Skip to main content


     Cari info lainnya:

  

Tutorial Cara Menggunakan eSIM di iPhone dengan Mudah & Praktis


tutorial pakai esim di iphone mudah


Teknologi eSIM menjadi salah satu inovasi penting di era sekarang, di mana teknologi tersebut juga digunakan pada iPhone. eSIM, atau "embedded SIM," memiliki fungsi untuk menghilangkan ketergantungan akan kartu fisik, dan mengubah cara kita terhubung ke jaringan seluler -- tanpa SIM Card. Di artikel kali ini, akan saya jabarkan tutorial cara menggunakan eSIM di iPhone dengan mudah dan praktis.


Apa Itu eSIM?

Sebelum membahas tentang cara menggunakannya, ketahui dulu apa itu eSIM. eSIM adalah kartu SIM virtual yang tertanam di dalam iPhone yang bisa menggantikan kartu fisik. Berbeda dari kartu SIM fisik, eSIM memungkinkan Anda terhubung ke jaringan tanpa kartu fisik dan memberikan fleksibilitas dalam mengelola nomor telepon dan operator yang digunakan.


Keuntungan Menggunakan eSIM di iPhone

Ada berbagai keuntungan yang didapatkan jika anda menggunakan eSIM pada iPhone anda, diantaranya:

1. Dua Nomor dan Operator: Teknologi eSIM memungkinkan Anda memiliki beberapa nomor dan operator dalam satu perangkat. Ini bermanfaat bagi mereka yang sering bepergian atau memisahkan nomor pribadi dan bisnis.

2. Aktivasi Mudah: Aktivasi eSIM sangat sederhana. Aktivasi dapat dilakukan melalui kode QR dari operator atau dengan memasukkan detail aktivasi secara manual.

3. Cadangan SIM Fisik: Meskipun menggunakan eSIM, iPhone tetap memiliki slot SIM fisik sebagai cadangan jika diperlukan. Jadi, tak serta merta kartu fisik tak bisa digunakan sama sekali, melainkan bisa menjadi pelengkapnya.


Langkah-langkah Menggunakan eSIM di iPhone Anda

Langsung saja, berikut ini tutorial cara menggunakan eSIM pada iPhone, antara lain:


1. Periksa Kompatibilitas

Pastikan operator Anda mendukung eSIM dan iPhone Anda kompatibel dengan eSIM tersebut. Sebagian besar model iPhone terbaru mendukung teknologi ini. Sebaliknya, iPhone tipe yang lama tidak mendukung teknologi eSIM tersebut.


2. Dapatkan eSIM Activation Kit

Hubungi operator Anda untuk mendapatkan kode QR atau detail aktivasi eSIM. Nanti akan dijelaskan step by step dari pihak operator, agar anda bisa menscan kode QR dan mengaktifkan eSIM pada iPhone anda


3. Akses Pengaturan eSIM

Buka pengaturan iPhone dan masuk ke "Seluler." Di sana anda bisa mengatur lebih detail mengenai eSIM anda.


4. Tambahkan Rencana Seluler

Pilih "Tambahkan Rencana Seluler" dan pindai kode QR atau masukkan detail aktivasi guna mengaktifkan eSIM pada iPhone anda.


5. Konfirmasi Aktivasi

iPhone Anda akan mengkonfirmasi proses aktivasi. Ikuti petunjuk tambahan untuk menyelesaikan proses aktivasi eSIM pada iPhone anda.


6. Label Rencana Anda

Beri label seperti "Utama" atau "Bisnis" untuk memudahkan identifikasi dari eSIM anda.


7. Beralih Rencana

Di pengaturan "Seluler," pilih rencana yang ingin digunakan.


8. Hapus atau Tambah Rencana

Di pengaturan "Seluler," Anda dapat menghapus atau menambah rencana dengan detail aktivasi yang sesuai. Dan semua proses aktivasi eSIM di iPhone selesai.


Nah itulah tutorial cara menggunakan eSIM di iPhone dengan cepat, mudah, dan praktis. Dengan keberadaan teknologi eSIM, tentu menjadi inovasi baru yang memudahkan anda dalam fleksibiltas pengelolalaan konektivitas seluler pada iPhone anda. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya ! (af)


Baca Juga

Author Image

Author