--> Skip to main content



  Cari artikel seputar "tutorial iPhone"

Yuk Ketahui Penyebab IMEI iPhone Tidak Terdaftar, Cara Cek, dan Mengatasinya di Sini!


imei iphone tidak terdaftar alasan dibegal
Penyebab IMEI iPhone tidak terdaftar


IMEI (International Mobile Equipment Identity) adalah nomor identitas perangkat yang ada di setiap smartphone di pasaran. Operator seluler menggunakan IMEI tersebut untuk mengidentifikasi perangkat yang terhubung ke jaringan, sekaligus menjadi bukti bahwa perangkat dijual secara resmi. Lantas, apa penyebab IMEI iPhone tidak terdaftar dan bagaimana cara mengeceknya ? Yuk simak ulasan berikut.


Penyebab IMEI Smartphone Tidak Terdaftar

Dalam Permenkominfo 1/2020, sudah tertuang jelas pengaturan mengenai IMEI. Nomor identitas internasional yang terdiri dari 15 digit tersebut, digunakan untuk mengidentifikasi secara unik perangkat yang tersambung ke jaringan bergerak seluler. Sehingga setiap penyelenggara jaringan bergerak wajib memverifikasi IMEI sebelum memberikan akses jaringan.

Dalam hal ini, anda perlu memahami adanya Daftar Putih, Daftar Hitam, dan Daftar Abu Abu. Daftar Putih yaitu daftar IMEI perangkat yang mendapatkan akses jaringan bergerak seluler. Lalu Daftar Hitam adalah daftar dengan IMEI perangkat yang tidak mendapatkan akses jaringan, termasuk IMEI tidak terdaftar.

Sementara Daftar Abu Abu yaitu kumpulan data IMEI perangkat di luar Daftar Putih dan Daftar Hitam, jadi perangkat tetap diberikan akses jaringan seluler namun berbatas waktu. Sehingga penyebab IMEI iPhone tidak terdaftar bisa jadi karena perangkat tidak diperjualbelikan secara resmi, atau tidak lagi mendapatkan akses jaringan bergerak seluler karena merupakan perangkat curian.


Konsekuensi IMEI iPhone Tidak Terdaftar

Meski terdengar sepele, tentu ada konsekuensi apabila IMEI iPhone tidak terdaftar. Adapun yang perlu anda waspadai yaitu mengenai perlindungan data diri. Dimana risiko terjadinya kebocoran data serta penjualan data pribadi sangat memungkinkan. Seperti nama, jenis kelamin, dan lain lain.

Sebab meskipun perkembangan teknologi terus meningkat dan setiap orang mulai melek teknologi, namun kejahatan dunia maya juga mengalami peningkatan seiring dengan perkembangan tersebut. Itulah kenapa nomor IMEI yang resmi memang sangat perlu, karena nomor identitas tersebut bisa bermanfaat bagi perlindungan data diri setiap pengguna.



Cara Cek IMEI iPhone

Setelah mengetahui apa penyebab IMEI iPhone tidak terdaftar dan bagaimana konsekuensinya, yuk cari tahu cara cek IMEI di smartphone anda. Caranya mudah saja, pertama anda hanya perlu mengunjungi laman Kementerian Perindustrian untuk mengecek IMEI terdaftar atau tidak.

Selanjutnya masukkan nomor IMEI dan tekan tombol pencarian. Nomor IMEI iPhone sendiri bisa dilihat pada menu Settings, pilih General dan About. Scroll layar ke bawah, maka anda akan menemukan bagian nomor IMEI. Apabila IMEI terdaftar, maka pada hasil pencarian akan muncul notifikasi berwarna kotak hijau yang memberitahu IMEI terdaftar di database Kemenperin.


Cara Mengatasi IMEI iPhone Tidak Terdaftar

Apabila hasil cek IMEI iPhone menunjukkan bahwa nomor identitas perangkat tidak terdaftar, berarti smartphone anda masuk ke dalam Daftar Hitam. Hal ini bisa terjadi ketika anda membeli gawai dari black market atau dari luar negeri. Sehingga anda perlu mendaftarkan IMEI di Kemenperin.

Caranya yaitu melalui aplikasi mobile Bea Cukai, untuk HP dari luar negeri. Selanjutnya jalankan aplikasi dan cari menu IMEI. Kemudian isi data diri sekaligus detail barang, dan simpan formulir dengan klik Complete. Berikutnya anda akan mendapatkan QR Code dan Registration ID. Gunakan QR Code dan Registration ID tersebut di bagian pemeriksaan Bea Cukai dengan mengunjungi kantor secara langsung.

Apabila semua urusan bagian pemeriksaan dan pajak selesai, pejabat Bea Cukai akan memberikan persetujuan sehingga nomor IMEI menjadi terdaftar. Namun untuk penyebab IMEI iPhone tidak terdaftar karena membeli di black market, maka gawai black market tersebut tetap akan terkena pemblokiran IMEI.


Baca juga:

Fitur-fitur dari iPhone 14 yang bakal segera launching 


Sudah jelas bukan ? Coba periksa IMEI iPhone anda sekarang melalui laman Kementerian Perindustrian. Apabila anda membeli smartphone secara legal di tempat resmi, tentunya hal seperti ini tidak perlu dikhawatirkan. Dan untuk perangkat yang dibeli dari luar negeri pun bisa didaftarkan IMEI-nya melalui kantor Bea Cukai.


Baca Juga
Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media: