--> Skip to main content
Daftar situs penyedia jasa unlock iCloud >>


Cegah Penularan Virus COVID-19 dengan Meningkatkan Imunitas Tubuh




Seperti diketahui, virus COVID-19 tengah mewabah di mana-mana. Semua orang pun menjadi panik karena takut akan tertular virus tersebut. Padahal, kepanikan dan ketakutan malah bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga menyebabkan virus mudah menyerang dan menjangkiti tubuh. Oleh sebab itu, jangan panik, tetap tenang, dan fokus pada tindakan pencegahan virus COVID-19.

Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan imunitas tubuh. Tubuh yang memiliki imunitas baik dipercaya dapat mencegah dan menghindari penularan virus. Selain itu, punya imunitas baik juga dapat membuat seseorang lebih cepat sembuh atau hanya mengalami gejala ringan ketika tertular COVID-19. Nah, untuk meningkatkan imunitas tubuh, berikut ini beberapa langkah yang dapat diikuti.


1. Banyak makan buah dan sayur

Vitamin, terutama vitamin C dan E, dapat meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Selain itu, mineral contohnya zat besi juga sangat menyehatkan dan mampu mencegah penularan penyakit. Nah, semua nutrisi ini bisa didapatkan dari buah dan sayur.

Tingginya kandungan vitamin dan mineral dalam buah maupun sayur dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, Anda sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi kedua jenis makanan ini alih-alih mengonsumsi suplemen multivitamin.

Hal ini karena mengonsumsi suplemen multivitamin dalam waktu yang cukup lama, maka bisa mengganggu fungsi hati maupun ginjal. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengonsumsi buah dan sayur saja daripada suplemen multivitamin.


2. Istirahat yang cukup

Orang dewasa biasanya disarankan tidur selama 7 hingga 8 jam setiap hari. Sedangkan anak-anak atau remaja membutuhkan lebih banyak daripada itu. Untuk itu, cukupilah waktu tidur Anda sesuai dengan waktu yang dianjurkan. Dengan mencukupi waktu tidur, tentu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan tubuh pun menjadi lebih sehat.

Hal ini karena selama tidur, tubuh membuang racun dari dalam sel-selnya dan memperbarui sel yang rusak. Dengan demikian, sel tubuh Anda akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melawan radikal bebas, contohnya virus.


3. Olahraga

Olahraga teratur selama kurang lebih 30 menit perhari sangat baik untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain itu, dengan berolahraga juga dapat menghilangkan perasaan stres akibat mendengar berita COVID-19 yang terus saja meningkat.

Olahraga yang bisa dicoba seperti goya, senam lantai, zumba, naik turun tangga, sit up, dan olahraga lainnya..  Atau, jika mau berolahraga di luar rumah, misalnya jogging, sebaiknya dilakukan tak lebih dari 100 m dari rumah.


4. Minum rebusan rempah-rempah

Selain mengonsumsi buah dan sayur, Anda juga perlu meminum rebusan rempah-rempah. Beberapa rempah-rempah dipercaya memiliki kandungan antivirus yang lebih kuat seperti jahe, adas bintang, dan kunyit. Dengan mengonsumsi air rebusan rempah-rempah atau empon-empon ini secara teratur, dapat meningkatkan imunitas tubuh Anda.


Nah, dengan menerapkan gaya hidup sehat yang sudah dituliskan di atas, tubuh Anda tentu memiliki perisai yang dapat melawan COVID-19 sehingga Anda bisa mencegah diri dari penularan virus tersebut. Namun, apabila Anda mengalami gejala batuk, demam, dan sesak napas segera hubungi dokter agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Baca Juga