Skip to main content

Perbedaan Sparepart iPhone Original Apple (ORI), OEM, dan KW / Grade

iOSpedia.net - Bagi anda pengguna iPhone, ada masa di mana anda harus mengganti sparepart ataupun menambah aksesoris yang ada pada iPhone anda. Sebut saja LCD, baterai, fleksibel home button, kabel charger, case pelindung, dan lain sebagainya -- yang suatu saat harus anda ganti.

Saat anda akan membeli sparepart ataupun aksesoris iPhone, biasanya ada banyak pilihan jenisnya, yakni yang original, OEM, hingga yang KW / Grade.

Sebelum anda menentukan pilihan, ada baiknya agar anda mengetahui perbedaan sparepart iPhone yang ORI, OEM, maupun KW.

Lantas, apa saja perbedaannya?

Berikut penjelasannya!


perbedaan sparepart aksesoris iphone ori asli dengan oem, kw, dan grade
Perbedaan sparepart iPhone asli, OEM, dan KW


Jenis dan perbedaan sparepart dan aksesoris iPhone


1. Sparepart iPhone original (ORI)

Sparepart iPhone jenis ini tergolong kelas wahid, karena langsung dibuat oleh pihak Apple.

Tempat menjualnya pun tak sembarangan, biasanya di gerai premium reseller dan authorized reseller yang sudah disertifikasi oleh pihak Apple.

Kualitas sparepart dan aksesoris jenis ini setara dengan sparepart dan aksesoris bawaan iPhone. Karena keasliannya, harga sparepart jenis ini lumayan mahal, dan bisa berkali-kali lipat dari sparepart OEM dan KW.


2. Sparepart iPhone OEM

Kepanjangan dari OEM adalah Original Equipment Manufacturer. Artinya, sparepart dan aksesoris iPhone jenis ini sama dengan produk yang original -- hanya saja dijual dengan merk yang berbeda dan melalui jalur distribusi yang mungkin juga berbeda.

Sayangnya kebanyakan seller di Indonesia sering 'memplesetkan' aksesoris dan sparepart iPhone KW dengan sebutan OEM. Padahal tak semua produk KW adalah OEM (biasanya yang tergolong OEM lebih awet dari yang KW).


3. Sparepart iPhone KW

KW sendiri sebenarnya adalah singkatan dari Kwalitas.

Sudah dapat dipastikan kalau produk KW bukanlah produk asli (ORI).

Ada berbagai tingkatan produk KW atau grade yang ditandai dengan angka ataupun huruf. Misalnya KW 1, KW2, dan KW3, atau Grade AAA, Grade AA, dan Grade A.

Untuk KW1 kualitasnya lebih baik dan harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan KW2 dan KW3. Sedangkan untuk Grade AAA kualitasnya lebih baik dan harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan Grade AA dan Grade A.


Baca juga:



Memilih aksesoris dan sparepart iPhone haruslah selektif agar anda tidak salah pilih.

Biasanya pilihan akan disesuaikan dengan budget yang anda miliki.

Jika anda memiliki budget yang besar, sangat disarankan agar anda membeli sparepart iPhone yang original (ORI).

Namun jika anda memiliki budget yang terbatas, sangat disarankan agar anda membeli sparepart iPhone yang OEM atau mungkin yang Grade AAA.

Hindarilah membeli sparepart iPhone yang abal-abal dan terlalu murah, karena biasanya cepat rusak (bahkan ada pula yang langsung rusak saat dipasang).


Demikian artikel yang singkat ini kami buat. Semoga pemaparan tentang perbedaan sparepart iPhone ORI, OEM, dan KW/Grade di atas berguna untuk anda! (fa)


Baca Juga