--> Skip to main content


Bagaimana Cara Silent Kamera iPhone?


tutorial cara menghilangkan bunyi jepret kamera iphone
Cara silent kamera iPhone


Cara Silent Kamera iPhone Mudah Tanpa Aplikasi

iPhone sebagai salah satu produk andalan Apple merupakan salah satu gadget yang cukup populer di kalangan pengguna teknologi. Eksklusivitas yang ditawarkan perangkat ini memang menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi memang Apple sebagai pengembang juga menerapkan aturan ketat dalam penggunaannya sehingga pengguna tidak bisa dengan mudah memodifikasi perangkatnya.

alah satu yang paling sering dikeluhkan adalah kamera iPhone yang tidak bisa disilent. Ini akan sangat mengganggu saat digunakan. Namun, ada 1 cara silent kamera iPhone yang bisa Anda coba.


3 Cara Silent Kamera iPhone yang Sederhana dan Mudah

Mematikan suara shutter kamera iPhone ini kadang dibutuhkan karena saat digunakan untuk mengambil gambar kadang suara yang ditimbulkan suka mengganggu. Untuk mematikan suara shutter kamera ini pun bisa Anda lakukan dengan beberapa cara mudah, bahkan tanpa aplikasi tambahan ataupun tanpa melakukan jailbreak.

A. Melalui Assitive Touch

Cara pertama ini adalah dengan memanfaatkan fitur Assitive Touch. Cara mengaktifkan dan mute pun mudah. Berikut langkahnya.

1. Masuk ke Setting
Pertama, masuk ke menu Pengaturan umum. Pilih menu Setting > General > Accessibility>Assitive Touch> ON. Tanda Assitive Touch sudah aktif adalah sudah berwarna hijau.

2. Customize Top Level Menu
Jika sudah, selanjutnya pilih pada menu 'Customize Top Level Menu'. Untuk menambahkan menu baru di dalam Assitive Touch ini, gunakan tombol (+). Setelah itu, temukan opsi 'Mute' pada daftar menu yang tersedia.

3. Aktifkan Mute
Jika sudah selanjutnya Anda tinggal aktifkan menu Mute ini. Dengan begitu suara shutter kamera pun akan disilent sehingga tidak akan terdengar shutter lagi saat mengambil gambar.


B. Dengan Tombol Silent

Cara silent kamera iPhone selanjutnya ini adalah cara paling mudah yang bisa Anda gunakan. Seperti yang sudah umum diketahui oleh pengguna iPhone, di bagian sisi body iPhone terdapat beberapa tombol dengan fungsi berbeda. Salah satunya adalah tombol silent.

Untuk mengaktifkan mode silent ini, Anda hanya tinggal geser tombol flip yang berfungsi sebagai tombol pengaturan Silent. Geser hingga Anda melihat garis berwarna orange pada tombol tersebut. Itu tandanya iPhone Anda sudah dalam mode silent.


C. Dengan fitur Video

Mengambil gambar dari fitur video juga bisa menjadi cara lain agar suara shutter tidak terdengar. Caranya, buka kamera lalu masuk ke menu pengambilan video. Jika sudah, mulai merekam dengan kamera Anda. Nah, saat merekam ini Anda akan melihat ada pilihan berupa tombol berbentuk bulat di bagian bawah. Arahkan kamera Anda ke objek yang akan dipotret, lalu tekan tombol bulat di bagian kiri bawah tampilan layar. Dengan cara ini Anda bisa mengambil gambar tanpa menimbulkan suara dari shutter.


Baca juga:

Cara download video di iPhone agar tersimpan di galeri



Nah, bagaimana? Mudah bukan?

Cara alternative ini bisa Anda coba jika ingin mengambil gambar melalui iPhone tanpa takut menimbulkan suara yang mengganggu dari shutter. Selamat mencoba.


Baca Juga