--> Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

Alasan Mengapa Laptop RAM 4GB Lebih Disarankan Daripada RAM 2GB



Seiring dengan berkembangnya teknologi, laptop semakin menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Nah, kalau kebetulan saat ini Anda berencana untuk membeli laptop baru, salah satu aspek yang patut menjadi pertimbangan adalah kapasitas RAM.

Seperti yang dilansir dari laman ReviewLaptop.co, laptop RAM 4GB atau yang lebih tinggi semakin diminati. Contoh: laptop Acer RAM 8GB semakin laris di pasaran saat ini, sebab calon pembeli mungkin lebih merasa nyaman kalau laptop yang dibeli kapasitas RAM-nya tidak 'nanggung'.

Dalam tulisan ini, kita akan membahas alasan-alasan mengapa memilih laptop dengan RAM 4GB lebih disarankan daripada yang masih memiliki kapasitas RAM 2GB. Berikut alasan yang dimaksud:


1. Kemampuan Multitasking yang Lebih Baik

Memiliki RAM sebesar 4GB memberikan kemampuan multitasking yang lebih baik. Multitasking sendiri adalah membuka banyak program sekaligus dalam waktu bersamaan. 

Dengan kapasitas RAM yang lebih besar, laptop dapat menangani lebih banyak tugas secara bersamaan tanpa perlu kwatir mengalami penurunan kinerja yang signifikan. Ini sangat penting bagi user yang terbiasa bekerja dengan beberapa aplikasi atau tab browser sekaligus.


2. Performa Prosesor Jadi Lebih Kencang

Dalam mengeksekusi program-program di laptop, CPU sangat membutuhkan 'bantuan' dari komponen RAM sebagai tempat menyimpan data-data sementara. 

Oleh karena itu, semakin besar kapasitas RAM, maka CPU akan bisa bekerja dengan lebih optimal, yang secara tidak langsung akan meningkatkan performa prosesor itu sendiri, sebab masalah kekurangan ruang sudah teratasi.

Coba bandingkan dengan laptop RAM 2GB, baru menjalankan beberapa aplikasi, ruang penyimpanan sementara sudah penuh, akibatnya laptop akan sering mengalami lag atau freeze.


3. Sudah Mendukung Aplikasi di Masa Depan

Seiring dengan perkembangan teknologi, aplikasi komputer yang dirilis pun semakin kompleks dari sisi coding, hal itu tentu akan menyebabkan persyaratan sistem untuk menjalankannya semakin tinggi pula.

Nah, dengan RAM 4GB, hal itu sudah diantisipasi sejak dini, sehingga di masa yang akan datang tidak akan mengalami kendala berarti.


4. Meminimalkan Lag dan Waktu Loading

Lag dan waktu loading yang terlalu lama tentu saja bisa mengganggu produktivitas. Dengan RAM 4GB, pengguna dapat meminimalisir masalah tersebut saat menjalankan aplikasi atau membuka berbagai tab di browser.

Sebaliknya kalau laptop berjalan tanpa lag atau loading yang cepat akan meningkatkan produktivitas, sehingga efisiensi kerja bisa terpenuhi.


5. Kompatibilitas dengan Sistem Operasi dan Software Terbaru

Sistem operasi dan perangkat lunak terus diperbarui untuk meningkatkan fungsionalitas dan keamanan. Dengan kapasitas RAM 4GB, laptop akan tetap kompatibel dengan versi terbaru dari OS dan software yang digunakan.

Lihat saja program seperti Photoshop yang semakin baru versinya, semakin besar persyaratan RAM minimal yang diperlukan. Hal tersebut tentu juga akan terjadi pada aplikasi yang lain nantinya.


Nah, itulah 5 alasan utama kenapa memilih laptop yang mempunyai kapasitas RAM 4GB atau yang lebih besar saat ini lebih disarankan. 

Sebenarnya, kalau ditinjau dari sisi harga antara yang 2GB dan 4GB tidak jauh berbeda, cuma terpaut kurang dari Rp 300 ribu saja. Apabila budget kamu terbatas, sebaiknya tunda dulu rencana membeli laptopnya sekarang, serta terus menabung agar bisa membeli laptop yang RAM-nya sudah 4GB atau lebih.


Baca Juga
> Jual Mic Youtuber dan Tiktoker Terlengkap di Toko Kami

Author Image

Author