Skip to main content

Suara Kamera iPhone 5 Tidak Bisa Mati? Begini Cara Mengatasinya!


iOSpedia.net - Anda pemilik iPhone?

Apakah anda 'terganggu' dengan bunyi kameranya yang tak bisa dimatikan?


Seperti yang kita ketahui, iPhone merupakan salah satu merk smartphone terpopuler di dunia. Kepopuleran tersebut tak lepas dari kontrol ketat dari sang produsen yaitu Apple -- sehingga sulit untuk 'memodifikasi' smartphone tersebut. Hal itu juga terjadi pada salah satu fitur, yakni kamera iPhone -- di mana tidak ditemukannya fitur untuk mematikan suara kamera iPhone secara langsung (terutama pada iPhone-iPhone lama).

Hal itu jelas berbeda dengan smartphone berbasis Android. Smartphone-smartphone yang menggunakan OS milik Google tersebut biasanya memiliki pengaturan langsung di aplikasi kamera yang bisa menyalakan atau mematikan bunyi pada kamera.


Lantas, bagaimana cara mengatasi suara kamera iPhone yang tidak bisa mati?


suara kamera iphone 5 tak bisa mati, bagaimana cara mengatasinya
Suara kamera iPhone 5 tak bisa dimatikan? / Image via Pixabay


Cara mematikan suara pada kamera iPhone

Meskipun 'agak sulit', rupanya anda tetap bisa menghilangkan suara jepretan pada saat mengambil foto menggunakan kamera iPhone. Ada sebuah solusi yang cukup menarik, meskipun tak berlaku untuk beberapa negara tertentu.

Perlu anda ketahui, beberapa iPhone di negara tertentu seperti Jepang dan Korea Selatan tidak mengijinkan suara shutter kamera untuk dimatikan. Hal ini bertujuan untuk mencegah pengguna mengambil foto secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang yang difoto (menjaga privasi).


Mungkin bagi anda yang menggunakan iPhone versi teranyar di Indonesia seperti iPhone 5s, 6, 6s, dan di atasnya -- terdapat cara mematikan suara kamera dengan cara yang simpel.

Namun untuk iPhone yang lebih jadul, akan dipaparkan beberapa cara untuk mematikan bunyi kamera iPhone tanpa harus jailbreak.

Berikut ini langkah-langkah mematikan suara kamera iPhone versi lama, yaitu:


1. Pertama-tama buka pengaturan untuk sentuhan bantuan di General > Accessibility > AssistiveTouch

2. Kemudian aktifkan fitur AssistiveTouch yang ada di sana

3. Selanjutnya pilihlah menu Customize Top Level Menu

4. Pilih tombol + agar menambahkan menu baru di AssistiveTouch

5. Kemudian anda rambahkan perintah Mute dari kumpulan daftar yang ada

6. Anda sekarang hanya tinggal menekan menu Mute pada fitur AssistiveTouch untuk mematikan suara kamera iPhone.


Cara lainnya

Ada cara lain yang lebih mudah (selain melalui AssistiveTouch) untuk mematikan suara kamera iPhone, yakni dengan menggunakan tombol dering - senyap yang terletak di samping kiri iPhone di atas tombol volume. Namun cara ini berlaku hanya untuk iPhone 5S dan tipe-tipe di atasnya.

Lebih detailnya, anda hanya tinggal mengubah posisi tombol di atas volume agar terlihat garis orange. Setelah itu, hampir semua suara akan non-aktif, termasuk bunyi saat menjepret kamera.


Baca juga:



Itulah dia tutorial singkat tentang suara kamera iPhone yang tak bisa mati serta bagaimana cara mengatasinya.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau smartphone besutan Apple agak 'lebih ribet' jika dibandingkan dengan smartphone berbasis Android. Namun disitulah letak eksklusifitas produk-produk dari perusahaan yang didirikan mendiang Steve Jobs itu. (fa)





Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]