--> Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

Cara Membersihkan Memori iPhone agar Performa Lebih Optimal


cara clean memory iphone agar cepat


Bagi para pemilik iPhone pastinya ingin agar gawai kesayangannya bisa memberikan performa yang lancar dan optimal. Nah, salah satu hal yang patut diperhatikan adalah memory iPhone tersebut. Memori iPhone yang kebersihannya terjaga, turut memberikan dampak pada optimalnya performa iPhone. Lantas, bagaimana cara membersihkan memori iPhone agar performanya optimal?

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah untuk membersihkan memory iPhone yang bisa anda lakukan:


1. Menghapus aplikasi yang tidak / jarang dipakai

Aplikasi yang terinstal di iPhone biasanya cukup memakan ruang di dalam memori iPhone tersebut. Agar memori iPhone lebih "lowong", ada baiknya agar anda mengidentifikasi aplikasi yang jarang atau bahkan tak terpakai sama sekali. Pertimbangkan untuk menghapus aplikasi tersebut, agar memori iPhone anda semakin "lapang". Untuk cara menghapus aplikasi di iPhone, silahkan tahan ikon aplikasi yang ingin dihapus -- hingga bergetar, kemudian ketuk ikon "X" yang muncul di pojok kiri atas aplikasi tersebut.


2. Membersihkan cache aplikasi secara rutin

Cache adalah data-data yang disimpan oleh aplikasi guna mempercepat waktu respons, ketika aplikasi dikunjungi lagi. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu cache bisa menumpuk dan menghabiskan ruang memori pada iPhone anda. Untuk itu, bersihkan-lah cache aplikasi secara rutin, agar memori iPhone anda menjadi "lapang". Adapun cara membersihkan cache aplikasi dapat dilakukan secara manual melalui menu Pengaturan > Umum > Penyimpanan iPhone > [Nama Aplikasi] > Hapus Aplikasi.


3. Menghapus berkas unduhan

Bagi teman-teman yang pernah menyimpan gambar atau dokumen lainnya di internet, perhatikan bahwa ini juga dapat mengonsumsi ruang di memori iPhone anda. Jadi kalau bisa bersihkan folder unduhan dengan menghapus konten yang sudah tidak diperlukan secara rutin. 


4. Mengelola riwayat pesan dan lampiran

Bagi yang sering menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp ataupun Telegram, silahkan perhatikan poin ini. Pesan teks, gambar, serta lampiran di aplikasi pesan juga mampu memenuhi ruang memori. Mengelola riwayat pesan lama dengan menghapus pesan dari kontak yang tidak relevan bisa membantu untuk mengurangi ruang terpakai pada memori iPhone anda. Selain itu, atur juga "kebijakan penyimpanan pesan" untuk hanya menyimpannya dalam jangka waktu tertentu, caranya melalui Pengaturan > Pesan > Simpan Pesan.


5. Gunakan iCloud untuk penyimpanan data

Fitur penyimpanan awan seperti iCloud dapat membantu mengurangi beban memori dengan memindahkan foto, video, dan dokumen penting ke "penyimpanan online" tersebut. Aktifkan sinkronisasi foto dan iCloud Drive dengan membuka Pengaturan > [Nama Anda] > iCloud. Tujuannya, agar mengurangi "beban" dari penyimpanan fisik -- yaitu memory iPhone.


6. Menghapus riwayat penelusuran di Safari (browser default iPhone)

Riwayat penelusuran dan situs web yang disimpan dalam Safari juga mampu memakan ruang memori iPhone anda. Anda bisa menghapus data riwayat dan situs web yang tersimpan melalui Pengaturan > Safari > Hapus Riwayat dan Data Situs Web.


7. Nonaktifkan efek visual yang tidak dibutuhkan

Efek visual dan animasi mungkin bagus untuk mempercantik tampilan pada iPhone saat digunakan. Namun hal itu juga memiliki akibat dalam hal memperlambat kinerja iPhone. Anda disarankan untuk me-nonaktifkan efek visual yang tak terlalu dibutuhkan, caranya melalui menu Pengaturan > Umum > Aksesibilitas > Gerakan > Matikan Efek Gerakan.


Nah itulah dia tutorial cara membersihkan memori iPhone, agar performanya lebih optimal. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan -- dan menjaga iPhone anda agar tetap berjalan dengan smooth. Semoga tutorial di atas bermanfaat, dan selamat mencoba ! (af)


Baca Juga
> Jual Mic Youtuber dan Tiktoker Terlengkap di Toko Kami

Author Image

Author