Skip to main content

Cara Membedakan iPhone Rekondisi Resmi Apple (Asli) Dengan Rekondisi Distributor (Palsu)

iOSpedia.net - Setelah di artikel sebelumnya mengulas tentang Cara membedakan iPhone baru dengan iPhone rekondisi, pembahasan kali ini khusus tentang iPhone rekondisi saja.


Meskipun berupa 'rakitan ulang', tidak semua iPhone rekondisi itu jelek kualitasnya. Ada jenis iPhone rekondisi resmi yang dibuat oleh Apple, yang kualitasnya tak jauh berbeda dari iPhone baru. Sebaliknya, ada iPhone rekondisi yang dibuat oleh 'pihak lain' yang kualitasnya patut dipertanyakan.


Lantas, bagaimana cara membedakan iPhone rekondisi resmi Apple (refurbished) dengan iPhone rekondisi pihak distributor?

Simak ulasannya berikut ini!


cara membedakan iphone rekondisi resmi apple dengan refurbish distributor
Cara membedakan iPhone rekondisi asli dengan yang palsu / image via Pixabay


Kepopuleran gadget besutan Apple, yakni iPhone memang tak terbantahkan. Dengan didukung OS 'eksklusif' yakni iOS tentu membuat gadget ini jauh lebih 'spesial' ketimbang OS 'sejuta umat' seperti Android.

Terutama dalam hal inovasi fitur dan produk, Apple selalu beberapa langkah di depan pesaingnya. Belum lagi desain yang elegan dan penggunaan material kelas wahid, membuat iPhone semakin dicintai oleh banyak orang.


Beragam kelebihan yang ditawarkan iPhone, membuat pengguna gadget ini semakin bertambah setiap tahunnya. Hal ini menjadi peluang bagi banyak sindikat penyelundupan iPhone, yang produknya biasa kita kenal dengan sebutan iPhone BM atau Black Market -- yang dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah daripada iPhone resmi.

Selain iPhone BM, ada lagi 'sindikat' lain yang ikut terjun ke bisnis penjualan iPhone, yakni penjual iPhone rekondisi.


Apa itu iPhone rekondisi?

Dilansir dari laman Teknoped.com, iPhone rekondisi adalah iPhone yang telah rusak kemudian di perbaiki, lalu di kemas ulang layaknya iPhone baru. iPhone tersebut kemudian dijual dengan harga yang sangat murah, dan bertuliskan 'rekondisi / refurbished'.

Perlu anda ketahui, iPhone refurbished biasanya diedarkan setelah 2 generasi terbaru iPhone dikeluarkan. Contohnya, apabila saat ini iPhone 8 telah rilis, maka iPhone refurbished yang diedarkan adalah iPhone seri 6S (di bawah 2 seri iPhone, yakni iPhone 8 dan iPhone 7 / 7 Plus).


Jenis-jenis iPhone rekondisi / refurbished

Bagi yang belum tahu, sebenarnya iPhone rekondisi / refurbished itu ada 2 jenis. Untuk bisa membedakannya, silahkan simak pemaparan tentang kedua jenis iPhone tersebut di bawah ini:


1. iPhone Rekondisi / Refurbished Resmi Apple

iPhone rekondisi jenis ini adalah iPhone yang secara resmi direkondisi oleh pihak Apple, lantaran rusak atau mengalami kegagalan fungsi.

iPhone yang gagal fungsi tersebut kemudian dirakit ulang dan diganti beberapa komponen yang rusak dengan komponen asli Apple, selanjutnya dipacking ulang sesuai standard produksi Apple.

Dapat disimpulkan kalau iPhone rekondisi resmi Apple ini memiliki kualitas yang setara dengan produk iPhone baru yang diproduksi Apple. Hal itu dikarenakan komponen-komponen yang digunakan merupakan produk original (asli) keluaran Apple. Apabila anda membeli iPhone rekondisi jenis ini, tentu tidak akan menjadi masalah bagi anda.


2. iPhone Rekondisi/Refurbished Non Resmi (Dibuat Oleh Pihak Selain Apple)

iPhone rekondisi jenis ini tergolong iPhone rekondisi yang tak resmi.

Pada awalnya iPhone ini adalah iPhone resmi, namun mengalami kerusakan / gagal fungsi. Selanjutnya iPhone tersebut diperbaiki, dirakit, dan dipacking ulang seperti iPhone yang baru.

Sayangnya jenis iPhone rekondisi yang satu ini dirakit ulang bukan secara resmi oleh Apple, melainkan diperbaiki oleh pihak distributor.

Kalau dilihat dari kacamata hukum, hal ini termasuk tindakan pemalsuan produk. Jadi anda harus berhati-hati jika mau membeli iPhone baru yang dijual di konter-konter atau distributor non resmi. Pastikan iPhone baru yang akan anda beli benar-benar asli buatan Apple.


Perbedaan iPhone rekondisi resmi dengan yang tidak resmi

Lantas, bagaimana cara membedakan iPhone rekondisi / refurbished resmi Apple dengan iPhone rekondisi palsu?


Ciri-ciri iPhone rekondisi resmi dari Apple

1. Deskripsi dan bentuk kemasan dari iPhone rekondisi resmi 'sengaja' dibuat berbeda dengan iPhone baru. Ciri-ciri paling utama bisa dilihat pada box iPhone refurbished yang berwarna putih polos dan terdapat tulisan kecil di bagian bawah yakni tulisan"Apple Certified Pre-Owned".

2. Semua aksesoris original dan pendukungnya masih baru, sama seperti iPhone baru. Aksesoris dan kelengkapan yang dimaksud seperti earpods, adaptor charger dan USB / Lightning charger.

3. Apple refurbished resmi Apple memiliki garansi resmi Apple internasional. Biasanya garansi ini adalah selama 1 tahun, dan garansi terhitung sejak pertama kali anda mengaktifkan iPhone tersebut.

Untuk mengecek garansinya, bisa dilihat di web checkcoverage.apple.com dengan memasukkan SN atau serial number iPhone.


Ciri-ciri iPhone rekondisi dari distributor (rekondisi palsu)

1. Lihat harganya, apakah masuk akal atau tidak. Biasanya iPhone rekondisi non resmi (bukan dari pihak Apple) dibanderol dengan harga yang sangat murah.

2. Perhatikan kemasan iPhone refurbished non resmi. Biasanya kemasan iPhone jenis ini kebalikan dari iPhone rekondisi resmi dari pihak Apple. Kalau iPhone rekondisi resmi memiliki kemasan yang 'beda', maka kemasan iPhone rekondisi 'abal-abal' justru menyerupai kemasan iPhone baru. Jadi kalau beberapa tahun setelah tipe iPhone tersebut rilis dan masih ada penjual yang menjual iPhone dengan kemasan menyerupai iPhone baru, anda patut berhati-hati.

3. Kalau masa garansi iPhone rekondisi resmi adalah selama 1 tahun, maka masa garansi iPhone rekondisi palsu justru lebih singkat. iPhone jenis ini hanya memiliki garansi distributor antara 1-6 bulan saja, dan bukan garansi Apple internasional.

Guna mengecek garansi tersebut, masukkan serial number iPhone pada situs checkcoverage.apple.com.

Apabila masa garansi telah expired atau kadaluwarsa, maka iPhone tersebut bisa jadi adalah iPhone rekondisi distributor (non resmi). Sebaliknya, jika garansi iPhone tersebut belum aktif dan tertera tulisan "Aktifkan iPhone Anda", maka kemungkinan besar iPhone tersebut merupakan iPhone rekondisi resmi dari Apple.


Image via Pixabay


Baca juga:



Demikian penjelasan tentang cara membedakan iPhone rekondisi resmi Apple, dengan iPhone rekondisi non resmi dari pihak distributor.

Semoga bermanfaat, dan semoga anda tidak salah pilih ketika membeli iPhone. (fa)


(Sumber: Teknoped.com)



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]