--> Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

Sadar Dampak Perubahan Iklim Bersama Indonesia Sustainability

 


Perubahan iklim sudah di depan mata. Anda sadar atau tidak, ada banyak fenomena yang terjadi akhir-akhir ini yang disebabkan karena perubahan besar di lingkungan. Perubahan iklim ini sebenarnya sudah bisa diprediksi karena sebagian besar disebabkan oleh ulang manusia sendiri. Kemajuan teknologi, infrastruktur hingga kebutuhan pangan bagi populasi manusia membuat lingkungan terdesak dan kini dampaknya mulai terlihat hingga bisa dirasakan. Dampak perubahan iklim ini sangat beragam mulai dari kenaikan suhu udara, mencairnya es di kutub, bencana banjir, kekurangan pasokan air bersih dan sebagainya. Disinilah peranan program sustainability untuk meminimalisir dampak buruk dari perubahan iklim tersebut.

Indonesia dan negara-negara di Eropa memiliki sebuah program atau konsep kerja sama di bidang sustainability. Kerja sama antar negara yang tergabung dalam B20 ini dinamai Indonesia Sustainability yang baru dibentuk tahun ini dan bertujuan untuk mendorong hingga memfasilitasi tindakan sustainability yang dilakukan oleh individu, organisasi maupun kooperasi. Dengan adanya sebuah wadah, diharapkan ada banyak orang maupun kelompok yang semakin termotivasi untuk bertindak sehingga dampak buruk bisa lebih diantisipasi.

 

Ada beberapa konsep sustainability yang difokuskan oleh negara B20 saat ini yaitu:


1. Pengurangan penggunaan plastik.

Dalam konsep ini, Indonesia sudah mulai melakukannya dengan melarang penggunaan kantung plastik di berbagai pusat perbelanjaan khususnya di kota besar.


2. Menjaga ketersediaan air bersih.

Air bersih sangat vital fungsinya bagi kelangsungan hidup manusia. Karena itu perlu dilakukan upaya untuk menjaga sanitasi air agar tetap baik sebagai sumber mata air dengan cara menghindari pencemaran. Selain itu juga menambah sumber air yang ada dan menambah ruang hijau terbuka.


3. Daur ulang.

Masyarakat di Indonesia sudah mulai mengenal istilah daur ulang atau pilah sampah dan menggunakannya untuk perputaran ekonomi selain itu menjaga lingkungan.

 

Salah satu upaya mendorong kegiatan sustainability di Indonesia, B20 memiliki program penghargaan bagi individu maupun kooperasi yang sudah memiliki dan melaksanakan program secara kontinyu untuk menjaga ketiga program di atas. Penghargaan ini nantinya akan diumumkan sebelum pembukaan KTT G20. Informasi mengenai kegiatan sustainability dan award bisa Anda akses melalui situs resmi B20.


Baca Juga
> Jual iPhone 11 Harga 3 Jutaan Aja

Author Image

Author



close