--> Skip to main content


Sedang Memilih Asuransi Perjalanan, Perhatikan 5 Hal Ini Dulu!

Bagi Anda yang akan bepergian atau sering melakukan perjalanan ke luar kota maupun luar pulau, membeli asuransi perjalanan domestik sangat direkomendasikan. Sebab adanya asuransi perjalanan akan membuat Anda lebih tenang dan aman selama bepergian karena asuransi dapat memberikan perlindungan dan pertanggungan apabila terjadi hal-hal tak terduga yang dapat mengakibatkan kerugian finansial.

Meski demikian, Anda juga perlu memilih produk asuransi perjalanan dengan cermat. Dengan begitu, Anda bisa benar-benar merasakan seluruh keuntungan atau manfaat dari asuransi yang Anda beli sebagai proteksi selama Anda bepergian.

Lantas, apa saja faktor penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi perjalanan dengan teliti dan cermat?

Simak panduannya berikut ini!



Pertanggungan yang Disediakan Asuransi

Cari tahu detail dari produk asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya terkait pertanggungan yang ditawarkan. Apabila ada yang belum Anda pahami atau ketahui, tanyakan secara langsung agar Anda mendapatkan informasi lebih lanjut. Di samping itu, perhatikan pula apakah produk asuransi tersebut merupakan asuransi perjalanan domestik (dalam negeri) atau internasional (luar negeri), asuransi untuk umrah atau haji, maupun asuransi untuk mahasiswa yang menempuh studi di luar negeri.


Durasi Perlindungan

Di samping mencari informasi tentang fitur atau pertanggungannya, cari tahu juga informasi berapa lama perlindungan diberikan oleh produk asuransi tersebut. Dengan begitu, Anda bisa pilih produk dengan durasi perlindungan yang sesuai dengan lama perjalanan Anda.


Cakupan Perlindungan yang Disediakan Asuransi

Satu hal lagi yang juga perlu Anda perhatikan dalam memilih asuransi perjalanan, yaitu cakupan perlindungan yang tersedia dalam produk asuransi yang akan Anda pilih. Sebagai contoh, misalnya Anda akan berwisata untuk melakukan aktivitas olahraga ekstrem. Dalam kasus ini, pastikan bahwa asuransi yang akan Anda pilih memang memberikan perlindungan dan pertanggungan untuk aktivitas tersebut agar Anda tidak salah pilih.


Premi

Harga atau premi yang dipatok untuk masing-masing produk asuransi tentu berbeda-beda, apalagi untuk produk dari perusahaan asuransi yang berbeda pula. Walaupun membeli asuransi perjalanan berarti menambah budget Anda, biasanya premi hanya sekian persen dari total biaya perjalanan Anda. Karena itu, hindari memilih produk asuransi hanya sebatas dari faktor harga karena Anda juga perlu mempertimbangkan apa saja fitur perlindungan, berapa lama perlindungan diberikan, serta cakupannya, seperti yang sudah dijelaskan di atas.


Proses Klaim Asuransi

Apapun jenis produk asuransi yang Anda beli, prosedur atau cara klaim asuransi juga wajib Anda ketahui. Hal ini akan sangat memudahkan Anda apabila sepanjang perjalanan atau selama bepergian Anda menghadapi situasi di mana Anda harus mengklaim asuransi sesegera mungkin. Oleh sebab itu, Anda juga bisa pertimbangkan pemilihan asuransi yang kantornya tersebar di berbagai kota di Indonesia untuk kemudahan proses klaim tersebut.


Itulah lima hal yang harus diperhatikan saat hendak memilih asuransi perjalanan. Teliti dan cek secara mendetail dulu, ya, agar tidak merugi di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

Baca Juga