Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan iPhone, Anda Wajib Tahu Sebelum Membeli!

iOSpedia.net - Bagi anda yang biasa menggunakan smartphone Android tentu merasa asing dengan iPhone, smartphone besutan Apple yang menggunakan iOS.

Meskipun ada 'rasa bangga' apabila memiliki iPhone (ketimbang memiliki Android), lantas anda jangan langsung membeli iPhone apabila belum tau kelebihan dan kekurangannya.

Jadi sebelum anda memutuskan untuk mengganti gadget Android anda dengan iPhone, pastikan anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan dari iPhone.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari smartphone besutan Apple tersebut?



kelebihan dan kekurangan iphone ios vs android smartphone
Kelebihan dan kekurangan iPhone dibandingkan Android / image via Pixabay


Kelebihan dan kekurangan dari iPhone (iOS)


Langsung saja, berikut ini kelebihan dan kekurangan iPhone yang bisa anda jadikan pertimbangan sebelum membeli smartphone tersebut:


Kelebihan iPhone

1. Menggunakan sistem operasi tertutup, aman dari virus dan malware.

2. Ijin aplikasi yang akan didownload di iPhone sangat ketat (harus ijin tiap part satu-persatu).

3. Penggunaan iPhone sangat ringan, meski file-file di dalamnya tak pernah dibersihkan (OS-nya sangat ringan).

4. Cara membersihkan memory RAM pada iPhone sangat mudah, cukup tahan tombol kunci beberapa detik sampai muncul tulisan 'matikan iPhone', kemudian tahan tombol home hingga tampilan layar kembali ke menu utama.

4. RAM 1 GB iPhone performanya jauh lebih bagus jika dibandingkan RAM 1 GB pada Android.

5. Navigasi iPhone lebih simple dan mudah dipahami bagi mereka yang baru menggunakan.

6. iPhone (dan perangkat iOS lainnya) sangat mendukung hak cipta, alhasil download lagu dan film secara ilegal tak bisa dilakukan (harus download resmi (berbayar) via iTunes), cocok bagi mereka yang punya prinsip anti menggunakan file bajakan.

7. Desain iOS (iPhone) memiliki ciri khas, karena hanya diproduksi oleh 1 vendor yaitu Apple.

8. Memiliki iPhone terasa lebih 'eksklusif' karena bersifat 'limited' dan merknya pun lebih sedikit, jadi terasa lebih 'wah!'

9. Aplikasi terbaik akan muncul di iOS terlebih dahulu.

10. Aplikasi di App Store selalu diupdate secara berkala oleh developer, karena ada aturan khusus dari pihak Apple yang mengharuskan developer untuk mengupdate pembaruan aplikasi buatan mereka secara rutin.


Kekurangan iPhone

1. Harga iPhone teramat mahal jika dibandingkan dengan smartphone Android.

2. iPhone (dan semua perangkat iOS lainnya) tidak support memory eksternal, alhasil hanya mengandalkan memory internal.

3. Pengalaman saya sewaktu mengganti baterai harus menggunakan mur khusus untuk membongkar body iPhone, tak sesimpel mengganti baterai pada Android.

4. Charger iPhone berbeda dengan charger Android, jadi tak bisa meminjam charger 'sejuta umat' punya teman yang menggunakan Android.

5. Pengguna iPhone tidak bisa mendownload file di luar App Store dan iTunes (karena iOS sangat menjunjung tinggi hak cipta), alhasil tak cocok bagi mereka yang suka download lagu dan film gratisan.

6. Transfer file lewat Bluetooth tidak bisa dilakukan ke semua merk gadget (hanya ke sesama perangkat iOS), itupun setting-nya agak sulit.


Baca juga:



Rasa bangga dan 'gengsi' tak bisa dijadikan tolak ukur sebelum anda memutuskan untuk membeli iPhone.

Ada banyak teman saya yang mengeluh lantaran tak bisa download lagu 'gratisan' setelah membeli iPhone, hal itu dikarenakan dia membeli iPhone lantaran 'rasa prestise' -- bukan melihat pada kelebihan dan kekurangannya.


Bagi anda yang ingin membeli iPhone, alangkah baiknya agar anda mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangannya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan anda sebelum membeli.

Apabila anda sudah tahu kelebihan dan kekurangan iPhone, maka barulah anda memutuskan untuk membelinya atau tidak, agar tidak ada rasa penyesalan di kemudian hari.

Semoga bermanfaat! (af)


Baca Juga