Skip to main content

4 Alasan Penting Kenapa Software HRD itu Penting


Kenapa harus pakai software HRD?


Baik bisnis kecil-kecilan maupun perusahaan multinasional, setiap organisasi akan mendapatkan manfaat dari adanya sistem HRD atau Human Resource Department. Semakin berkembang, bisnis akan membutuhkan sistem yang lebih canggih dan modern untuk mengelola SDM yang dimiliki. Contohnya, perusahaan dengan 200 staf tentunya akan memiliki manajemen atau sistem hr yang sangat berbeda dibandingkan perusahaan global yang terdiri dari 10ribu karyawan.

Oleh karena itu salah satu solusi terbaik untuk mengelola human resource di perusahaan adalah dengan menggunakan Aplikasi HRD agar dapat membantu pengelolaan manajemen staf dan data HRD.

Mungkin sebagian dari anda masih ada yang ragu kenapa harus menggunakan software hr atau masih tidak terlalu dengan yakin kemampuan software hr, Nah simak pembahasan berikut ini 4 alasan penting kenapa anda sudah harus beralih menggunakan software hrd.


1. Meningkatkan Efisiensi Tim HRD

Salah satu manfaat terpenting dalam menggunakan perangkat lunak khusus HRD adalah meningkatkan efisiensi kerja tim. Tugas berulang terutama yang berhubungan dengan adminstrasi seringkali menghabiskan tenaga dan waktu, mulai dari meminta manajer untuk menilai karyawan sampai pengajuan cuti atau izin karyawan .

Dengan menggunakan software hrd semua hal terkait administrasi hr seperti penilaian karyawan, pengajuan cuti atau izin akan lebih menjadi cepat dan tepat menggunakan bantuan fitur - fitur yang ada di software hrd. Sehingga efisiensi tugas tugas tim hrd akan lebih meningkat .


2. Melayani Karyawan dengan Lebih Baik

Kemajuan yang pesat dalam bidang teknologi membuat karyawan berharap lebih banyak, terutama dalam hal ketepatan dan kemudahan dalam mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan HRD. Jika sudah terbiasa menggunakan ponsel untuk melakukan banyak hal, mulai dari memesan kendaraan hingga membeli pakaian baru, maka tidak jarang mereka juga berharap dapat melakukan hal yang sama misalnya dengan mengajukan cuti tanpa perlu mengirim formulir ke bagian HRD.

Software yang dirancang user-friendly dapat mengubah persepsi karyawan tentang department SDM. Dari yang awalnya sering dikaitkan dengan ribet dan proses yang panjang, kini dilihat sebagai bagian perusahaan yang berpikiran maju dan mendukung karyawan untuk memberikan yang terbaik.

Memilih untuk menggunakan software hrd akan memberikan kepuasan yang lebih tinggi bagi karyawan ketika berurusan dengan hr terkait administrasi atau hal lainnya. Contoh nya adalah pengajuan cuti melalui aplikasi hrd atau absen karyawan melalui mobile attandance yang terintegarasi dengan software hrd perusahaan .


3. Menghemat Biaya

Menerapkan software HRD tentu saja hanya perlu satu kali pengaturan dan jika menggunakan sistem berbasis cloud diharuskan untuk membayar biaya langganan tahunan. Tapi untuk jangka menengah dan panjang, perusahaan akan merasakan efisiensi biaya dan waktu saat menggunakan sistem modern dan canggih ini.

Hal ini memungkinkan untuk mengurangi jumlah staf atau memindahkan karyawan dari tim HRD ke tempat-tempat maupun proyek strategis yang lebih membutuhkan tenaga kerja. Bukan hanya itu, akurasi data yang lebih baik juga artinya akan mengalami kesalahan yang lebih sedikit juga.


4. Membantu Membuat Keputusan yang Lebih Baik

Ketika manajemen ingin mengambil keputusan terkait sumber daya manusia biasa nya mereka akan menganalisa berdasarkan laporan - laporan yang dibuat Tim HR.

Nah, Software HRD sangat diperlukan untuk membuat laporan - laporan yang akurat.

Nantinya, perangkat lunak khusus tersebut akan memudahkan untuk menemukan, menganalisa, dan melaporkan data karyawan yang penting di setiap bagian perusahaan. Hal ini memungkinkan manajer atau atasan untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan efisien. Hasilnya, tentu akan memperkuat kredibilitas HRD dan tentunya mendukung kelancaran proses pengambilan keputusan di suatu perusahaan.

Selain alasan di atas, penggunaan software HRD juga menjamin keamanan data karyawan. Karena, hanya bisa dibuka orang-orang tertentu yang berwenang untuk melihat dan mendapatkan informasi penting itu.

LinovHR sebagai software HRD ternama di Indonesia sangat mendukung proses operasional dan kinerja perusahaan di era digital yang paperless. Tim HRD Anda akan lebih mudah fokus pada tugas – tugas inti dalam mengembangkan keterampilan karyawan, ketimbang hanya sibuk mengurus tugas administratif.

Manfaatkan software HRD LinovHR untuk menyederhanakan tugas tim  HRD Anda yang lebih profesional. Simak lebih tentang software hrd LinovHR melalui tautan berikut ini https://www.linovhr.com/.

Baca Juga
Newest Post