Skip to main content

Cara Menghapus "Data Tersembunyi" di iPhone yang Menyebabkan Memory Penuh

iOSpedia.net - Sebelumnya sudah dibahas mengenai Penyebab memory iPhone penuh padahal aplikasi yang diinstal tak banyak.

Salah satu permasalahan yang cukup pelik adalah adanya 'data tersembunyi' berupa 'documents and data apps' yang menyebabkan memory iPhone jadi 'termakan' (meskipun aplikasi yang diinstal hanya sedikit.)

Lantas, bagaimana cara menghapus 'data tersembunyi' yang membuat memory iPhone menjadi penuh tersebut?

Berikut ini tutorialnya!



cara menghapus data tersembunyi yang menyebabkan memory iphone penuh
Tutorial cara menghapus 'data tersembunyi' di dalam iPhone


Apa itu "Documents and data" apps?

Sebelum membahas tentang cara menghapus 'documenta and data' apps, anda perlu memahaminya terlebih dahulu.

"Documents and data" pada apps adalah semacam cache dan data yang tersimpan pada aplikasi, yang seringkali 'memakan' memory iPhone anda.

Meskipun aplikasi anda sedikit, namun apabula aplikasi tersebut sering dibuka dan dipakai (misalnya media sosial dan media chatting), maka data dan dokumen yang tersimpan akan terus bertambah dan membebani memory iPhone anda.


Documents and inilah yang 'pemakan' memory iPhone yang seringkali 'tersembunyi'. Meskipun apps yang terinstal di iPhone anda kurang dari 100 MB, namun semakin lama apps tersebut digunakan -- data dan cachenya akan terus bertambah.

Admin sendiri mengalaminya, di mana aplikasi Facebook di iPhone admin ukurannya tak terlalu besar, akan tetapi sudah 'memakan' memory hingga lebih dari 1GB untuk menyimpan 'documents and data'.

Belum lagi aplikasi seperti Instagram dan WhatsApp yang juga memakan banyak slot memory, meski tak sebesar Facebook. Inilah yang kerap membuat iPhone admin mendapatkan notifikasi 'memory penuh' saat hendak mengambil foto ataupun video.


Lantas, bagaimana cara menghapus 'documents and data' yang 'tersembunyi tersebut?

Tak semudah pada Android -- yang bisa dilakukan melalui menu Manajer Aplikasi, cara menghapus 'documents and data' pada iPhone harus dilakukan secara manual, yakni dengan menghapus aplikasi yang menyimpan data tersebut -- kemudian install kembali aplikasi tersebut.

Hasilnya, memory iPhone anda akan kembali 'lapang', namun anda akan kehilangan data dan cache pada aplikasi tersebut, sehingga anda akan login dari awal lagi.


Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang banyak menggunakan data dan dokumen, silahkan masuk ke menu Settings >> General >> Manage Storage, Lalu lihat satu persatu aplikasi yang 'memakan' banyak memory iPhone anda.


Cara menghapus 'Documents and Data' yang tersembunyi pada iPhone tanpa harus menghapus aplikasi

Sebelumnya sudah diterangkan cara menghapus data dan dokumen pada aplikasi -- bisa dilakukan dengan cara manual, yakni dengan menghapus aplikasi tersebut -- kemudian install ulang.

Apabila anda tidak ingin menghapus aplikasi dan anda hanya ingin menghapus data dan cachenya saja, ada 2 cara yang bisa anda lakukan, yaitu:

1. Melalui aplikasi Cydia -- dimana iPhone anda harus di-jailbreak terlebih dahulu. Nantinya di sana akan ada pilihan untuk membersihkan 'documents and data' pada aplikasi iPhone anda.

2. Aplikasi pihak ketiga, yakni PhoneClean (tanpa jailbreak). Cukup instal aplikasi tersebut kemudian jalankan, maka 'documents and data' apps iPhone anda akan terhapus.


Baca juga:



Itulah dia tutorial cara menghapus 'documents and data' aplikasi iPhone yang 'tersembunyi' namun membebani memory iPhone anda.

Semoga penjelasan di atas mampu menjawab pertanyaan mengenai penyebab memory iPhone penuh meski aplikasi yang diinstal sedikit. (af)


Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]