--> Skip to main content


Wajib DIkunjungi, 5 Wisata Alam Anti Mainstream di Medan

Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, setelah Jakarta dan Surabaya, Medan memiliki daya pikat tersendiri sebagai destinasi wisata. Memang, daerah ini lebih populer sebagai tempat transit untuk berkunjung ke danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba. Namun lebih dari itu, Medan dan daerah sekitarnya menawarkan pesona alam lain yang tak kalah mengundang decak kagum. Penasaran untuk tahu lebih banyak wisata alam lain yang masih perawan? Inilah 5 tempat wisata alam di Medan yang harus masuk dalam bucket list selama liburan.


Source: indonesia.travel


Bukit Paropo Silalahi

Alamat: Desa Silalahi I, Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara

Source: pariwisatasumut.net


Berada di tepian Danau Toba, Bukit Paropo Silalahi menawarkan panorama khas ala pantai. Sekilas, bukit ini tampak seperti Pulau Padar di kawasan Labuan Bajo. “Pantai” Bukit Paropo Silalahi siap memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung. Pertemuan sempurna antara pegunungan hijau yang membentang hingga 28 kilometer dan kejernihan air Danau Toba merupakan pesona tiada tara. Tak heran, spot wisata alam di Medan ini kerap menjadi destinasi bagi pencinta alam untuk berkemah.


Bukit Indah Simarjarunjung

Alamat: Jl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara 

Bagi yang senang dengan spot-spot instagramable yang berpadu apik dengan keindahan panorama alam, Bukit Indah Simarjarunjung adalah pilihan tepat. Wisata alam di Medan ini mirip seperti tempat wisata hits di Jogja, yaitu Kalibiru. Saat berada di Bukit Indah Simarjarunjung, jangan lewatkan untuk mengabadikan momen di pelataran menara pemandangan di antara pepohonan hijau. Jika tak begitu suka berfoto ria, maka cukup pandangi pemandangan Danau Toba dari atas bukit. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada saat sunrise atau sunset karena keindahan bukit ini benar-benar terpancar maksimal. 


Arung Jeram Sungai Wampu

Alamat: Desa Maryke, Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara

Ingin pengalaman wisata alam di Medan yang lebih menantang adrenalin? Cobalah untuk merasakan petualangan arung jeram di Sungai Wampu. Rute Arung Jeram Sungai Wampu pada umumnya berawal dari Desa Marike dan berakhir di Jembatan Bahorok. Selain arusnya yang akan memberikan kesan menegangkan, kamu akan tetap dimanjakan dengan pemandangan natural Taman Gunung Leuser yang pastinya menambah keseruan aktivitas anti mainstream ini. Untuk sekali melintasi rute arung jeram, biasanya waktu yang dibutuhkan adalah 5-6 jam. 


Kawah Putih Tinggi Raja

Alamat: Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara

Source: suara.com


Jika Bandung punya Kawah Putih Ciwidey, maka Medan tak ketinggalan dengan Kawah Putih Tinggi Raja. Kawah putih ini merupakan bukit kapur berwarna putih dengan danau berwarna biru kehijauan. Air danau bak kawah tersebut bersumber dari mata air panas yang berada di sekitar bukit. Berada di pelosok Kabupaten Simalungun, Kawah Putih Tinggi Raja menawarkan ketenangan paripurna dengan udara segar. Makanya, destinasi wisata ini pas dijadikan untuk melarikan diri dari kepenatan dan rutinitas menjemukan. 


Air terjun Dua Warna

Alamat: Desa Suka Makmur, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara

Source: travel.detik.com


Sesuai namanya, air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dengan adanya dua gradasi warna. Air terjun yang jatuh berwarna biru muda, sedangkan air di sisi bawahnya berwarna putih abu-abu. Wisata alam di Medan yang berada di kaki Gunung Sibayak ini pun terasa lebih hangat saat kamu menceburkan diri. Dengan air hangat yang mengandung belerang, berendam di air terjun ini dipercaya berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Meskipun akses untuk mencapai air terjun ini perlu usaha ekstra, tapi semuanya akan terbayar tuntas dengan kesegaran air terjun dan rerimbunan hutan tropis.


Selain tempat-tempat wisata alam di Medan di atas, Sumatera Utara masih memiliki deretan panjang destinasi yang wajib dikunjungi. Untuk penelusuran lebih lengkap, silakan kunjungi situs Wonderful Indonesia.


Baca Juga