Skip to main content

Pentingkah mengkonsumsi susu untuk tumbuh kembang anak?

Susu adalah salah satu sumber nutrisi yang penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Susu merupakan asupan untuk tubuh dengan nilai gizi yang sangat tinggi, susu yang biasa di konsumsi merupakan susu yang diperoleh dari susu sapi.susu termasuk salah satu tambahan nutrisi yang penting selain makanan. susu sangat penting dikonsumsi oleh anak-anak karena komposisi nutrisi yang terdapat pada susu sangatlah kompleks, mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sikecil yang sedang pada masa pertumbuhan. 

Anak-anak memang dianjurkan untuk mengkonsumsi susu sejak lahir, saat baru lahir bayi hanya diperbolehkan meminum ASI (Air Susu Ibu). ASI merupakan satu-satunya makanan yang diperbolehkan dikonsumsi oleh bayi baru lahir (selain susu formula), dan bayi dianjurkan untuk meminum ASI sampai berumur 2 tahun. Asi memiliki nutrisi yang sangat banyak dan sangat baik sebagai sumber daya tahan tubuh untuk sikecil, untuk beberapa kondisi ASI bisa digantikan oleh susu formula. Susu memang sangat penting untuk sikecil, pada artikel kali ini kami akan membahas apa sih manfaat yang diberikan susu untuk si kecil? Ingin tahu? Lihat manfaat susu pertumbuhan anak untuk sikecil dibawah ini ya!




1. Meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak menjadi lebih sehat

Memberikan susu untuk sikecil, berarti kalian sebagai orang tua telah membantu sikecil untuk menjaga tekanan darahnya untuk menjadi lebih sehat dan hal itu dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit stroke pada sikecil, dan hal itu juga mengurangi resiko berbagai penyakit jantung yang bisa saja terjadi pada anak. Dengan memberikan susu pada si kecil juga bisa membantu pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih maksimal, karena susu memiliki beberapa kandungan yang penting yang mendukung tumbuh dan kembang sikecil. ibu harus mengetahu, anak yang sehat berawa dari organ pencernaan yang sehat oleh karena itu susu merupakan hal yang sangat penting, karena susu memiliki kandungan prebiotic yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan sikecil.


2. Membantu pembentukan tulang dan gigi dan mendukung pertumbuhan fisik si kecil

Kita pasti sering mendengar bahwa dengan meminum susu tulang akan menjadi lebih kuat, hal itu merupakan hal yang benar karena susu memiliki kandungan kalsium tinggi yang penting dalam proses pembentukan tulang. Bukan hanya anak kecil saja yang dianjurkan meminum susu untuk kekuatan tulang, orang dewasa juga sangat dianjurkan meminum susu untuk menjaga kesehatan tulang dan terhindar dari osteoporosis. Baik ASI, susu formula, susu batita atau susu lainnya mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sikecil seperti kalsium, fosfor, magnesium dan juga protein yang mendukung pertumbuhan fisik si kecil. 


3. Mendukung kecerdasan dan pertumbuhan otak

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang sehat dan cerdas. Untuk membantu kecerdasan dan pertumbuhan si kecil, sebagai orang tua kita harus secara rutin memberikan susu pada si kecil. Susu harus diberikan secara rutin kepada sikecil untuk mendukung kecerdasan dan pertumbuhan otak karena dalam susu terdapat kandungan sphinyomyelin, AHA, DHA dan kandungan lain yang merupakan kandungan penting untuk otak. Jika sikecil mendapatkan asupan nutirisi kecerdasan dan pertumbuhan otak yang cukup, maka pertumbuhan kecerdasan si kecil akan meningkat. Meskipun begitu anak tetap harus diberi stimulasi dan juga asupan nutrisi yang lainnya, seperti mengkonsumsi ikan salmon.

Itulah 3 manfaat penting yang di dapatkan jika si kecil rutin meminum susu. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, sampai bertemu pada artikel selanjutnya!


Baca Juga