Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

Cara Membedakan iPhone Inter dan iBox


perbedaan iphone ex inter dengan ibox


Kita tentu sudah tahu kalau iPhone second original iBox jauh lebih terpercaya, ketimbang iPhone ex internasional. Namun tidak sedikit iPhone ex inter yang "ngaku-ngaku" sebagai iPhone second original iBox. Nah guna mengetahui apa saja perbedaan keduanya, berikut ini tutorial cara membedakan iPhone ex inter dengan iPhone bekas original iBox.


1. Riwayat Pembelian

Jika memungkinkan, tanyakan kepada penjual riwayat pembelian perangkat. iPhone dari iBox biasanya dilengkapi dengan bukti pembelian resmi dari iBox atau distributor resmi lainnya di Indonesia. Biasanya bukti yang dimaksud adalah nota pembelian asli dari iBox, saat iPhone tersebut pertama kali dibeli oleh orang pertama pemilik iPhone tersebut.


2. Periksa Kemasan dan Aksesoris

iPhone dari iBox biasanya datang dengan kemasan dan aksesoris lengkap yang ditandai dengan logo resmi dan informasi dalam bahasa Indonesia. Sementara itu, iPhone ex internasional mungkin memiliki kemasan dan aksesoris yang berbeda atau tidak lengkap. Bisa dibilang iPhone ex inter ini, aksesorisnya dan sparepartnya bisa saja sudah tidak original Apple lagi.


3. Cek Nomor Model iPhone

Nomor model iPhone dapat memberi petunjuk tentang asal perangkat, apakah dari pasar internasional atau distribusi resmi seperti iBox di Indonesia. Nomor model iPhone biasanya diawali dengan huruf M, N, atau F yang diikuti oleh angka.

- Model N: Menunjukkan perangkat pengganti (refurbished) yang disediakan oleh Apple.

- Model F: Menunjukkan perangkat yang dijual sebagai refurbished oleh Apple.

Adapun cara untuk mengeceknya adalah sebagai berikut:

- Buka Settings (Pengaturan).

- Pilih General (Umum).

- Pilih About (Tentang).

- Cari Model Number (Nomor Model).


4. Cek Garansi dan Dukungan Resmi

iPhone yang dibeli dari iBox biasanya memiliki garansi resmi dari Apple Indonesia. Anda dapat memeriksa status garansi perangkat dengan mengunjungi situs web resmi Apple dan memasukkan nomor seri perangkat.

Adapun cara melakukannya adalah sebagai berikut:

- Buka Settings (Pengaturan).

- Pilih General (Umum).

- Pilih About (Tentang).

- Cari Serial Number (Nomor Seri).

- Kunjungi situs web Apple Check Coverage.

- Masukkan nomor seri dan cek status garansi.


5. Cek Dukungan SIM dan Operator

iPhone ex internasional mungkin memiliki keterbatasan dalam dukungan jaringan atau terkunci pada operator tertentu. iPhone dari iBox biasanya sudah mendukung semua operator di Indonesia. Jadi bisa saja iPhone ex iBox ini tidak bisa menggunakan jaringan operator di Indonesia

Adapun cara mengeceknya adalah sebagai berikut:

- Masukkan kartu SIM dari beberapa operator lokal untuk memastikan perangkat tidak terkunci pada satu operator tertentu.

- Pastikan perangkat dapat menangkap jaringan dengan baik dan tidak ada pembatasan pada penggunaan SIM.


6. Cek Spesifikasi dan Versi Perangkat Lunak

Perangkat ex internasional mungkin memiliki versi perangkat lunak yang berbeda atau memiliki fitur yang tidak tersedia di perangkat yang dijual resmi di Indonesia.

Berkut ini langkah-langkahnya:

- Buka Settings (Pengaturan).

- Pilih General (Umum).

- Pilih About (Tentang).

- Cek Model Number, Carrier, dan Software Version.


Nah jadi itulah dia tutorial cara membedakan iPhone ex inter dengan iPhone second original iBox. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda, khususnya bagi anda yang masih belum tahu perbedaan keduanya. Saran saya, beli-lah iPhone ex iBox, karena sudah terpercaya selama belasaan tahun sebagai reseller resmi Apple di Indonesia.


Baca Juga

Author Image

Author