Skip to main content

Cara Mengatasi iPhone yang Jatuh ke Dalam Air dan Kemasukan Air

iOSpedia.net - iPhone masuk air. Bagi anda yang mengalami iPhone jatuh ke air dan kemasukan air -- kemudian mati total, jangan terburu-buru panik.

Setidaknya ada beberapa pertolongan pertama yang bisa anda lakukan jika iPhone anda kemasukan air, agar tidak "error permanen".

Lantas, bagaimanakah caranya?

Yuk simak cara mengatasi iPhone masuk air berikut ini!


bagaimana cara mengatasi iphone jatuh ke dalam air dan kemasukan air
Pertolongan pertama pada iPhone yang masuk air


Hal yang dilakukan saat iPhone kemasukan air

Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan pasca iPhone anda kemasukan air, diantaranya:


1. Lepas baterai dan SIM card pada iPhone anda

Hindari untuk langsung menyalakan iPhone anda pasca jatuh ke dalam air karena hal itu akan berakibat fatal, seperti korsleting. Yang harus anda lakukan adalah, lepaskan baterai dan SIM card pada iPhone anda dengan segera.

Kita semua pasti tahu, kalau air dan listrik yang bertemu akan menimbulkan korslet. Jadi jangan langsung menyalakan iPhone anda jika belum benar-benar kering.

Setelah baterai dan SIM card dilepas, segera lap dengan kain kering. Hindari menggoyang-goyangkan iPhone anda terlalu berlebihan karena bisa berakibat air menyebar ke komponen lainnya.


2. Lepas semua komponen iPhone

Tidak hanya baterai dan SIM card yang perlu diperhatikan, bisa saja air masuk melalui port-port yang ada di iPhone, seperti port USB, port charger, hingga lubang speaker.

Yang harus anda lakukan adalah, lepaskan semua sekrup yang ada pada casing dengan obeng kecil secara hati-hati.

Setelah itu bongkar komponen-komponen yang ada di iPhone, kemudian keringkan dengan cermat dan hati-hati, bisa dengan lap kecil atau dengan hair dryer (dari jarak 30 cm di atas iPhone).


3. Fokus pada LCD terlebih dahulu

LCD adalah bagian paling penting pada iPhone, jadi anda harus fokus pada komponen ini. Sifat LCD yang cepat rusak jika terkena air tentu harus anda sadari, jadi bersihkan bagian ini terlebih dahulu dibandingkan komponen yang lain.

Setelah LCD anda bersihkan dan keringkan, fokus selanjutnya adalah pada baterai. Keringkan baterai menggunakan kipas angin atau hair dryer. Tapi untuk hair dryer jangan terlalu dekat, karena udara panas yang dihasilkannya bisa berbahaya jika terlalu dekat dengan komponen iPhone anda.


4. Rendam ke dalam beras, agar benar-benar kering

Jika anda masih belum yakin, anda bisa mengeringkan komponen-komponen iPhone anda menggunakan beras.

Caranya, siapkan beras di dalam toples, kemudian "kubur" semua komponen iPhone tersebut di dalam beras tersebut. Tutup toples dengan rapat, dan biarkan semua komponen iPhone terkubur di dalam beras selama 5-10 jam (atau bahkan seharian).

Perlu anda ketahui, sifat beras -- selain bisa sebagai makanan pokok -- beras juga mampu menyerap embun dan air dengan baik. Tentu fungsi ini bisa anda manfaatkan untuk mengeringkan komponen-komponen iPhone anda pasca kemasukan air.

Sebagai tambahan, beras juga mengandung zat elektrostatis yang tentunya bisa menyerap kadar air dan mengurangi kelembaban dengan maksimal.


5. Pasang semua komponen, dan hidupkan iPhone anda

Jika semua pertolongan pertama pada iPhone kemasukan air di atas sudah anda lakukan, dan anda benar-benar yakin kalau semua komponennya sudah kering, silahkan pasang semua parts iPhone dan hidupkan kembali iPhone tersebut.

Pasang dengan cermat dan hati-hati agar tidak merusak komponen-komponen lainnya, setelah terpasang silahkan tutup casing-nya dan nyalakan kembali iPhone anda.

Jika iPhone anda menyala kembali, berarti anda cukup beruntung. Namun, jika iPhone tersebut tidak menyala, artinya anda belum beruntung. Solusinya, silahkan langsung pergi ke tempat service -- agar bisa dilakukan perbaikan lebih lanjut.


Baca juga:

Cara mengatasi iPhone yang lemot agar kembali lancar jaya


Itulah dia tutorial cara mengatasi iPhone yang jatuh ke dalam air dan kemasukan air. Perlu anda ketahui, jika anda tidak segera melakukan pertolongan pertama seperti mengeringkan semua komponennya, maka akibatnya akan fatal.

Jadi, sebelum iPhone anda rusak permanen, lakukanlah pertolongan pertama yang sudah dipaparkan di atas. Dengan langkah-langkah di atas, kemungkinan iPhone anda "sembuh total" tentu lebih besar. (fa)


Baca Juga