Skip to main content

7 Cara Ampuh Mengatasi iPhone yang Lemot Agar Kembali Lancar Jaya

iOSpedia.net - iPhone anda sering lemot?

Jika YA, maka problem yang anda hadapi hampir sama dengan pengguna iPhone lainnya di seluruh dunia. Tapi, hal itu bukan berarti karena kualitas dari iPhone yang buruk, melainkan karena ada beberapa masalah teknis yang nantinya bisa anda atasi sendiri.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara mengatasi iPhone yang lemot agar kembali lancar?

Simak tutorialnya berikut ini!


bagaimana cara mengatasi iPhone yang lemot agar lancar lagi
Cara mengatasi iPhone yang lemot


7 Cara ampuh untuk mengatasi iPhone yang lemot agar lancar lagi

Jika anda merasa kalau performa iPhone anda sangatlah lemot, cobalah anda lakukan 7 tips di bawah ini:


1. Nonaktifkan Background App

Salah satu penyebab utama iPhone lemot adalah, karena adanya aplikasi yang terkadang masih berjalan meski sudah diclose.

Aplikasi ini masih tetap running di belakang sistem yang sedang dibuka (background app), misalnya sinkronasi data ataupun memperbarui konten tanpa disadari.

Dengan berjalannya aplikasi yang demikian, tentu akan memperlambat kinerja iPhone, sehingga iPhone menjadi lemot. Alangkah baiknya agar anda mematikan app background, caranya dengan membuka menu Settings > General > Background App Refresh. Anda bisa mematikan semua app yang berjalan, atau beberapa aplikasi saja -- semua tergantung kebutuhan.


2. Hapus foto, video, dan file lainnya yang sudah memenuhi memory

Penyebab iPhone lemot lainnya adalah, memory penyimpanan yang semakin penuh. Hal itu berkenaan dengan file-file seperti foto, video, dan lainnya yang memenuhi memory internal iPhone anda.

Untuk itu, anda perlu secara rutin menghapus file-file tersebut, terutama file-file yang sudah lama. Caranya dengan membuka menu Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage.

Selain file-file seperti foto, video, dan audio, anda juga bisa menghapus cache pada aplikasi yang terpasang di iPhone anda. Caranya, cukup uninstall aplikasi tersebut dari iPhone anda, kemudian install ulang -- maka file cache tersebut akan hilang dengan sendirinya.


3. Hapus aplikasi dan game yang tidak terlalu dipakai

Jika sebelumnya hanya menghapus chache, di poin ketiga ini anda juga perlu menghapus aplikasi dan game yang mungkin jarang anda pergunakan.

Daripada memenuhi memory iPhone, alangkah baiknya agar anda uninstall saja aplikasi dan game tersebut. Caranya, cukup tap icon aplikasi / game di iPhone anda selama 3 detik, kemudian muncul icon silang, tap icon tersebut, dan aplikasi / game tersebut terhapus dari iPhone anda.


4. Gunakan efek visual yang sederhana

Penyebab kenapa iPhone menjadi lemot adalah efek visual yang dynamic (bergerak), dan admin membuktikannya sendiri.

Waktu admin baru pertama kali membeli iPhone, admin menggunakan background yang dynamic, baik saat iPhone standby maupun saat digunakan. Efeknya, iPhone menjadi lemot dan baterai cepat habis.

Admin pun akhirnya sadar kalau tampilan bukanlah segalanya, melainkan performa iPhone itu sendiri. Untuk itu, admin pun mengganti efek visual yang dynamic menjadi efek visual yang sederhana saja.


5. Nonaktifkan fitur download otomatis

Fitur download otomatis menurut admin sangatlah menyebalkan. Selain menyebabkan iPhone lemot, fitur ini juga dapat menyebakan kuota internet cepat habis.

Maka dari itu, admin pun menonaktifkan fitur ini, agar performa iPhone tidak lemot lagi, dan utamanya agar kuota internet lebih hemat.

Adapun cara untuk menonaktifkan fitur Automatic Downloads adalah, buka menu Settings > App and iTunes Stores. Kemudian matikan fitur Automatic Downloads yang tersedia di sana (jika anda ingin menonaktifkan fitur download otomatis).

Alangkah baiknya lagi, biarkan download otomatis tetap berjalan -- dengan syarat hanya menggunakan koneksi internet via Wi-Fi. Silahkan gunakan pilihan tersebut jika anda menginginkannya.


6. Rutin melakukan clear browsing history and website data

Bagi anda yang sering browsing melalui browser bawaan iPhone yakni Safari, pernahkah anda membersihkan browsing history anda?

Jika belum, silahkan buka menu Settings > Safari > Clear History and Website Data.

Dengan rutin melakukan ini, maka performa iPhone anda akan stabil dan lancar jaya.


7. Cara termudah, restart iPhone anda

iPhone anda lemot?

Cara termudahnya adalah dengan merestart iPhone anda.

Namun, bukan berarti cara-cara sebelumnya tak terpakai jika anda menggunakan cara ini. Cara ini ibarat "menyempurnakan" proses penghilangan lemot pada iPhone anda yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Restart sendiri adalah cara tercepat dan termudah untuk mengatasi iPhone anda yang sedang lemot. Dengan merestart iPhone anda, maka segala macam cache otomatis akan dibersihkan.

Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan slide switch di layar untuk mematikan iPhone. Setelah mati, tekan dan tahan kembali tombol Sleep/Wake hingga logo Apple muncul. iPhone hidup lagi, dan biasanya akan lebih lancar dari sebelumnya.


Baca juga:

iPhone anda sering error? Lakukan recovery mode!


Nah itulah dia pemaparan tentang 7 cara ampuh untuk mengatasi iPhone yang lemot agar kembali lancar saat dipergunakan.

Semoga bermanfaat! (fa)


Baca Juga
> Jual iTunes Giftcard murah, bisa bayar pakai pulsa [LIHAT]