampilkan pengaktifan Autentikasi Dua Faktor
- Anda mungkin belum masuk ke iCloud. Buka Pengaturan, ketuk "Masuk ke [perangkat] Anda" > "Tidak memiliki ID Apple atau lupa", lalu ikuti langkah-langkah pada layar. Untuk iOS 10.2 atau versi lebih lama, ketuk iCloud > Lupa ID Apple atau Kata Sandi, lalu ikuti langkah-langkah di layar.

Pada Mac
- Buka menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik iCloud.
- Pilih Detail Akun
- Jika diminta untuk memasukkan kata sandi ID Apple, klik "Lupa ID Apple atau kata sandi", lalu ikuti petunjuk di layar. Anda dapat melewati langkah terakhir di bawah.
- Pilih Keamanan > Atur Ulang Kata Sandi. Agar dapat mengatur ulang kata sandi ID Apple, Anda harus memasukkan kata sandi yang digunakan untuk membuka Mac.
- Anda mungkin belum masuk ke iCloud. Buka menu Apple > Preferensi Sistem, lalu klik iCloud. Klik "Lupa ID Apple atau kata sandi", lalu ikuti langkah-langkah pada layar.


Menggunakan kunci pemulihan

Apabila sebelumnya anda telah memperbarui ID Apple dari verifikasi 2 langkah menjadi autentikasi 2 faktor di iOS 11 dan versi terbaru, atau pada macOS High Sierra dan versi lebih baru (dan anda sudah memiliki kunci pemulihan), maka anda bisa langsung menggunakan kunci pemulihan tersebut untuk reset password anda.

Seandainya anda tak bisa mengakses perangkat iOS anda, anda bisa meminjam perangkat iOS milik teman atau keluarga anda, lalu lakukan langkah-langkah di bawah ini:

- Buka app Cari iPhone Saya.
- Bila layar Masuk ditampilkan, pastikan bidang ID Apple kosong. Jika Anda melihat nama pengguna orang lain, hapus nama pengguna tersebut.
- Ketuk Lupa ID Apple atau Kata Sandi, lalu ikuti langkah-langkah di layar.
- Tidak dapat melihat layar Masuk? Ketuk Keluar. Setelah keluar, pastikan bidang ID Apple kosong.
- Setelah itu, ketuk Lupa ID Apple atau Kata Sandi, lalu ikuti langkah-langkah di layar.


ID Apple dengan atau tanpa pertanyaan keamanan

Jika anda membuat kata sandi dengan pengaturan keamanan di atas, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

- Buka halaman akun ID Apple, lalu klik "Lupa ID Apple atau kata sandi".
- Masukkan ID Apple Anda.
- Pilih pilihan untuk mengatur ulang kata sandi, kemudian pilih Lanjutkan.
- Pilih cara untuk mengatur ulang kata sandi:
- Jika Anda telah mengatur akun dengan pertanyaan keamanan, Anda dapat memilih "Jawab pertanyaan keamanan" dan ikuti sisa langkah-langkahnya.
- Untuk mendapatkan email, pilih "Dapatkan email". Untuk mengatur ulang kata sandi, gunakan email yang kami kirim ke alamat email utama atau pemulihan Anda.
- Jika diminta Kunci Pemulihan, gunakan langkah-langkah untuk autentikasi dua faktor atau verifikasi dua langkah sebagai gantinya.
- Layar ID Apple menampilkan Email Pengaturan Ulang Kata Sandi Terkirim

Jika anda sudah reset password ID Apple anda, selanjutnya anda diminta untuk login dengan password yang baru. Kemungkinan anda juga harus memperbarui kata sandi di Pengaturan perangkat iOS anda.


Akun dengan verifikasi dua langkah

Apabila sebelumnya anda sudah mengaktifkan verifikasi 2 langkah dan lupa kata sandi iPhone anda, silahkan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

- Buka halaman akun ID Apple, lalu klik "Lupa ID Apple atau kata sandi". Jika diminta mengonfirmasikan nomor telepon, gunakan langkah-langkah untuk autentikasi dua faktor.
- Masukan ID Apple, pilih pilihan untuk mengatur ulang kata sandi, lalu pilih Lanjutkan.
- Masukkan Kunci Pemulihan untuk verifikasi dua langkah.
- Pilih perangkat tepercaya. Pihak Apple akan mengirim kode verifikasi ke perangkat tersebut.
- Masukkan kode verifikasi.
- Buat kata sandi baru, lalu pilih Atur Ulang Kata Sandi.
- Setelah mengatur ulang kata sandi, Anda akan diminta masuk lagi dengan kata sandi baru. Anda juga mungkin harus memperbarui kata sandi dalam Pengaturan di perangkat Anda.

**NOTE: Jika Anda kehilangan Kunci Pemulihan atau akses ke perangkat tepercaya secara permanen, anda tidak dapat mengubah kata sandi.


Baca juga:

Cara menyalakan iPhone yang mati total dan tak bisa dicharge


Itulah dia penjelasan tentang cara mengatasi iPhone yang lupa kata sandi / password ID Apple dan tak bisa mengakses akun Apple.

Semoga bermanfaat, dan good luck! (fa)


Baca Juga