--> Skip to main content
Daftar situs penyedia jasa unlock iCloud >>


Internet Lemot di Perangkat Sistem Operasi iOS, Apa Sebabnya?




Internet lemot menjadi masalah sejuta umat manusia yang kini hampir setiap aktivitasnya harus terhubung dan menggunakan internet. Masalah ini tidak mengenal sistem operasi yang kamu gunakan, tidak mengenal perangkat yang kamu gunakan. Setiap perangkat dan orang bisa mengalami masalah yang sama. Tentu saja, karena dapat ‘menyerang’ semua orang, banyak hal yang bisa jadi pemicunya.

Pada artikel ini secara khusus akan dibahas mengenai kendala internet lemot yang dialami oleh kamu yang menggunakan perangkat dengan lambang apel tergigit. Ya, perangkat seperti iPhone, MacBook, atau iPad kini banyak digunakan, dan tentu saja tak lepas dari permasalahan ini. Lalu pada perangkat tersebut, apa sebenarnya yang menjadi pemicu internet lemot? Apa yang harus dilakukan agar kecepatan bisa kembali normal?


Pastikan Penyedia Layanan Internet Normal



Salah satu penyebab utama internet lemot yang dialami semua orang, tak hanya kamu yang menggunakan perangkat dengan sistem operasi iOS, adalah kendala pada penyedia layanan internet yang kamu gunakan. Secanggih apapun perangkat yang kamu miliki, jika permasalahan terletak pada penyedia layanan internet, maka kamu hanya bisa gigit jari menikmati masalah ini.

Untuk mencegahnya sebenarnya tak sulit, kamu bisa memilih layanan penyedia internet yang berkualitas dan sudah terbukti. Kamu bisa dengan mudah mencari data dan rekomendasi untuk penyedia layanan internet di daerah tempat kamu tinggal, sehingga layanan internet terbaik bisa kamu dapatkan.


Untuk Kamu yang Menggunakan iOS

Setelah melakukan update pada sistem operasi yang biasanya berkala, apakah kamu pernah mengalami internet lemot yang tak tahu apa sebabnya? Salah satu penyebab internet lemot, atau bahkan mati total pada sistem operasi iOS adalah pengaturan koneksi yang otomatis disable tepat setelah update dilakukan.

Untuk mengatasinya cukup mudah. Kamu tinggal menyalakan koneksi data seluler melalui “Settings”, kemudian “Mobile”, kemudian “Cellular Data”, dan klik “Enable LTE”. Koneksi yang seharusnya terus menyala ini bisa saja otomatis ‘dimatikan’ oleh bug atau kesalahan pada sistem yang baru digunakan. Jika masih belum memberikan hasil, kamu bisa mematikan kembali jaringan LTE yang ada, kemudian menyalakannya kembali setelah menunggu beberapa menit.


Melakukan Restart Perangkat




Mungkin solusi yang satu ini sudah sering kamu gunakan, baik secara sadar maupun tidak. Ketika internet lemot dan koneksi menjadi buruk, kamu bisa melakukan restart perangkat yang digunakan. Perangkat yang di restart idealnya akan memiliki pengaturan awal standar yang direkomendasikan pada perangkat dan sistem operasi yang digunakan.

Jika diperlukan, kamu juga bisa melepas terlebih dahulu kartu SIM yang tertanam. Tunggu beberapa saat, kemudian pasang lagi kartu SIM yang kamu gunakan. Cara ini memang terbilang cukup tradisional, namun terbukti ampuh diaplikasikan pada berbagai perangkat yang memiliki sistem operasi iOS.


Reset pada Pengaturan Sambungan Internet

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi internet lemot di perangkat iOS yang kamu miliki adalah dengan melakukan reset pada bagian Network Settings. Pengaturan ulang ini akan membuat perangkat melakukan konfigurasi ulang pada pengaturan sambungan internet yang digunakan.

Perlu diingat bahwa pengaturan ulang akan dilakukan tidak hanya pada data seluler saja, namun juga pada semua sambungan yang ada di lingkup network seperti Wi-Fi, VPN, dan lain sebagainya. Jadi pastikan kamu benar-benar paham bahwa mungkin ada pengaturan yang hilang atau kembali ke pengaturan standar perangkat. Caranya mudah, tinggal masuk ke menu “Settings”, lalu masuk ke menu “General, Reset”, kemudian pilih “Reset Network Settings”.


Lakukan Update Firmware untuk Mengatasi Internet Lemot




Terakhir, dan mungkin jadi satu hal yang terlewatkan yang menyebabkan internet lemot pada perangkat iOS kamu, adalah firmware yang digunakan belum diperbarui. Update harus dilakukan secara rutin agar setiap perubahan yang diberikan oleh sistem bisa diikuti oleh perangkat yang kamu gunakan. Bagaimana caranya?

Kamu tinggal masuk ke menu “Settings”, kemudian “General”, kemudian “Software Update”. Kemudian kamu bisa melakukan pengunduhan dan instalasi firmware setelah selesai diunduh. Pada kebanyakan perangkat yang bermasalah, hal sederhana ini sering terlewatkan dan membuat aktivitas menjadi terhambat.

Memahami penyebab internet lemot merupakan satu langkah yang baik yang bisa kamu ambil agar bisa mencegah hal ini terjadi. Tentu mungkin masih banyak penyebab lain yang memicu terjadinya penurunan kecepatan internet. Namun secara umum, beberapa penyebab di atas bisa jadi masalah utamanya.

Internet lemot bisa melanda siapa saja yang menggunakan internet setiap hari. Salah satu cara yang direkomendasikan untuk mencegah dan mengatasi hal ini adalah memilih layanan penyedia internet terbaik. Biznet Home, dalam hal ini bisa menjadi solusi yang kamu cari. Pasang Wi-Fi dengan Biznet Home benar-benar dapat memberikan layanan koneksi internet terbaik. Satu potensi masalah bisa kamu kurangi dengan menggunakan layanan yang disediakan Biznet, sehingga kamu tak lagi perlu cemas pada kualitas koneksi internet yang disediakan.


Tags: Koneksi Internet, Koneksi Lambat, Percepat Koneksi, Cara Percepat Koneksi, Internet Cepat, Internet Lemot, Layanan Internet, Paket Internet, Percepat Internet, Koneksi Lancar, Koneksi Stabil, Internet murah, Internet cepat, Internet unlimited, Sinyal WiFi, Sinyal iOS, WiFi Murah, Kecepatan Internet, Internet Lemot, Perangkat iOS

Baca Juga