Skip to main content

Mengenal Aplikasi Cari Iphone Saya dan Berbagai Cara Menggunakannya

iOSpedia.net - Beberapa orang pasti pernah mengalami kehilangan perangkat elektronik mereka, termasuk dengan kehilangan iPhone kesayangan.

Kerugian atas hilangnya data-data penting yang belum tentu dapat dipulihkan, kemungkinan akun diretas oleh orang yang tidak bertanggungjawab serta banyak persoalan lainnya membuat pihak Apple menciptakan aplikasi bernama Cari Iphone Saya yang sudah diluncurkan sejak 2010 silam.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menemukan, mengunci, atau menghapus data iPhone mereka dengan menggunakan iCloud atau perangkat iOS lain.


Cara menggunakan aplikasi ini cukup sederhana, Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu daripada saat penyiapan dan aktivasi awal.

Perangkat lunak ini bahkan bekerja pada perangkat lain termasuk iPad, iPod Touch, dan bahkan Mac Anda.

Aplikasi ini memang tidak sepenuhnya mencegah Anda kehilangan ponsel tersebut, namun bisa memperbesar kemungkinan Anda menemukannya selama Anda mengaktifkan fitur ini sebelum kehilangan perangkat tersebut.


bagaimana cara menggunakan aplikasi cari iphone saya
Cara menggunakan aplikasi Cari iPhone Saya



Cara Menggunakan Cari Iphone Saya


1. Periksa persyaratannya

Walaupun aplikasi ini akan lebih optimal pada iPhone 7 dan 7 Plus, namun tetap tersedia di semua perangkat yang dilengkapi dengan iOS 5 atau yang lebih baru.

Penggunaannya benar-benar gratis dan kompatibel bahkan untuk iPhone 3GS, iPod Touch generasi ketiga, iPad, iPad Mini, dan semua versi terbarunya.

Selain itu diperlukan juga akun iCloud yang valid serta perangkat tanpa data seluler harus terhubung ke jaringan Wi-Fi.


2. Download dan instal aplikasi

Ketuk ikon App Store yang ada di layar utama iOS Anda, pilih "Cari iPhone Saya" di panel penelusuran, lalu pilih aplikasi dari daftar hasil.

Setelah itu, ketuk tombol biru di pojok kanan atas diikuti oleh tombol Install hijau yang digunakan untuk mendownload dan menginstal aplikasi.

Sebagai alternatif, unduh aplikasi dari iTunes dan sinkronisasikan dengan perangkat iOS Anda.


3. Aktifkan Aplikasi

Setelah terinstal, ketuk ikon Settings utama, ikuti pilihan iCloud di dekat bagian tengah menu Settings.

Masukkan ID Apple Anda di jendela pop-up, atau ketuk Get Apple ID gratis dan ikuti petunjuk di layar untuk mengatur akun iCloud gratis Anda.

Geser ke bagian bawah menu setelah masuk, pilih opsi Cari iPhone Saya, dan matikan tombol aktif di sebelah kanan sebelum menyentuh opsi Allow pada jendela pop-up yang dihasilkan.

Ulangi proses menggunakan informasi akun iCloud yang sama untuk perangkat iOS yang ingin Anda aktifkan.


Image via Pixabay

Untungnya, Cari iPhone Saya tidak hanya sekedar memungkinkan Anda untuk melacak iPhone Anda dalam keadaan darurat.

Fitur ini juga mengaktifkan Activation Lock seperti iOS 7, yang menyimpan ID Apple Anda dengan aman di server aktivasi Apple dan secara otomatis terhubung ke perangkat Anda.

Fitur tersebut kemudian mengharuskan memasukkan kata sandi Anda sebelum orang lain dapat mematikan aplikasi, menghapus perangkat Anda, atau mengaktifkan kembali.

Tindakan ini terjadi secara otomatis yang berasal dari sistem, sehingga dapat berfungsi sebagai tindakan pengamanan yang dirancang untuk mencegah pencurian dan penggunaan telepon Anda yang tidak sah.


4. Cari perangkat iOS Anda

Untuk mencari perangkat Anda yang hilang atau dicuri, Anda dapat menggunakan perangkat iOS lain atau mengakses akun iCloud Anda di web.

Ingatlah bahwa aplikasi Cari iPhone Saya hanya berfungsi ketika fitur tersebut sudah Anda aktifkan di perangkat Anda sebelum perangkat tersebut hilang.

Jadi jika saat Anda membaca artikel ini dan Anda belum mengaktifkan aplikasi tersebut, maka segera lakukan, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.


Cara menggunakan perangkat iOS lain untuk mencari perangkat Anda yang hilang adalah dengan mengetuk ikon Cari iPhone Saya dari layar awal, tuliskan keterangan ID saat masuk ke iCloud Anda di kolom yang sesuai, dan ketuk opsi Go yang ada di jendela pop-up.

Setelah masuk, pilih perangkat yang hilang atau dicuri dari daftar penyiapan perangkat dengan aplikasi tersebut untuk melihat lokasi perangkat.

Ada pilihan tambahan untuk menghapus data telepon dari jarak jauh yaitu dengan menggunakan pemutar suara yang dapat diakses melalui opsi Actions yang ada di bagian bawah layar.

Selain itu, terdapat juga fitur Lost Mode yang menyediakan pilihan untuk mengunci perangkat dengan empat digit passcode dan menampilkan nomor telepon kontak yang sudah Anda tentukan sendiri yang langsung terpampang di layar pengunci.


Anda juga dapat mengakses perangkat Anda yang hilang dengan menggunakan akun iCloud Anda di Web.

Anda tinggal membuka browser favorit Anda dan arahkan ke beranda iCloud kemudian masuk dengan ID dan kata sandi Apple Anda.

Klik ikon Cari iPhone Anda yang besar, pilih All Devices di bagian atas jendela, dan pilih perangkat yang hilang atau dicuri dari daftar perangkat aktif yang dihasilkan.

Dari sini Anda juga dapat mengaktifkan fitur Lost Mode, seperti saat Anda menggunakan perangkat iOS lain untuk mengakses aplikasi.


5. Lakukan Tindakan

Setelah Anda menemukan perangkat iPhone atau iOS Anda, gunakan salah satu fungsi aplikasi pencarian ini untuk membantu memulihkan perangkat.

Ketuk tombol Play Sound berwarna abu-abu yang menampilkan speaker untuk memaksa ponsel Anda memainkan ping bernada tinggi terus menerus selama dua menit, atau ketuk tombol iPhone Erase yang juga berwarna abu-abu yang diikuti oleh konfirmasi Erase iPhone untuk menghapus semua konten dan pengaturan perangkat Anda sepenuhnya.

Jika menjalankan iOS 6 atau yang lebih baru, ketuk tombol Lost Mode di tengah, diikuti konfirmasi Turn On Lost Mode sebelum memasukkan nomor telepon yang bisa Anda hubungi.

Kemudian, sentuh tombol Next berwarna hijau di pojok kanan atas, masukkan pesan yang Anda inginkan di kolom teks yang dihasilkan, lalu tekan tombol Selesai untuk mengaktifkan pesan.


Tidak ada cara yang sangat mudah untuk memastikan bahwa pencuri yang cerdas tidak akan dapat mematikan aplikasi cari iPhone saya.

Tujuan utama Anda adalah untuk membuatnya sangat sulit bagi mereka untuk menonaktifkannya, dengan harapan akan dapat mengulur waktu sebanyak mungkin sehingga aplikasi dapat semakin lama melacak keberadaan iPhone Anda, sehingga meningkatkan kemungkinan Anda menemukannya.


Image via Pixabay

Memang tidak jaminan bahwa opsi dering, penghapusan, atau perpesanan akan membantu mengembalikan perangkat Anda hingga seratus persen, walaupun mungkin Anda sudah dapat menentukan lokasi keberadaan perangkat tersebut.

Apalagi, menghadapi pencuri perangkat Anda tersebut sendirian juga cukup berisiko, mengingat bisa saja mereka akan berbuat hal yang lebih nekat lagi.

Daripada menghadapi pencuri potensial itu sendiri, ada baiknya Anda juga menghubungi penyedia layanan dan polisi kemudian beritahukan situasi dan niat Anda untuk memulihkan perangkat.


Penginstalan dan pengaktifan aplikasi ini memang digunakan untuk pencegahan dan juga mempermudah pencarian jika perangkat tersebut hilang.

Namun, bukan berarti Anda bergantung sepenuhnya pada aplikasi Cari iPhone Saya ini.

Anda juga harus mencadangkan semua data yang penting yang ada di perangkat Anda secara berkala guna menghindari hal yang tidak diinginkan.



Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]