--> Skip to main content



  Cari artikel seputar "tutorial iPhone"

Cara Singkat Downgrade iOS 15 Ke 14 Tanpa PC, Ikuti Langkahnya


cara menurunkan ios 15 ke 14 tanpa pc
Cara downgrade iOS 15 ke 14 tanpa PC


Sistem iOS saat ini terus berkembang dan terus mempunyai inovasi untuk penggunanya. Namun ada juga yang ingin menurunkan versi iOS nya ke level dibawahnya karena keterbatasan support perangkat yang dimiliki. Inilah 5 cara downgrade iOS 15 ke 14 tanpa PC, ikuti langkah langkahnya dibawah ini. 


3 Cara Menurunkan iOS 15 Ke 14 Tanpa PC 


1. BackUp Data

Sebelum melakukan proses downgrade, maka langkah awal yang wajib dilakukan adalah BackUp Data. Proses ini tidak boleh dilewatkan karena nantinya proses downgrade iOS akan membuat data yang ada di handphone anda akan terhapus seluruhnya. Anda bisa menyalin data tersebut dengan beberapa cara seperti menggunakan iTunes atau iCloud. 

Salah satu cara BackUp adalah dengan iCloud yang merupakan layanan yang tersedia untuk pengguna iPhone. Caranya cukup mudah dan tidak perlu menghubungkan smartphone ke komputer. Namunpastikan iPhone terhubung dengan jaringan internet. Kemudian masuk ke iCloud dan pilih iCloud Backup.

Sebelum Downgrade iOS 15 Ke 14 Tanpa PC , maka langkah BackUp juga bisa dilakukan dengan iTunes. Bila menggunakan iTunes, maka pastikan komputer dengan perangkat iPhone terhubung dengan kabel USB. Untuk pengguna Mac OS Mojave atau OS Windows langsung buka iTunes. Sedangkan pengguna Mac OS Catalina harus membuka Finder.


2. Downgrade iOS Dengan Recovery Mode

Anda bisa mulai dengan menyiapkan laptop dan sebuah kabel USB yang kompatibel dengan iPhone. Pastikan laptop tersebut sudah terinstall iTunes versi terbaru. Langkah pertama adalah dengan memastikan perangkat iPhone dalam kondisi mati, kemudian hubungkan iPhone ke laptop dengan kabel USB.

Langkah berikutnya adalah dengan masuk ke recovery mode. Cara masuk ke bagian ini mungkin akan berbeda untuk beberapa jenis iPhone. Setelah itu, anda bisa langsung membuka aplikasi iTunes. Saat membuka tampilan iTunes di laptop, maka akan terdapat dua tab yang berupa dua perintah yaitu Restore dan Update.

Pilih opsi Restore, lalu segera konfirmasi dengan klik tombol Restore and Update. Kemudian akan muncul tab Software update dengan informasi mengenai iOS yang sudah update di dalamnya. Kemudian lanjutkan dengan tombol Next lalu Agree. Setelah itu,  iPhone akan mulai melakukan reboot dan proses Downgrade iOS 15 Ke 14 Tanpa PC sedang berlangsung. 


3. Downgrade iOS Dengan ipsw.me

Cara kedua ini akan mirip dengan menggunakan Recovery Mode namun yang membedakan adalah langkahnya yang lebih detail. Anda bisa mulai dengan mengunduh versi iOS yang anda inginkan di ipsw.me.  Caranya adalah dengan membuka halaman baru di browser laptop. Kemudian anda bisa masuk ke laman ipsw.me.

Pada halaman utama, anda bisa memilih device iPhone yang anda gunakan saat ini. Kemudian anda bisa lanjutkan dengan memilih versi iOS yang akan digunakan dan akan muncul tab berikutnya. Lanjutkan dengan memilih tombol Download yang berwarna biru, kemudian tunggu hingga proses pengunduhan selesai.

Proses Downgrade iOS 15 Ke 14 Tanpa PC kemudian bisa dilanjutkan dengan masuk ke recovery mode menggunakan kabel USB dengan cara yang sudah dijabarkan di atas. Pastikan Anda sudah melakukannya dengan benar sampai muncul ikon recovery mode dan aplikasi iTunes akan ditampilkan. Lanjutkan memilih tombol Restore dan pilih file yang sudah diunduh. 


Baca juga:

5 Kekurangan iPhone bekas yang dijual di Shopee


Itulah beberapa cara yang bisa digunakan untuk menurunkan level iOS anda tanpa menggunakan PC. Anda bisa mengikuti cara dan langkah diatas dan bisa langsung menikmati level iOS yang anda inginkan. Namun jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar data penting dalam ponsel tidak hilang permanen. 


Baca Juga
Produk Metaverse di SHOPEE
Gambar Produk
Shinecon VR Box Imax Giant Screen Virtual Reality
Rp89.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Shinecon 6.0 dengan Headphone Headset
Rp189.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Oculus Quest 2 for Metaverse Facebook
Rp6.399.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VR Box Mini 3.0 Headset Termurah Putih
Rp51.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
VRPark Box with Headphone / Headset
Rp174.500
BELI SEKARANG
Author Image

Ajie Fabregas (author)
a human who's "fed up" with the world, and wants to live in the metaverse. Follow my social media: