--> Skip to main content

5 Trik Liburan Anti Ribet Walau Tanpa Baby Sitter



Ternyata tidak semua orang mampu membawa anak-anak untuk liburan tanpa mengajak baby sitternya. Alasannya karena liburan dengan anak cukup merepotkan dan menguras tenaga. Sementara pertimbangan lain jika mengajak baby sitter, anak akan kurang dekat dengan orangtuanya plus pengeluaran jadi lebih banyak.

Memang ada dua pilihan ketika membawa anak liburan. Keduanya pun memiliki pro dan kontranya sendiri. Bagi Anda yang ingin mencoba liburan tanpa baby sitter, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar liburan berjalan sukses. Seperti apa? Simak ulasannya berikut.


Pilih hotel yang ramah anak

Tidak semua hotel ramah anak, lho. Untuk mengetahui hotel tersebut ramah anak atau tidak, Anda bisa melihat dari lokasi dan fasilitas. Apakah lokasinya harus menaiki anak tangga yang banyak dan terjal? Lalu dari fasilitas, lihat kelengkapannya, apakah ada kolam renang anak atau playground. Rata-rata hotel bintang 3 dekat Malioboro memiliki fasilitas ini sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.


Selalu sedia camilan 

Pastikan camilan selalu tersedia untuk anak. Sebisa mungkin, hindari camilan yang manis dan kurang menyehatkan karena bisa membuat anak sugar rush sehingga akan merepotkan orangtuanya. Jadi, siapkan saja susu UHT, buah segar atau keripik buah, keju, serta biskuit. Jangan lupa juga untuk tidak memberi camilan dekat dengan jam makan. Misalnya 30 menit menjelang makan siang. Hal ini bisa membuat Si Kecil kenyang dan ogah makan siang tepat pada waktunya.


Sediakan mainan kesukaan

Anak zaman sekarang memang banyak yang kecanduan gadget. Sebenarnya boleh saja bermain gadget, asal dibatasi waktunya dan selalu diawasi. Supaya seimbang, sediakan mainan fisik berupa board game, buku stiker, buku mewarnai, dan activity book agar ia merasa sibuk. Permainan ini membantu sekali saat perjalanan karena membuat ia tidak bosan. Jika sudah sampai tempat tujuan, Anda bisa mengarahkan ia untuk bermain di playground, berenang, atau bermain bola.


Siap sedia obat-obatan

Semua ibu pasti gercep dalam urusan ini. Bawalah obat-obatan pribadi, P3K, vitamin, dan thermometer yang sekiranya bisa digunakan untuk berjaga-jaga. Bahkan Anda juga bisa membawa buku catatan dokter jika sewaktu-waktu Si Kecil sakit dan harus dibawa ke dokter setempat. Dengan menunjukkan buku tersebut, dokter setempat akan mengetahui obat apa yang biasa diberikan. Tapi tetap usahakan agar buku ini tidak terpakai saat liburan, ya!


Gunakan laundry hotel

Menyimpan baju kotor selama liburan seminggu bukanlah hal yang baik. Sebaiknya cuci dengan menggunakan jasa laundry yang ada di hotel. Beberapa hotel terbaik di Malioboro memiliki jasa laundry yang cepat selesai. Jadi aman jika Anda ingin menggunakan bajunya dalam waktu dekat. Tapi perlu diperhatikan, dibalik kenyamanan, ada ongkos yang harus dibayar. Biasanya laundry hotel mematok harga yang cukup mahal. Jadi siapkan budget untuk laundry jika liburan dalam waktu yang lama.


Baca Juga
> Jual aksesoris iPhone, iPad, Macbook, Airpods di iOSpedia Store Tokopedia
> Jual aksesoris iPhone, iPad, Macbook, Airpods di iOSpedia Store Shopee

Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp209.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp4.650.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG